Home / News

Senin, 31 Januari 2022 - 09:53 WIB

Diduga Langgar Integritas, DJBC Tindak Oknum Pegawai

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen Kemenkeu) menindak pegawai Bea Cukai Soekarno Hatta yang diduga melakukan pelanggaran integritas. (Foto: DJBC)

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen Kemenkeu) menindak pegawai Bea Cukai Soekarno Hatta yang diduga melakukan pelanggaran integritas. (Foto: DJBC)

NYATANYA.COM, Jakarta – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen Kemenkeu) menindak pegawai Bea Cukai Soekarno Hatta yang diduga melakukan pelanggaran integritas.

Penindakan tersebut sudah dilakukan sejak bulan Mei 2021 dengan pencopotan dari jabatan guna mendukung proses pemeriksaan. Penanganan kasus ini secara internal sedang dalam proses penjatuhan hukuman disiplin.

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa, Nirwala Dwi Heryanto menyatakan, DJBC sangat mendukung langkah lebih lanjut yang diambil oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten.

Baca juga   Presiden: Vaksinasi Ketiga Dimulai 12 Januari 2022, Prioritas Lansia dan Kelompok Rentan

“Sejalan dengan hal tersebut, dalam rangka memenuhi permintaan Kejati Banten, pada hari Kamis tanggal 27 Januari 2022, DJBC menyerahkan bukti berupa dokumen sedangkan Itjen Kemenkeu menyerahkan barang bukti berupa uang yang merupakan temuan dari hasil audit investigasi atas pegawai yang bersangkutan yang telah dilakukan DJBC dan Itjen Kemenkeu di tahun 2021,” ujar Nirwala dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (30/1/2022).

Penyerahan barang bukti tersebut dilakukan dengan penandatanganan berita acara antara Bea Cukai Soekarno Hatta, Itjen Kemenkeu, dan Kejati Banten. Sehingga, kegiatan tersebut bukan penggeledahan, melainkan serah terima barang bukti.

Baca juga   Jatim Pertahankan Provinsi Terbanyak PPKM Level 1 se-Jawa Bali

Kolaborasi ini sejalan dengan komitmen DJBC untuk menjunjung upaya hukum yang dilakukan kejaksaan dan bekerja sama untuk melakukan penindakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“DJBC juga terus melakukan langkah-langkah penguatan integritas pegawainya dan akan selalu melakukan pengawasan yang konsisten dan tegas,” pungkas Nirwala.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

News

Ekonomi Indonesia 2022 Diperkirakan Tumbuh 5,2 Persen, Begini Penjelasan Menko Airlangga
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat menjajal kerata api bandara. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Masih Gratis Sampai 16 September, Wawali Jajal KA Bandara
Tim Jaksa eksekutor pada Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan melaksanakan eksekusi terhadap amar putusan pidana uang pengganti yang dibebankan kepada PT Indosat Mega Media (IM2) sebesar Rp1.358.343.346.674 dalam perkara atas nama terpidana Indar Atmanto. (Foto: dok. Puspenkum)

News

Jaksa Eksekusi Uang Pengganti Perkara Korupsi IM2
Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

News

Survei LKPI: Airlangga Terkerek, Rivalnya Berpotensi Usung Politik Identitas
Pemkab Sleman selenggarakan baksos di Kantor Kalurahan Sumbersari, Kapanewon Moyudan, Kabupaten Sleman pada Minggu (24/4/2022). Foto: Humas Sleman

News

Peringati Hari Jadi ke-106 Kabupaten Sleman, Pemkab Selenggarakan Baksos
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Selasa 22 Juni, Tiga Wilayah Ini Berpotensi Hujan Lebat Disertai dan Angin Kencang
Presiden Joko Widodo. Foto: Tangkapan Layar BPMI SETPRES

News

Indonesia Jadi Titik Terang di Tengah Kesuraman Ekonomi Dunia
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Foto: Ist/InfoPublik.id

News

Pastikan Keamanan Siber di KTT G20, Panglima TNI Libatkan Intelijen