Home / Peristiwa

Rabu, 13 Oktober 2021 - 18:24 WIB

Digelar di Tiga Mall, Sekati YK Ing Mall Gairahkan Ekonomi Yogya

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat melihat salah satu stand di gelaran Sekati YK Ing Mall di Galeria Mall. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat melihat salah satu stand di gelaran Sekati YK Ing Mall di Galeria Mall. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pasar industri kreatif bertajuk Sekati YK Ing Mall yang diselenggarakan Pemerintah Kota Yogyakarta telah dimulai pada Rabu (13/10/2021) sampai 18 Oktober 2021 di Malioboro Mall, Galeria Mall dan Lippo Plaza.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyambut baik kegiatan Sekati YK Ing Mall. Selain memberikan ruang promosi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di masa pandemi, kegiatan itu dinilainya juga menyemarakan HUT ke-265 Kota Yogyakarta di bulan Oktober. Kegiatan itu selaras dengan semangat HUT Kota Yogyakarta tahun ini yakni Tanggap Tanggon Tuwuh.

“Semoga ini menambah kesemarakan HUT ke-265 kota Yogyakarta. Ada slogan Tanggap, Tanggon dan Tuwuh. Ada juga YK city branding Yogya yang terbaru,” kata Haryadi saat menghadiri Sekati YK Ing Mall di Galeria Mall.

Pihaknya menegaskan Sekati membawa suasana perayaan Sekaten, tapi diadakan di dalam mall. Suasana itu salah satunya diwujudkan dengana danya bregodo dan gunungan produk UMKM.

Sedangkan prosesi Sekaten tetap diselenggarakan oleh Kraton Yogyakarta. Kegiatan Sekati YK Ing Mall tahun ini menjadi penanda dan akan diselenggarakan setiap tahun.

“Kami akan teruskan kegiatan ini. Kalau masih dalam situasi seperti ini kami akan buat gelaran (suasana perayaan) Sekaten indoor namanya Sekati,” ujarnya

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada General Manager Galeria Mall Djoko Tjatur terkait partisipasi dalam penyediaan tempat untuk kegiatan Sekati YK Ing Mall. Termasuk semua pihak seperti para pelaku UMKM industri kreatif yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Kami cukup bergembira dengan kegiatan ini dan atas partisipasi semua pihak. Para pelaku usaha kami ucapkan selamat melaksanakan kegiatan Sekati YK Ing Mall ini,” tambah Haryadi.

Baca juga   Pemkot Yogya Dukung Inovasi Sekolah Penggerak

Dalam kesempatan itu Haryadi didampingi Sekda Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya dan Asisten Kesejahteraan Rakyat, Sisruwadi meninjau stan-stan produk UMKM yang ikut dalam Sekati YK Ing Mall di Galeria Mall. Haryadi bahkan mencoba dan membeli beberapa produk UMKM di antaranya seperti ikat pinggang berbahan kulit.

Sementara itu salah satu pelaku UMKM yang mengikuti Sekati YK Ing Mall Eksi Puspitarini menyambut antusias kegiatan tersebut. Mengingat selama pandemi produsen produk kulit itu banyak mengandalkan pemasaran online. Namun dia bersyukur dengan penjualan online itu masih ada pesanan produk sampai ke Dubai dan Amerika Serikat.

“Saya senang dan sangat terbantu dengan acara seperti ini. UMKM selama pandemi ini berhenti tidak ada kegiatan. Terus mulai ada acara di mall-mall seperti ini, senang bergeliat lagi perekonomian,” ucap Eksi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, yang juga merupakan Ketua harian Dekranasda Kota Yogya, Tri Karyadi Riyanto mengatakan maksud kegiatan tersebut adalah untuk memberikan fasilitasi promosi kepada para pelaku UMKM Kota Yogya.

Selain itu Sekati YK Ing Mall ini digelar untuk menghidupkan perayaan sekaten. Nuansa sekaten tersebut dibawa ke mall. Secara penjelasan, lanjutnya, Sekati berarti gamelan. Namun gamelan di sini lebih kepada produk dari ekonomi kreatif.

“Acara ini melibatkan puluhan para pelaku industri fashion, craft dan kuliner, baik itu anggota Dekranasda Kota Yogya dan di luar anggota Dekranasda,” jelasnya di Mall Malioboro.

Ia memberberkan pameran yang di gelar di Malioboro Mall ini diikuti oleh 50 UMKM, sementara pameran fashion dan craft di Galeria Mall diikuti oleh 20 UMKM, dan di Lippo Plaza diikuti oleh 10 UMKM.

Baca juga   Keluarga Garda Terdepan Wujudkan DIY Bebas Stunting

Pihaknya berharap setelah mengikuti acara tersebut, para pelaku UMKM dapat bangkit di masa pandemi serta berdampak positif terhadap produktivitas usaha.

Wakil Walikota Heroe Poerwadi di gelaran Sekati YK Ing Mall yang juga diselenggarakan di Galeria Mall. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi yang pada kesempatan itu membuka Sekati YK Ing Mall di Malioboro Mall tersebut mengaku optimis bahwa pelaku UMKM di Kota Yogya dapat bangkit.

Sekati YK ing Mall adalah kegiatan yang diharapkan dapat mencerminkan semangat pelaku UMKM dan kerja pemerintah untuk segera bangkit dari pandemi Covid-19,” katanya.

Menurutnya dipilihnya Mall untuk acara tersebut merupakan penanda awal dari kebangkitan tersebut karena selama pandemi mall adalah tempat yang sangat terbatas kegiatannya.

Selain itu, tambahnya, Mall juga telah memenuhi standar CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment) dan telah difasilitasi dengan PeduliLindungi sehingga mendukung penerapan protokol kesehatan dalam acara ini.

Acara tersebut, katanya, sekaligus menandakan bahwa Kota Yogya merupakan kota yang berkembang dan modern namun tetap mempertahankan sisi tradisionalitas dan menjunjung tinggi nilai budaya.

“Sisi modern dilambangkan dengan keberadaan Mall, sedangkan sisi tradisonal dilambangkan dengan keikutsertaan Bergodo, dan rangkaian acara pembuka yang akan kita saksikan nanti mulai dari prosesi Gunungan dan pertunjukan tari,” bebernya.

Pihaknya pun terus mendorong agar Mall yang ada di Kota Yogya memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi pelaku UMKM dan seniman lokal untuk mengembangkan potensinya.

“Sehingga keberadaannya sungguh memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat Kota Yogya,” ujarnya.

Wawali juga berpesan kepada para pelaku UMKM agar terus meningkatkan kreativitas, kualitas produknya serta promosinya. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Klaten mengeluarkan instruksi, agar ASN jajarannya membeli beras Rojolele petani sendiri. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Bupati Klaten Instruksikan ASN Beli Beras Rojolele Petani
Membantu percepatan pencapaian vaksinasi, DPRD Temanggung menggelar vaksinasi serupa pada warga satu minggu sekali, namun bila dibutuhkan akan digelar dua atau tiga hari sekali. (Foto: MC Kab Temanggung)

Peristiwa

Bantu Percepatan, DPRD Temanggung Gelar Vaksinasi Massal
Logo Kabupaten Sukoharjo. (ilustrasi:nyatanya.com)

Peristiwa

Gerakan ASN Peduli Dampak Corona, ASN Sukoharjo Donasi Sembako Senilai Rp200 Ribu
Pasar Beringharjo Barat sudah mulai dibuka dengan pembatasan. Foto diambil pada hari pertama PPKM Darurat Jawa Bali, Sabtu (3/7/2021).(Foto:nyatanya.com/Agoes Jumianto)

Peristiwa

Pasar Non Esensial di Yogya Kembali Buka dengan Prokes Ketat
Petani Tembakau di Dusun Carikan Desa Deyangan, Mertoyudan Magelang sedang mengolah tembakau rajangan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Atasi Gagal Panen karena Cuaca, Petani Tembakau Sebaiknya Terapkan Metode Ini
Sebanyak 186 Jamaah Muji Nabi Asuhan KH Munif Muhammad Zuhri menerima Program vaksinasi. (Foto:MC.Kab.Demak)

Peristiwa

Santri dan Jamaah MUNA Girikusumo Terima Suntik Vaksin
Pembagian ubarampe gunungan sebagai ganti upacara Garebeg digelar terbatas dan bertahap. (Foto:nyatanya.com/kratonjogja.id)

Peristiwa

Tetap Patuhi Prokes, Pembagian Ubarampe Gunungan Garebeg Besar Digelar Terbatas
Pemkot Yogyakarta perpanjang pentupan pasar tradisional selama PPKM Level 4.(Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogyakarta Perpanjang Penutupan Pasar Tradisional