Home / News

Rabu, 23 Maret 2022 - 15:55 WIB

Digelar di Yogya, Seminar Internasional Awali ETWG Presidensi G20 Indonesia 2022

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Rangkaian kegiatan Energy Transitions Working Group (ETWG) 1 Presidensi G20 Indonesia telah dimulai Rabu (23/3/2022) di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rangkaian acara diawali International Seminar: Renewable Technology as Driver for Indonesia’s De-Dieselization, kemudian dilanjutkan Parade Motor Konversi BBM ke Listrik yang dipimpin oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

“Hari ini adalah hari pertama gelaran ETWG 1 Presidensi G20 Indonesia. Bapak Menteri ESDM mengawali rangkaian kegiatan dengan membuka seminar internasional terkait de-dieselisasi, kemudian memimpin parade motor konversi BBM ke listrik dengan rute di Jalan Adi Sucipto,” ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Agung Pribadi, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (23/3/2022).

Baca juga   Dicari Penyanyi Cilik Indonesia, Kita Cinta Lagu Anak (KILA) Sambangi Yogya

Sidang ETWG sendiri akan berlangsung pada Kamis (24/3/2022) hingga Jumat (25/3/2022).

Sidang ETWG akan dihadiri oleh delegasi dari 20 negara anggota G20, 10 negara undangan, dan 8 organisasi internasional, secara langsung maupun virtual. Hari ini, para delegasi yang akan mengikuti jalannya sidang secara langsung, dijadwalkan tiba di Yogyakarta.

Paralel dengan jalannya sidang ETWG hari pertama, diselenggarakan pula 3rd Palm Biodiesel Conference dan Penandatanganan Power Purchase Agreement (PPA) Pembangkit Energi Baru dan Terbarukan (EBT) PT PLN (Persero).

“Bapak Menteri dijadwalkan membuka sidang ETWG dan hadir pada side events, kemudian berbicara pada konferensi pers terkait sidang ETWG,” lanjut Agung.

Pada hari ketiga, seiring dengan berjalannya sidang ETWG hari kedua, Kementerian ESDM juga akan menyelenggarakan Energy Transitions Youth Forum, yang akan dihadiri oleh perwakilan anak-anak muda dari negara-negara anggota G20.

Baca juga   Di Event Pasar Kangen, Pemuda Pancasila Ambil Bagian Amankan Pengunjung Soal Ini

“Pada Energy Transitions Youth Forum akan dilakukan soft launching Energy Transitions Innovation Challenge serta dukungan untuk Program Go-Gerilya feat Desa Berdikari Energi Pertamina dan Program Inovasi SuperSUN PLN,” terang Agung.

Sebagaimana diketahui, Forum Transisi Energi G20 2022 terdiri dari Rangkaian Pertemuan, mulai dari Energy Transitions Working Group (ETWG) 1 di Yogyakarta.

Selanjutnya, ETWG 2 di Labuan Bajo, dan ETWG 3 di Bali, serta Energy Transition Ministerial Meeting (ETMM). Puncak Presidensi G20 Indonesia adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada September 2022.

(N1)

Share :

Baca Juga

Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin penguat Covid-19 dalam Vaksinasi Booster Polsek Cilandak di Pasar Mede, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Sabtu (26/2/2022). Kementerian Kesehatan mempercepat interval penyuntikan dosis penguat atau booster vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum dari enam bulan menjadi minimal tiga bulan usai suntikan vaksin kedua. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom)

News

Waktu Dipersingkat, Vaksinasi Primer Ditarget Selesai Akhir Maret 2022
Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (30/10/2021). (Foto: BPMI)

News

Pererat Hubungan Indonesia-Turki, Presiden Erdogan akan Berkunjung ke Indonesia
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Kasus Sembuh Covid-19 Harian Bertambah Lagi 32.262 Orang
Petugas melakukan simulasi pengawalan kendaraan tamu VVIP di Denpasar, Bali, Selasa (8/11/2022). Simulasi tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan petugas pengawal kendaraan tamu negara VVIP yang akan menghadiri KTT G20 di Bali. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.

News

Canggih! Pakai Face Recognition, Pengamanan KTT G20 di Bali Sangat Baik
Aksi Kasih GRII dengan melayani isi ulang oksigen gratis yang digelar di halaman parkir Grand Pacific Hall, Jalam Magelang Yogyakarta. (Foto: agoes jumianto)

News

Aksi Kasih GRII, Bagikan Oksigen Gratis untuk Warga Yogya
Ketua Majelis Alfitra Salamm pada sidang DKPP menyatakan, dalam amar perkara nomor 165-PKE-DKPP/IX/2021, DKPP menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan ketua kepada Ketua KPU Kabupaten Sabu Raijua, Kirenius Pajdi. (Foto: DKPP)

News

Loloskan Calon Bupati Warga Negara AS, Ketua KPU Sabu Raijua Dicopot
Presiden Jokowi menanam bibit pohon kelapa genjah di Desa Giriroto, Boyolali, Kamis (11/8/2022). Foto: Humas Jateng

News

Dibantu Bibit Kelapa Genjah, Warga Giriroto: Terima Kasih Pak Jokowi dan Ganjar Pranowo
Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Pemkot Yogya Kembali Gelontorkan Penyertaan Modal BPD DIY Sebesar Rp91,412 Miliar