Home / Peristiwa

Senin, 1 November 2021 - 11:04 WIB

Diikuti ‘Mr Bejo’ yang Viral, Ratusan Ekor Kambing Etawa Kontes Nasional di Temanggung

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengatakan, kompetisi ini untuk memotivasi para peternak di Kabupaten Temanggung, agar bisa mengembangkan peranakan etawa ini. Pasalnya jenis kambing ini dirasa sangat potensial untuk dikembangkan di wilayah Kabupaten Temanggung. (Foto:MC TMG/Ar;Ekp)

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengatakan, kompetisi ini untuk memotivasi para peternak di Kabupaten Temanggung, agar bisa mengembangkan peranakan etawa ini. Pasalnya jenis kambing ini dirasa sangat potensial untuk dikembangkan di wilayah Kabupaten Temanggung. (Foto:MC TMG/Ar;Ekp)

NYATANYA.COM, Temanggung – Sebanyak 500 ekor kambing Peranakan Etawa (PE) mengikuti Open PE Kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan di GOR Bambu Runcing Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (31/10/2021).

Kepala Dinkopdag Kabupaten Temanggung Sri Haryanto mengatakan, kontes peranakan etawa atau kambing PE atau Open PE Kontes Nasional ini merupakan kerja sama Dinkopdag dengan CV Danenda, didukung komunitas pecinta kambing PE Temanggung. Peserta kurang lebih 500, baik dari Temanggung maupun luar daerah.

“Kelas kontes terdiri atas kelas A, B, C, D, E, namun dalam pelaksanaan dimulai dari kelas E. Jurinya profesional pernah menjadi juri kontes peranakan etawa piala Presiden. Tujuan kontes ini untuk lebih mengenalkan ternak PE, karena wilayah Kabupaten Temanggung masuk daerah potensial untuk pengembangan PE yang memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan,” katanya di sela-sela acara di Halaman GOR Bambu Runcing Temanggung, Minggu (31/10/2021).

Dikatakan pula pada kontes kali ini diikuti pula oleh kambing PE bernama ‘Mr Bejo’ asal Jawa Timur yang sudah viral di medsos. Lantaran punya nilai jual sekitar Rp1 miliar. Maka bukan tidak mungkin jika PE dikembangkan di Temanggung nanti akan muncul PE seharga Rp2,5 miliar.

Baca juga   Vaksinasi Covid-19 di Polres Temanggung Bertabur Doorprize

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengatakan, kompetisi ini untuk memotivasi para peternak di Kabupaten Temanggung, agar bisa mengembangkan peranakan etawa ini. Pasalnya jenis kambing ini dirasa sangat potensial untuk dikembangkan di wilayah Kabupaten Temanggung.

“Saya ucapkan selamat atas terselenggaranya ‘Open PE Kontes’ Tahun 2021 di Kabupaten Temanggung. Tadi disebutkan ada peserta kontes dengan nilai peranakan etawanya Rp1 miliar, ini tentunya bisa menjadi penyemangat, menjadi motivasi bagi kita semuanya masyarakat Kabupaten Temanggung, mari bersama-sama mengembangkan kambing PE. InsyaAllah kondisi lingkungan, wilayah, cukup mendukung untuk pengembangan kambing PE ini,” katanya.

Harapan ke depan dengan kambing yang ada bisa menambah perekonomian di Kabupaten Temanggung. Jadi tidak hanya mengandalkan di sektor pertanian, tapi juga di sektor peternakan yang juga bisa dikembangkan.

Dikatakan wabup, selama ini di Temanggung hanya mengembangkan ternak sapi, domba, kambing biasa. Maka dengan adanya kompetisi PE, akan membuka cakrawala bagi para petani, peternak untuk mengembangkan potensi kambing peranakan etawa ini. Di sini para peternak Temanggung bisa belajar cara mengembangkannya, memberi pakan, cara memelihara dan lain sebagainya.

Baca juga   Wujudkan Sekolah Penggerak, Disdikpora Temanggung Gelar Coaching Clinic

Ketua DPRD Yunianto yang juga menjadi inisiator Open Kontes PE ini menuturkan, maksud lain dari kompetisi ini adalah untuk mengedukasi seluruh peternak kambing umumnya dan peranakan etawa khususnya. Supaya bisa belajar cara memeliharanya, pemilihan bibitnya, genetiknya, cara pemasarannya, kemudian penyesuaian dengan pangsa pasarnya, termasuk trend kompetisi. Sehingga peternak ini memiliki trend yang benar-benar terbuka.

“Harapannya edukasi ini betul-betul dirasakan oleh warga peternak di Kabupaten Temanggung pada khususnya, agar mindset ke depan supaya lebih mengetahui arah pangsa yang lebih baik, menguntungkan dan bermanfaat untuk perekonomian kerakyatan,” katanya.

Menurut Yunianto, potensi PE di Temanggung sangat luar biasa karena hijauan (pakan) melimpah di alam, sehingga peternak bisa berhemat dari sisi biaya pakan alias gratis. Bahkan di Temanggung banyak gulma yang bisa dimanfaatkan untuk pakan. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Batik Indonesia menjadi pasar potensial, yang beberapa tahun belakangan ini diserbu batik printing dalam dan luar negeri. Padahal Batik printing sebetulnya tak layak disebut batik, melainkan kain atau tekstil bermotif batik yang diproduksi dengan mesin. (Foto: Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Konsumen Perlu Diedukasi tentang Batik, Ternyata Ini Alasannya
Gelaran kuliner tradisional tempo dahulu "Pasar Minggon" di Batang, Jawa Tengah ini kembali dibuka. (Foto: MC Batang)

Peristiwa

Dua Tahun Libur, Pasar Minggon Jatinan Kembali Dibuka
Pemotongan tumpeng yang dilakukan Ignatius Anto (Pemimpin Redaksi), diserahkan kepada Ahmad Zain (Redaktur Pelaksana) menandai kelahiran media online nyatanya.com. Foto: nyatanya.com/admin

Peristiwa

Momentum 1 Juni 2021
Nanas Benggolo sudah menjadi komoditas andalan Desa Kembanglimus Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Nanas Benggolo, Jadi Andalan Komoditas Desa Kembanglimus
Posko Gugus Pertembakauan mulai menerima aduan dan keluhan masyarakat terkait tembakau. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Tampung Aduan dan Masukan, Temanggung Buka Posko Gugus Pertembakauan
Pelatihan gabungan Water Rescue (penyelamatan di air) untuk mengantisipasi jika ada kecelakaan di laut pada musim penghujan di Pantai Sigandu Kabupaten Batang, Senin (15/11/2021). (Foto: MC Kab Batang)

Peristiwa

Antisipasi Fenomena La Nina, BPBD Batang Gelar Latihan Gabungan Water Rescue
Ganjar Pranowo saat berbincang dengan pengurus Indonesiapersada.id. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Indonesiapersada.id Dinahkodai Ganjar, Radio TV Daerah Siap “Rebranding”
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi membuka puncak acara peringatan Hari Anak Nasional 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Predikat Yogya Kota Layak Anak Utama Jadi Kado HAN 2021