Home / News

Sabtu, 9 Juli 2022 - 09:27 WIB

Dikawal Empat Ambulans, 139 Jemaah Haji Indonesia Disafariwukufkan

Foto: Kemenkes

Foto: Kemenkes

NYATANYA.COM, Jakarta – Sebanyak 139 Jemaah haji sakit disafariwukufkan terdiri dari 112 jemaah dalam posisi duduk sementara 27 jemaah dalam posisi baring. Jumlah tersebut meliputi pasien dari ruang ranap, IGD, isolasi, intermediate, greenzone, dan psikiatri.

Hal itu dipastikan Kepala Pusat Kesehatan Haji Budi Sylvana di Arafah pada Jumat (8/7/2022). Ia mengatakan jemaah disafariwukufkan menggunakan 10 bus dan dikawal empat ambulans.

“Sudah berangkat dari KKHI jam 12.00 WAs. Sebanyak 112 Jemaah yang disafariwukufkan dengan posisi duduk terbagi ke enam bus dan 27 jemaah posisi baring terbagi dalam empat bus,” kata Budi.

Baca juga   Wapres Ma'ruf Amin Lepas Keberangkatan Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Jatim

Selama proses safari wukuf Budi menegaskan bahwa jemaah tetap dalam bus. Selain proses safari wukuf yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, terdapat satu orang pasien yg disafariwukufkan oleh RSAS.

Persiapan pemberangkatan jemaah dan bus telah dimulai sejak jam 5 pagi. Pasien yang bisa mandi sendiri maka mandi sendiri. Jika bisa mandi di kamar mandi dengan pendampingan, maka didampingi. Dan yang tidak bisa, dimandikan oleh perawat di tempat tidurnya masing masing.

Baca juga   Sebanyak 20.491 Jemaah Haji Telah Tiba di Tanah Air

Setelah itu jemaah dipakaikan baju ihram. Masing masing bus didampingi oleh dua orang dokter, dua orang perawat, dan tenaga lainnya. Tim safari wukuf berangkat sejak pukul 12.00 dan dijadwalkan kembali dr Arafah jam 17.00 WAS.

Setelah Proses safari wukuf selesai, semua jemaah akan kembali di rawat di KKHI. Seluruh jemaah dikembalikan sesuai nomor bednya.

Nama dan nomor bed dikalungkan untuk memudahkan. Sementara untuk jemaah yang berasal dari kloter, akan dikembalikan setelah kloternya kembali ke hotel.

(Put/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Presiden Jokowi meresmikan Pabrik Biofarmasi PT Etana Biotechnologies Indonesia yang memproduksi vaksin dengan dengan platform messenger RNA (mRNA) pertama di Asia Tenggara. Foto: BPMI SETPRES

News

Indonesia Miliki Pabrik Vaksin mRNA Pertama di Asia Tenggara
Polres Bantul dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul melarang pemudik dan wisatawan lewat jalur Cinomati. (Foto: Ist)

News

Agar Perjalanan Kamu Nyaman Sekaligus Aman, Jangan Coba-coba Lewat Tanjakan Cinomati
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah Haerudin. Foto: Diskominfo Jateng

News

Jateng Terus Antisipasi Penyebaran Khilafatul Muslimin, Begini Kata Kepala Kesbangpol Haerudin
Foto: Ist

News

Hina Kepala Negara, Anggota Khilafatul Muslimin Bandar Lampung Ditangkap Aparat
Dr. Naif Alaboud. Foto: Humas Kemenag

News

Pengelolaan Jemaah Haji Indonesia Dinilai yang Terbaik
Menkominfo Johnny Gerard Plate. (Foto: InfoPublik)

News

Menkominfo: Perayaan Libur Nataru Tetap Dilarang, Ini Penjelasannya
Bupati Klaten Sri Mulyani di sela–sela peninjauan Pencanangan Kecamatan Tuntas Vaksinasi, di Kantor Camat Kebonarum. (Foto:MC Klaten)

News

Vaksinasi di Klaten Capai 55 Persen, Sejumlah Kecamatan Tuntas Vaksin
Foto: Ist/gooddoctor.co.id

News

Kemenkes Resmikan AstraZeneca untuk Vaksin Booster Covid-19