Home / Olga

Selasa, 28 September 2021 - 14:51 WIB

Dikirab di 5 Wilayah Adat, Obor Api PON Usung Kebudayaan Papua

Bentuk obor PON XX Papua sebagai perwujudan dari kebudayaan khas Papua yang bermakna kesetaraan, kemurnian dan kekuatan.(Foto: MC PON Klaster Mimika)

Bentuk obor PON XX Papua sebagai perwujudan dari kebudayaan khas Papua yang bermakna kesetaraan, kemurnian dan kekuatan.(Foto: MC PON Klaster Mimika)

NYATANYA.COM, Mimika – Setelah mendarat di Bandara Mozes Kilangin Timika pada Selasa (28/9/2021), api PON yang dibawa dari Biak langsung dibawa ke Pendopo Rumah Jabatan Bupati Mimika, Kelurahan Karang Senang SP 3. Disambut tarian Ipuya dari Suku Kamoro, rombongan kirab api PON masuk halaman pendopo pukul 12.35 WIT.

Pasukan kirab api PON XX Papua terdiri dari dua pasukan atlet nasional dan atlet legendaris diantaranya Sintia Tri Kusuma atlet balap sepeda, Muhammad Bima Abdi Negara atlet tenis meja, Julius Uwe atlet legendaris Mimika yang pernah membawa obor di SEA Games, dan Maria Natalia Londa atlet atletik.

Ada juga pasukan inti yang merupakan gabungan TNI dan Polri dan pasukan tim terbang kirab api PON.

Baca juga   Mayoritas Forkopimda dari 34 Provinsi akan Hadir di Penutupan PON Papua

Api PON Papua dikirab di lima wilayah adat yakni di Biak untuk Saireri, Timika Mee Pago, Wamena La Pago, Merauke Anim Ha dan Jayapura Tabi.

Rute perjalanan udara menempuh jarak 3.367 kilometer. Sedangkan darat 191 kilometer dan melewati danau 20 kilometer sebelum memasuki Stadion Lukas Enembe.

Kirab secara harafiah adalah perjalanan beriring-iringan secara teratur. Kirab api PON adalah sebuah tradisi perjalanan api abadi dari satu kota ke kota selanjutnya dengan tujuan menyebarkan kobaran semangat dan simbol kehangatan dalam berkompetisi secara sportif.

Bentuk obor PON XX Papua sebagai perwujudan dari kebudayaan khas Papua yang bermakna kesetaraan, kemurnian dan kekuatan. Bentuknya terinspirasi dari alat musik kebanggaan Papua yaitu Tifa yang mengartikan sikap keteguhan dan keberanian masyarakat Papua.

Baca juga   Menpora Amali Minta Fasilitas Istora Papua Dimaksimalkan

Di bagian atas obor terdapat motif segitiga berwarna kuning keemasan. Ini menggambarkan sebagai gunung yang membawa pesan karena Papua dikaruniai sumber kekayaan alam yang melimpah.

Warna kuning melambangkan kejayaan. Serta dihiasi motif atau ukiran khas Papua untuk mewakili keberagaman budaya Papua.

Selain obor, ada juga lentera api abadi yang berfungsi menyimpan api cadangan dalam pelaksanaan kirab yang didampingi pasukan kirab terdiri dari pasukan inti, pasukan terbang dan atlet.

Di setiap kab/kota rangkaian kirab api PON ditempatkan sebuah tungku yang dinyalakan dengan api dan obor PON sebagai simbolnya semangat persaudaraan dan olahraga di seluruh wilayah Papua sebagai daerah penyelenggara PON XX Papua Tahun 2021. (*)

Share :

Baca Juga

Atlet cabang olahraga atletik Syamsuddin Massa mengikuti latihan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Lapangan Universitas Negeri Makassar (UNM), Sulawesi Selatan, Senin (20/9/2021). Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan mengikutsertakan sebanyak tiga atlet dari sejumlah nomor cabang olahraga atletik pada PON Papua. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/rwa)

Olga

Hari Ini Cabor Atletik Mulai Digelar di Mimika Sport Complex
Salah satu finalis Jogja Gelut Day. Foto: Agoes Jumianto

Olga

Kamis 30 Juni di Tebing Breksi, 32 Petarung Berebut Juara Jogja Gelut Day #1
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengangkat bendera start sebagi tanda pemberangkatan peserta Tour de Sragen, dari Alun-alun Kabupaten Sragen. Foto: DiskominfoSragen

Olga

670 Peserta Gowes Tour De Sragen Jelajahi Wisata Sragen
Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti membuka secara resmi turnamen sepakbola Walikota Cup di lapangan Kenari. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Olga

Walikota Yogya Haryadi Suyuti Buka Turnamen Walikota Cup
Windy Cantika dan medali perunggu Olimpiade 2020. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Windy Cantika: Alhamdulillah Senang Banget, Tak Meyangka Bisa Sumbang Medali untuk Indonesia
Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (purn) Marciano Norman. (Foto:putra/kemenpora.go.id)

Olga

Ketum KONI Pusat Pastikan PON Papua XX Sesuai Jadwal
Komandan Lapangan MotoGP Sirkuit Mandalika, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. (Foto: InfoPublik)

Olga

Travel Bubble Dipatuhi, Tes Pramusim MotoGP 2022 Lancar
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dalam implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Ini bertujuan untuk diketahui publik secara luas sehingga pelaksanaannya sukses. (Foto:putra/kemenpora.go.id)

Olga

Menpora Amali Gandeng PWI Pusat dalam Implementasi DBON