Home / Peristiwa

Sabtu, 11 Desember 2021 - 08:05 WIB

Diluncurkan Hari Ini, Calendar of Event Jogja 2022

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramati, dalam jumpa pers di Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, Jumat (10/12/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramati, dalam jumpa pers di Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, Jumat (10/12/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemkot Yogya melalui Dinas Pariwisata Kota menyiapkan Calendar of Event (CoE) Jogja 2022. CoE yang merangkum berbagai kegiatan unggulan di Kota Yogyakarta itu menjadi informasi awal bagi masyarakat, terutama wisatawan. Keberadaan CoE Jogja tahun 2022 itu juga menjadi salah satu upaya memasarkan daya tarik pariwisata di Kota Yogyakarta.

“Calendar of Event Jogja 2022 adalah salah satu program strategis Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta untuk memasarkan daya tarik pariwisata melalui promosi event,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramati, dalam jumpa pers di Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, Jumat (10/12/2021).

Dia menyampaikan tujuan dari pembuatan CoE Jogja 2022 untuk memberikan informasi awal berbagai event atau kegiatan yang berlangsung selama tahun 2022 di Kota Yogyakarta. Diharapkan keberadaan CoE bisa menjadi agenda kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta.

CoE Jogja 2022 merangkum 12 event unggulan, regular, event Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, kuliner, destinasi wisata, kerajinan dan direktori hotel. Event unggulan yang masuk dalam CoE Jogja 2022 yakni pada Februari ada Pekan Budaya Tionghoa XVI dan Jogja Vaganza 2022, pada Mei Grebeg Syawal dan ArtJog 2022, di Juli Pasar Kangen, di Agustus Siraman Pusaka, September ada Sekati YK ing Mall, pada Oktober Wayang Jogja Night Carnival #7, Grebeg Maulud, Biennale dan Kustomfest serta November ada Ngayogjazz.

Baca juga   Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai Tarik Minat 50 Ribu Pengunjang selama Dua Pekan

“Event-event itu adalah even unggulan rutin dan paling memungkinkan dilaksanakan. Tidak hanya event yang diadakan pemerintah tapi juga yayasan (swasta). CoE akan kami tampilkan dalam dua versi yaitu digital dan buku cetak,” paparnya.

Menurutnya dari hasil konfirmasi dengan para penyelenggara event yang masuk dalam CoE Jogja 2022 itu sebagian besar menyatakan akan mengadakan kegiatan secara hybrid yaitu gabungan secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Mengingat kondisi masih pandemi Covid-19 sehingga akan menyesuaikan kebijakan pemerintah dan kondisi saat kegiatan itu dilaksanakan.

CoE Jogja 2022 akan diluncurkan pada Sabtu 11 Desember 2021 di Hotel Grand Inna Malioboro. Peluncuran akan ditandai dengan pemutaran video teaser 12 event unggulan dalam CoE.

Baca juga   Warga Moyudan Sleman Meninggal Dunia Tertembak Senapan Angin, Begini Kronologinya

Setiap event akan divisualkan melalui tarian yang dibawakan Dimas Diajeng Kota Yogyakarta serta para pelajar SMP dan SMA di Kota Yogyakarta. Dalam kegiatan itu akan disampaikan simbolis video Calendar of Event Harian (Clara) kepada Perhimpuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies. Clara akan ditayangkan di media promosi hotel dan restoran di Kota Yogyakarta.

Kegiatan itu merupakan peluncuran CoE bersama dengan Kota Surakarta sebagai implementasi perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Pemerintah Kota Surakarta tentang pengembangan pariwisata.

Dia menuturkan rencananya kegiatan itu akan dihadiri Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

“Kegiatan besok (hari ini) kami akan berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Surakarta sebagai tindak lanjut dari kerja sama untuk bersama-sama mempromosikan pariwisata di kota masing-masing. Kami juga akan tayangkan terkait video promosi bersama Yogya-Solo,” tandas Andrini.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Semarang Ngesti Nugraha meninjau pelaksanaan vaksinasi di PT Perindustrian Bapak Djenggot, Bergas. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Bupati Ngesti Apresiasi Dukungan Perusahaan Swasta untuk Percepat Vaksinasi
Tersangka BW dan mobil yang digadaikan. Foto: Polsek Mantrijeron

Peristiwa

Alasan untuk Jemput Istri di Terminal, Pinjam Mobil Malah Digadaikan Rp7 Juta
Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Siak menahan lima warga negara (WN) Filipina karena masuk secara ilegal ke wilayah Indonesia. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Masuk Secara Ilegal, 5 WN Filipina Ditahan Imigrasi Siak
Kepala BTP Jabagteng, Putu Sumarjaya menyampaikan bahwa pihaknya terus mengupayakan penguatan struktur drainase underpass Makamhaji guna mencegah kerusakan berulang. (Foto: Kemenhub)

Peristiwa

Berkali-kali Rusak, DJKA Perkuat Struktur Drainase Underpass Makamhaji
Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau ruang Isolasi RSUD dr Loekmono Hadi, Senin (24/1/2022). (Foto: MC Kab Kudus)

Peristiwa

Omicron Meluas, Bupati HM Hartopo Tak Ingin Kudus Kecolongan
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong. (Foto: Biro Humas Kementerian Kominfo)

Peristiwa

Wujudkan Ekosistem Pers Berkualitas, Pemerintah Dukung Pengaturan Hak Penerbit
Belum semua pedagang di Pasar Beringharjo membuka dagangannya, meski PPKM Level 4 diperpanjang dengan beberapa kelomnggaran. (Fot: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Meski Diizinkan Buka Kembali, Belum Semua Pedagang Pasar Berjualan
(Ilustrasi:nyatanya.com)

Peristiwa

Demak Gencarkan Vaksinasi Usia 12 hingga 18 Tahun