Home / Militer

Kamis, 8 September 2022 - 19:35 WIB

Dimakamkan di Surabaya, KSAL: Jenazah Pilot dan Kopilot Masih Terikat di Sabuk Pengaman Pesawat yang Jatuh

Ilustrasi pesawat TNI AL. Foto: istimewa

Ilustrasi pesawat TNI AL. Foto: istimewa

NYATANYA.COM, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menyebut jenazah pilot dan kopilot pesawat G-36 Bonanza T-2503 yang jatuh di Selat Madura ditemukan masih berada di dalam pesawat.

“Ya sudah semuanya jadi kondisinya kemarin sulit diangkat karena posisi terbalik, jenazah dua-duanya masih terpasang di kursi dan masih terikat seatbelt, sehingga baru tadi pagi diangkat semuanya,” ujar Yudo dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Beruntung keduanya kini sudah diangkat ke atas daratan. Begitu juga dengan bangkai pesawat sudah dievakuasi.

“Jadi dua personel pilot dan kopilot sudah diangkat dan bangkai pesawat sudah diangkat. Karena kita punya alat KRI yang bisa angkat beratnya pesawat yang ringan. Karena pesawat latih kami ringan, sehingga bisa diangkat,” kata dia.

Baca juga   Pangdam XVII/Cenderawasih Tinjau Langsung Pelaksanaan TMMD Reg ke-114 di Kokonao

Tim SAR TNI Angkatan Laut (AL) berhasil menemukan pesawat G-36 Bonanza T-2503. Tim SAR juga sudah menemukan pilot dan kopilot pesawat jatuh tersebut.

KSAL Laksamana Yudo Margono menyebut dua prajurut TNI AL yang berada dalam pesawat tersebut ditemukan gugur dan masih berada dalam pesawat.

“Turut berduka cita atas gugurnya prajurit terbaik Angkatan Laut, yang mana tadi jam 10 telah ditemukan di kedalaman laut 14 meter, masih di dalam pesawat,” imbuh Yudo.

Baca juga   TNI AL Gagalkan Penyelundupan TKI Ilegal ke Malaysia

Yudo menyebut, kedua prajurit TNI bernama Lettu Laut Judistira Eka Permady (pilot) dan Letda Laut Dendy Kresna Bakti Sabila (kopilot) akan dimakamkan di Taman Makam Bahagia Surabaya, Jawa Timur.

“Akan dimakamkan di Taman Makam Bahagia di Surabaya. Dan tentunya kami semua ikut turut berduka cita, berbela sungkawa mendalam, dan ini akan menjadi evaluasi kita, kami khususnya di Angkatan Laut dan evaluasi agar tidak terjadi lagi di kemudian hari,” kata yudo.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

KRI Diponegoro

Militer

Aksi Heroik Prajurit TNI AL Selamatkan Nyawa di Ajang Internasional, Dipuji Tentara Jepang
Kedatangan Danrem Pamungkas disambut langsung Dandim Magelang. Foto : nyatanya.com/istimewa

Militer

Tinjau Lokasi Program Serbuan Teritorial, Danrem 072/Pamungkas Disambut Dandim Magelang
Prajurit Yonif 403/WP bantu transportasi anak sekolah. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Militer

Satgas Pamtas Yonif 403/WP Bantu Transportasi Sekolah Anak-anak di Perbatasan
Direktorat Latihan Bakamla RI menggelar pelatihan yang bertajuk “Profesionalisme Special Response Team (SRT)”. Foto: Humas Bakamla RI

Militer

Bakamla RI Asah Kemampuan Personel Lewat Gelar Latihan ‘Special Response Team’
Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) menerima pengarahan dan pembekalan dari Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, dalam rangka persiapan cuti Natal dan Tahun Baru (Nataru), yang digelar di Indoor Sport Jala Krida Raga, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (20/12/2021). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Militer

Jelang Cuti Nataru, Gubernur AAL Bekali Taruna
Prajurit Koramil Tegalrejo dan Satgas BKO Armed bagikan nasi kepada warga dalam program Jumat Berkah. (Foto: dokumentasi Koramil 02/Tegalrejo)

Militer

Program Jumat Berkah Koramil Tegalrejo dan Satgas BKO Armed Bagikan Nasi
Foto: Satgas Yonif Raider 142/KJ

Militer

Tanda Cinta Kasih, Satgas Yonif Raider 142/Kj Berikan Ini Kepada Warga
Waasops Dam IV/Dip Letkol Inf Muhammad Ibrahum Mucthar dalam arahannya saat menjemput anggota Purna Tugas Penebalan Apter Kodam XVIII/Kasuari di Bandara YIA. (Foto: Pendim 0731/Klp)

Militer

Dandim 0731/Klp Jemput Anggota Purna Tugas Penebalan Apter Kodam XVIII/Kasuari