Home / Panggung

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 21:13 WIB

Dinas Kebudayaan Gelar Drama Musikal Hanacaraka

(Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta)

(Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dalam rangka pembinaan dan pengembangan bahasa dan sastra tahun 2021, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menggelar Drama Musikal “Hancaraka”, sebagai sebuah brand yang diusung untuk membangkitkan kehidupan sastra lokal di Yogyakarta sebagai Kota Budaya.

“Sastra bukan sekadar wacana, namun haruslah mewujudkan dalam sebuah karya yang apik,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti dalam keterangan resminya, Sabtu (21/8/2021).

Drama Musikal akan digelar mulai Agustus hingga Oktober 2021. Sebelumnya Dinas Kebudayaan Kota Yogya juga mengadakan audisi, workshop, pameran virtual sastra, dan pertunjukan sastra bertajuk Musikal Hanacaraka.

“Kegiatan audisi Hanacaraka bertujuan untuk mencari talenta-talenta yang berpotensi di bidang seni dan budaya, seperti musik, tari, akting, dan bahasa Jawa,” papar Yetti.

Baca juga   Anton Obama Hadirkan 'Ulo Weling' untuk Penyanyi Tiho SYL

Nantinya mereka yang terpilih dalam audisi ini akan menjadi bagian dari pertunjukan Musikal Hanacaraka dengan tim kreatif yakni Garin Nugroho sebagai Sutradara dan Paksi Raras Alit.

Audisi ini sudah dimulai sejak 12 Agustus sampai 15 September 2021. Audisi terbuka bagi warga Kota Yogyakarta dengan segala rentang usia. Ada dua sasaran peserta, yakni kategori umum yang dibuktikan dengan KTP/KK/KIA atau surat keterangan domisili sanggar seni atau komunitas seni di wilayah Kota Yogyakarta.

Selain itu pada kategori pelajar SMA atau SMK sederajat yang bersekolah atau berdomisili di Kota Yogyakarta, dibuktikan dengan KTP/KK/KIA/Kartu Pelajar atau surat keterangan domisili sanggar seni atau komunitas seni di wilayah Kota Yogyakarta.

Baca juga   Digelar Online dan Offline, Nurfu Ad Pameran Tunggal Lukisan 'Lorong Cinta'

Cara mengikuti audisi ini adalah dengan mengirimkan video rekaman karya, peserta menyanyikan lagu atau menari, atau berakting dengan dialog bahasa Jawa. Materi sudah disediakan oleh panitia dan bisa melalui https://kebudayaan.jogjakota.go.id/

“Selain mendapat peluang berpartisipasi dalam pertunjukan Musikal Hanacaraka, lima peserta dari masing-masing kategori yang dengan penilaian terbaik berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan, tropi dan sertifikat. Total hadiah total senilai Rp 40 juta,” jelasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Penampilan perdana grup kesenian dari Kecamatan Sawit dalam acara Pentas Seni Tradisional Virtual yang digelar Pemkab Boyolali. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Panggung

Setelah Lama Vakum, Seniman Boyolali Ramaikan Pentas Seni
Koes Hendratmo dan Aprilia Puspitawati (Foto: www.instagram.com/p/B8bs7NpgRpI/)

Panggung

Koes Hendratmo ‘Berpacu Dalam Melodi’ Meninggal Dunia
Denny Caknan dan Happy Asmara. Foto: nyatanya.com/IG happy_asmara77

Panggung

Happy Asmara Ternyata Lupa Tanggal Jadiannya dengan Denny Caknan
Pameran museum dengan kegiatan Jogja Museum Expo (JME) secara resmi dibuka, Kamis (12/8/2021). (Foto: dokumentasi JME)

Panggung

Yuk, Nonton Jogja Museum Expo dengan Teknologi 360
Kemeriahan Wayang Jogja Night Carnival edisi 2019. (Foto: Tangkapan layar YouTube Evio Media)

Panggung

Wayang Jogja Night Carnival #6 Digelar 7 Oktober 2021
Resa Lawangsewu saat menghibur pasien Covid-19. (Foto:Diskominfo Jateng)

Panggung

Kangen Goyang, Resa Lawangsewu Hibur Pasien Covid-19
Nani Kusuma. (Foto: dokumentasi pribadi)

Panggung

Pedangdut Nani Kusuma Berharap Panggung Hiburan Kembali Dibuka
Kukuh Prasetya Kudamai dengan single terbarunya "Mendung Ketemu Udan" yang sudah tayang di channel YouTube 23 September 2021. (Foto: YouTube Kukuh Prasetya Kudamai)

Panggung

Kukuh Prasetya Kudamai dan Mendung Tanpo Udan Series