Home / News

Senin, 21 Maret 2022 - 17:47 WIB

Dindukcapil Mulai Rekam Data Calon Pemilih Pemula

Dindukcapil Kabupaten Temanggung mulai melakukan perekaman data KTP elektronik bagi calon pemilih pemula. Perekaman data perdana dilaksanakan di Ruang Pelayanan Dindukcapil, Senin (21/3/2022). (Foto: MC.TMG)

Dindukcapil Kabupaten Temanggung mulai melakukan perekaman data KTP elektronik bagi calon pemilih pemula. Perekaman data perdana dilaksanakan di Ruang Pelayanan Dindukcapil, Senin (21/3/2022). (Foto: MC.TMG)

NYATANYA.COM, Temanggung – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Temanggung, mulai melakukan perekaman data KTP elektronik bagi calon pemilih pemula. Perekaman data perdana dilaksanakan di Ruang Pelayanan Dindukcapil, Senin (21/3/2022).

Hadir dalam perekaman perdana tersebut, Bupati HM Al Khadziq, Sekda Hary Agung Prabowo, Ketua KPU Temanggung Yusuf Hasyim, Ketua Bawaslu Erwin Nurachmani Prabawati dan lain-lain.

Pada kesempatan itu, Bupati secara seremonial sempat berbincang dengan salah satu siswi SMA Negeri 1 Temanggung dan memencet tombol perekaman data.

“Hari ini Dindukcapil Kabupaten Temanggung melakukan perekaman KTP elektronik untuk warga yang lahir sebelum tanggal 27 November 2007. Ini dilakukan sebagai persiapan untuk pelaksanaan menuju Pemilu tahun 2024. Maka saya bersama dengan KPU dan Bawaslu menyaksikan pelaksanaan perekaman KTP elektronik. Sukseskan Pemilu 2024,” kata Bupati.

Baca juga   Sandiaga Uno Rembug Santai dengan Pelaku Wisata Temanggung

Kepala Dindukcapil, Bagus Pinuntun mengatakan, perekaman data merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh Dirjen Dukcapil di Bali pada Februari lalu.

Bahwa Kemendagri, dalam hal ini Dirjen Dukcapil harus menyerahkan data calon pemilih yang sudah direkam satu setengah tahun sebelum pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024.

“Maka hari ini, kita mulai kick off, yang sudah di kick off oleh Pak Bupati, dengan target merekam 50.000 calon pemilih pemula yang InsyaAllah akan kita lakukan perekaman. Batas waktu yang ditentukan bulan Oktober, Kabupaten Temanggung bisa menyerahkan daftar calon pemilih tahun 2024, sambil kita bersihkan data calon yang sudah meninggal. Jadi data betul-betul bersih,” katanya.

Baca juga   Geliatkan Investasi Pariwisata, Pemkab Temanggung Gelar Forum Investasi

Bagus mengatakan, 50.000 ini terbagi menjadi dua, yakni 43 persen ada di sekolah, kemudian 57 persen ada di desa. Perekaman tahap satu ini, khusus pelajar dari SMA Negeri 1 Temanggung sebanyak 900 siswa.

“Data siswa yang akan direkam seluruhnya 31.000. Area Temanggung akan direkam di sini (Dindukcapil), kemudian area Pringsurat kita akan koordinasikan dengan SMA N 1 Pringsurat, Parakan dengan SMA N 1 Parakan, Candiroto dengan SMA N 1 Candiroto. Setelah itu, baru kita akan lakukan jemput bola perekaman ke desa-desa,” katanya.

Ketua KPU Temanggung, Yusuf Hasyim mengapresiasi langkah Dindukcapil dengan melakukan perekaman ini, dan nantinya akan diterima KPU untuk DP4 atau daftar pemilih yang diverifikasi melalui PPDP Kemendagri. Jadi perekaman KTP elektronik ini merupakan langkah luar biasa bagi KPU.

(N1)

Share :

Baca Juga

Polres Bantul dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul melarang pemudik dan wisatawan lewat jalur Cinomati. (Foto: Ist)

News

Agar Perjalanan Kamu Nyaman Sekaligus Aman, Jangan Coba-coba Lewat Tanjakan Cinomati
Presiden RI Joko Widodo dan Presiden UAE, Mohammad bin Zayed, meresmikan Sheikh Zayed Grand Mosque Solo, Senin (14/11/2022). Foto: Humas Jateng

News

Presiden Resmikan Sheikh Zayed Grand Mosque Solo, Ganjar: Semoga Jadi “Centre of Excellence”
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa

News

Foto: Stasiun Pasar Senen Ramai Pemudik
Ganjar Pranowo diundang oleh Institute for Essentiol Services Reform (IESR) sebagai salah satu co-chair Civil20 (C20 Indonesia). Foto: Humas Jateng

News

Jateng Jadi Percontohan Pengembangan Energi Baru Terbarukan Nasional
Sejumlah kendaraan memadati jalan Otto Iskandardinata, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (21/11/2021). Pemerintah akan menerapkan PPKM Level 3 selama periode 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 untuk membatasi mobilitas dan kerumunan masyarakat di libur Natal dan Tahun Baru guna mencegah penyebaran Covid-19. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/YU)

News

Rem Jelang Libur Nataru, Ini Ketentuan Lengkap PPKM Level 3 yang Diterapkan
Pemkot Yogyak kembali membatasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) menjadi 50 persen. Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi berharap selama PTM berlangsung peran keluarga dan orang tua lebih memperhatikan putra-putrinya dalam menerapkan prokes secara ketat. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Antisipasi Merebaknya Omicron, PTM di Kota Yogya Kembali 50 Persen
Foto: Ist/klikdokter

News

Gangguan Gagal Ginjal Akut di Indonesia Tercatat Sebanyak 241 Kasus, Terjadi Peningkatan Mulai Agustus
Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI Setpres)

News

Presiden: Kami Berkomitmen Memberikan Bantuan ke Afganistan