Home / Peristiwa

Selasa, 7 Desember 2021 - 11:09 WIB

Dinkes Jatim Siagakan Kebutuhan Kesehatan Korban Erupsi Gunung Semeru

Para korban erupsi Gunung Semeru ditangani di salah satu fasilitas kesehatan setempat. Dinas Kesehatan Jawa Timur berkoordinasi dengan Dinkes Lumajang dan Malang untuk menyiagakan kebutuhan dalam penanganan korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Para korban erupsi Gunung Semeru ditangani di salah satu fasilitas kesehatan setempat. Dinas Kesehatan Jawa Timur berkoordinasi dengan Dinkes Lumajang dan Malang untuk menyiagakan kebutuhan dalam penanganan korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

NYATANYA.COM, Lumajang – Dinas Kesehatan Jawa Timur berkoordinasi dengan Dinkes Lumajang dan Malang untuk menyiagakan kebutuhan dalam penanganan korban erupsi Gunung Semeru, antara lain seperti fasilitas kesehatan primer dan sekunder, serta puskesmas siaga.

Kepala Dinkes Prov Jatim, Erwin Ashta Triyono, Selasa (7/12/2021) mengatakan, Dinkes juga menyiapkan Tim RHA untuk melakukan Rapid Health Assesment atau Kaji Cepat Bidang Kesehatan guna mengetahui kebutuhan bidang kesehatan yang dibutuhkan di lokasi bencana.

Tak hanya itu, pihaknya telah menerjunkan Tim Komunikasi beserta perlengkapan komunikasi mobile untuk mendukung komunikasi bidang kesehatan, seperti menyiapkan logistik awal yakni masker 10.000 pcs, tenda 4X4 sebanyak 1 unit, Sepatu boat 1 lusin 12 pcs, kacamata google 10 pcs, dan sarung tangan karet 36 pasang.

Baca juga   Rebutan Lahan, Dua Kelompok Ormas Terlibat Bentrok di Mampang Jakarta Selatan

Sementara itu, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit, Pengujian Laboratorium, Pengujian Laboratorium (BBTKLPP) Surabaya, Dinkes Jatim, juga melakukan Pengukuran kualitas udara seperti debu dan gas berbahaya di udara dilakukan pengawasan selama 24 jam.

Food security dilakukan pemeriksaan sampel makan pagi dengan parameter nitrat nitrit borak formalin dan e Coli, memonitor kondisi fasilitas kesehatan primer dan sekunder serta mendirikan puskesmas Siaga.

Untuk di Kabupaten Lumajang puskesmas siaga terdapat di Puskesmas Penanggal dan Puskesmas Candipuro. Sementara di Kabupaten Malang pelayanan kesehatan kegawatdaruratan Public Service Center (PSC) dan Puskesmas Ampelgading, PSC dan Puskesmas Tirtoyudo, PSC dan Puskesmas Dampit, PSC dan Puskesmas Pamotan, PSC dan Puskesmas Turen, Rumah Sakit Rujukan (RSUD Pasirian dan RSUD Haryoto Lumajang).

Baca juga   Kodim 0812 Lamongan Gelar Apel Kesiapan Pasukan Antisipasi Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi

Sebagai informasi, kondisi pasien korban erupsi Gunung Semeru di Fasilitas Kesehatan hingga 6 Desember 2021 Pukul 10.00 WIB, di RSD Haryoto sebanyak 4 orang rawat inap, RS Bhayangkara 3 orang (2 rawat inap, 1 rawat jalan), RS Pasirian 15 orang (5 ICU, 10 rawat inap), Puskesmas Penanggal 4 orang (3 rawat inap, 1 rawat jalan).

Kemudian di Puskesmas Candipuro 6 Orang (3 Rawat Inap, 3 Rawat Jalan), Puskesmas Pasirian tidak ada korban (Nihil), dan di Puskesmas Pronojiwo 5 orang rawat jalan. Rencananya 10 orang dari RSUD Pasirian akan dirujuk ke RSUD Haryoto.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Kasus pungutan parkir bagi pengunjung yang tak membawa kendaraan di Mie Gacoan Gejayan Sleman viral. (Foto: Ist)

Peristiwa

Geger Mie Gacoan Gejayan, Benarkah Tak Bawa Motor Ditarik Uang Parkir?
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengapresiasi tim peneliti dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM yang meneliti deteksi penyebaran Covid-19 melalui air limbah. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Wagub DIY Dukung Riset FK-KMK UGM Deteksi Covid Lewat Limbah
Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid meninjau pelaksanaan vaksin pertama bagi pekerja sektor keuangan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Ribuan Pegawai Jasa Sektor Keuangan Antusias Divaksin
Vaksinasi dosis pertama ini menyasar 450 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Pemkab Bantul Gelar Vaksinasi Bagi Penyandang Disabilitas
Kepolisian Resort Temanggung mengawali pelaksanaan operasi Zebra Candi 2021 dengan apel gelar pasukan di halaman Mapolres setempat, Senin (15/11/2021). (Foto: MC.Temanggung/ai)

Peristiwa

Jelang Nataru, Polres Temanggung Gelar Operasi Zebra Candi 2021
RSUD Temanggung mengenalkan layanan RSUD Ramah (Registrasi Aman dan Mudah dari Rumah), yaitu layanan pendaftaran melalui sistem online untuk memudahkan pasien mendaftar tanpa antrean. (Foto: MC Kab.TMG)

Peristiwa

RSUD Ramah, Layanan Pendaftaran Pasien Tanpa Antre di RSUD Temanggung
Kondisi mobil Angkot usai alami kecelakaan tunggal. Foto: MC Agam

Peristiwa

Kecelakaan Tunggal di Ngarai Sianok, Angkot yang Disewa Belasan Mahasiswa Terbalik
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen kembali donor darah plasma konvalesen. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Gus Yasin Apresiasi, Pendonor Plasma Konvalesen Meningkat