Home / Peristiwa

Selasa, 21 September 2021 - 13:36 WIB

Dinkopdag Temanggung Fasilitasi UKM Jadi Mitra Grab

Sejumlah pelaku UKM di Kabupaten Temanggung mengikuti pendaftaran menjadi mitra GrabFood/GrabMart. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Sejumlah pelaku UKM di Kabupaten Temanggung mengikuti pendaftaran menjadi mitra GrabFood/GrabMart. (Foto: Diskominfo Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Sejumlah pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) di Kabupaten Temanggung mengikuti pendaftaran menjadi mitra GrabFood/GrabMart, di kantor Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung yang digelar selama dua hari, Senin (20/9/2021) dan Selasa (21/9/2021).

Kegiatan ini merupakan kerja sama pihak Grab dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinkopdag.

Kepala Dinkopdag Temanggung Sri Hariyanto, mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk memfasilitasi pelaku UKM agar mudah mengakses pendaftaran Grab. Karena berdasarkan informasi, proses pendaftaran mitra Grab membutuhkan waktu yang lama dan berbayar, mengingat antrean yang panjang, dan peminat dari para pelaku usaha yang semakin tinggi.

Baca juga   Gugus Tugas Gatak Tak Lelah Imbau Warga Taati Prokes

“Oleh karena itu kita coba fasilitasi, dan ini ternyata gratis, tidak bayar, dan waktunya juga bisa cepat, karena kita lakukan secara kolektif. Dan dari pihak Grab yang datang ke Temanggung melalui fasilitasi Dinkopdag Temanggung,” ungkapnya.

Dikatakan, fasilitasi ini murni dilakukan Pemkab Temanggung untuk membantu para pelaku usaha, agar dapat memasarkan produknya melalui marketplace.

“Jadi tidak hanya terbatas pada Grab saja, nanti kalau memang ada platform marketplace yang lain yang memang dibutuhkan oleh pelaku usaha di Temanggung, tidak menutup kemungkinan untuk bisa dilakukan fasilitasi juga. Dan ini pilihan bagi para pelaku usaha untuk bergabung atau tidaknya,” sambungnya.

Baca juga   Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil dan Warga Difabel Dimulai

Ia berharap, nantinya pelaku usaha tidak hanya dapat memasarkan produk makanan saja, tetapi juga tidak menutup peluang untuk produk kerajinan, batik dan sebagainya.

“Diharapkan para pelaku usaha UKM ini tidak hanya memasarkan produknya melalui offline, tetapi juga mau tidak mau, karena tuntutan kondisi juga harus bisa memasarkan secara online. Setelah pelaku usaha bergabung dengan platform marketplace apapun nanti, benar-benar secara nyata ada manfaatnya dan ada peningkatan pendapatan,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

PHRI DIY sediakan 230 kamar untuk isolasi mandiri. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

PHRI Siapkan 230 Kamar Hotel untuk Isolasi Mandiri
Petani di Kembanglimus Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang melakukan okulasi tanaman jeruk untuk meningkatkan kualitas. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Tingkatkan Kualitas Pertanian Eduwisata, Petani Borobudur Okulasi Tanaman Jeruk Non Biji
Gibran Rakabuming Raka menerima bantuan tahap kedua dari Bank Indonesia. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

BI Kembali Salurkan Bantuan Tabung Oksigen untuk Surakarta
Walikota Gibran Rakabuming memberangkatkan bantuan paket sembako untuk warga terdampak di Surakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Berangkatkan 1.000 Paket Sembako dari Akpol Angkatan 91 untuk Warga Terdampak
Provinsi DIY memperoleh penghargaan Provinsi Layak Anak Provilia 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

DIY Kembali Raih Penghargaan Provinsi Layak Anak Provilia 2021
Bupati Sukoharjo Hj Etik Suryani SE MM memantau pelaksanaan baksos pengisian oksigen gratis untuk masyarakat. (Foto: Humas Kabupaten Sukoharjo)

Peristiwa

Pantau Pengisian Oksigen Gratis Tahap 2, Bupati Berharap Kasus Corona Terus Turun
Tim Kuasa Hukum dari Lembaga Bantuan Hukum Nyi Ageng Serang Wates Kulonprogo menunjukkan bukti surat laporan yang dilayangkan Jamil Rozi kepada Polres Purworejo. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Diancam Dibunuh dan Dipenggal Lehernya, Warga Pendukung Proyek Bendungan Bener Minta Perlindungan Kapolres Purworejo
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Wasono. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Antisipasi Kemarau, BPBD Magelang Siapkan 90 Tangki Air Bersih