Home / News

Jumat, 8 Juli 2022 - 01:28 WIB

Dipasarkan Online, Sapi Indramayu Diserbu Pembeli hingga Kehabisan Stok

Foto: Diskominfo Indramayu

Foto: Diskominfo Indramayu

NYATANYA.COM, Indramayu – Jelang Hari Raya Idul Adha 1443 H, permintaan sapi untuk qurban terus meningkat. Peternak sapi pun kebanjiran pesanan.

Seperti halnya yang terjadi di Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu.

Dipasarkan secara online, sapi dari sentra peternakan Desa Cangkingan ini diburu pembeli. Bahkan hingga Kamis (7/7/2022) stok sapi dengan ukuran besar telah habis.

Kuwu Desa Cangkingan Didi Wahyudi menjelaskan, pihaknya kewalahan dalam melayani pesanan pembeli untuk sapi.

Sampai dengan saat ini sudah ratusan sapi dibeli oleh masyarakat dari berbagai daerah di Kabupaten Indramayu dan daerah lain.

Sapi ukuran besar yang siap untuk qurban dari Desa Cangkingan berkisar antara Rp20-45 juta. Namun ada juga ukuran yang lebih kecil dengan harga dibawah Rp20 juta.

Baca juga   Foto: Harga Kambing Kurban di Blora

Didi menambahkan, harga tersebut merupakan harga grosir dari peternak langsung. Jelang Idul Adha ini merupakan panen raya bagi peternak sapi, kambing, dan domba.

“Alhamdulillah ternak sapi, kambing, dan domba dari Desa Cangkingan diserbu pembeli. Ternak dari desa kami sudah dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan dan bebas PMK,” katanya, Kamis (7/7/2022).

Menguntungkannya ternak di Desa Cangkingan yang bermitra dengan BUMDes ini merupakan pola pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Pemdes Cangkingan.

Menurut Didi, saat ini masyarakat yang berminat untuk beternak di desanya semakin besar seiring dengan semakin menguntungkannya beternak di Desa Cangkingan ini.

Baca juga   Kasus Harian Covid-19 Tambah 2.927 Orang, Sembuh 944 Orang

Apalagi peternak melakukan pemasaran secara online sehingga pembeli datang dari berbagai wilayah.

Sementara itu Camat Kedokanbunder Atang Suwandi merasa gembira dengan penjualan sapi dan ternak lainnya yang dilakukan oleh peternak Desa Cangkingan.

Menurut Atang, pola pemberdayaan masyarakatnya sangat bagus dan sudah merasakan dampak positif dari program Lebu Digital atau Desa Digital yang diterapkan oleh Desa Cangkingan.

“Penjualan sapi dan ternak lainnya oleh masyarakat Desa Cangkingan sudah dilakukan secara online melalui menu lapak desa di website desa. Kini sudah dirasakan manfaatnya,” tegas Atang.

Jika ini bisa terus dilakukan, maka tujuan untuk mewujudkan Kedokanbunder Hebat menuju Indramayu Bermartabat bisa terlaksana.

(Den/MTQ/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Kemenkes

News

Berihram, Tak Halangi Petugas Memberikan Layanan Kesehatan bagi Jemaah Haji
Presiden Jokowi. Foto: Tangkapan Layar BPMI SETPRES

News

IndoVac, Ini Vaksin Covid-19 Hasil Karya Anak Bangsa Diproduksi Biofarma
Data dari WHO Indonesia berada pada level 1 penularan Covid-19, sedangkan menurut Nikkei Indeks pemulihan Covid-19 Indonesia berada diperingkat 41, tertinggi di Asia. (Foto: InfoPublik)

News

Menkominfo Imbau Masyarakat Tetap Waspada Lonjakan Covid-19
Pemerintah memutuskan mengisolasi Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran hingga tujuh hari ke depan. (Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

News

Petugas Terinfeksi Omicron, RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Diisolasi 7 Hari
Kemendikbudristek melalui Ditjen Diksi menerbitkan 27 Surat Keputusan (SK) Izin Pembukaan Program Studi Diploma Dua (D-2) Jalur Cepat atau D-2 Fast Track. Foto: Kemendikbudristek

News

Kemendikbudristek Terbitkan 27 Izin Pembukaan Prodi D-2 Jalur Cepat, Ini Daftarnya
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Jangan Khawatir tak Punya Ruang Isoman, Pemerintah Siapkan Isoter bagi OTG
Banjir yang merendam rumah warga di Kabupaten Cirebon. (Foto: BPBD Kabupaten Cirebon)

News

Sungai Ciberes Meluap, 2.728 Warga Cirebon Kebanjiran
Peluncuran aplikasi Jejaring Organisasi Kemasyarakatan Terpadu dan Berdaya Guna (Jan Oke Tenan) Kabupaten Semarang di Hotel C3 Ungaran, Selasa (26/9/2023). Foto: Humas Jateng

News

Jan Oke Tenan, Permudah Pendataan dan Pelayanan Ormas di Kabupaten Semarang