Home / News

Minggu, 29 Mei 2022 - 21:30 WIB

Disiapkan Anggaran Rp30 Miliar, Terminal Giwangan Bakal Direvitalisasi untuk Penguatan Pariwisata

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, didampingi Pj Wali Kota Yogyakarta Sumadi saat meninjau Terminal Giwangan Yogyakarta, Minggu (29/5/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, didampingi Pj Wali Kota Yogyakarta Sumadi saat meninjau Terminal Giwangan Yogyakarta, Minggu (29/5/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Terminal bus Giwangan di Kota Yogyakarta akan direvitalisasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk optimalisasi fungsi pelayanan.

Kemenhub juga siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Yogyakarta agar Terminal Giwangan menjadi fungsi pariwisata yang kuat.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi mengatakan Kemenhub melakukan evaluasi berkaitan dengan terminal-terminal tipe A yang akan dibangun atau direvitalisasi.

Kemenhub sendiri sudah meresmikan beberapa terminal tipe A di tingkat kota yaitu di Semarang, Solo dan Purwokerto.

“(Terminal) Yogya akan kita revitalisasi. Ada ide-ide yang baik dari Pemkot Yogyakarta untuk memisahkan jalur pariwisata dan jalur AKAP. Dan itu kita konsep yang baik,” kata Budi, saat meninjau Terminal Giwangan Yogyakarta, Minggu (29/5/2022).

Menurut Menteri Budi, Terminal Giwangan memiliki posisi strategis untuk Yogyakarta sebagai destinasi wisata. Oleh sebab itu pemerintah pusat membangun atau revitalisasi terminal tipe A yang berada di bawah kewenangan Kemenhub. Pihaknya sudah menyiapkan anggaran minimal sekitar Rp30 miliar untuk pembangunan yang baru.

Baca juga   Ini Ketentuan Terbaru Syarat Perjalanan Penumpang Transportasi Laut selama Nataru
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, didampingi Pj Wali Kota Yogyakarta Sumadi saat meninjau Terminal Giwangan Yogyakarta, Minggu (29/5/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

“Kami ingin bersama-sama Pemkot untuk memfungsikan kembali fungsi-fungsi pergerakan angkutan kota, angkutan antar kota dan angkutan pariwisata,” ujarnya.

Budi menegaskan Kemenhub siap untuk melakukan dukungan kegiatan di Terminal Giwangan tapi juga harus menghindari duplikasi anggaran. Pihaknya juga meminta Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub dan Penjabat Walikota Yogyakarta melakukan evaluasi.

Kemenhub siap berkolaborasi dengan Pemkot Yogyakarta yang akan mengembangkan fungsi pariwisata di Terminal Giwangan.

“Kami siap untuk berkolaborasi agar Terminal Giwangan ini menjadi suatu fungsi pariwisata yang kuat dan bisa mewakili pergerakan dari dan ke Yogyakarta,” papar Budi.

Ditambahkan Kemenhub, perbaikan pada Terminal Giwangan yang sudah ada dengan dana dari pemerintah pusat. Kalau diperbaiki, lanjutnya, fungsi-fungsi di Terminal Giwangan juga bisa bersamaan karena Pemkot Yogyakarta dan Pemda DIY mengharapkan ini juga berfungsi sebagai one gate system transportasi pariwisata di Yogyakarta.

Baca juga   9.000 Pelajar dan Santri Magelang Jadi Sasaran Vaksinasi BIN

“Jadi ini bagus konsepnya skemanya. Kita kelola bersama ada angkutan kota antar provinsi dan pariwisata. Pada Sabtu Minggu di sini bus wisata bisa 400 sampai 500. Bus AKAP Sabtu Minggu bisa 750,” terangnya.

Sementara itu Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi menyampaikan beberapa masukan dari Menteri Perhubungan dinilai menjadi masukan yang baik.

Pihaknya memperkirakan dalam waktu kurang dari seminggu akan berkomunikasi dan koordinasi kembali dengan Dirjen Perhubungan Darat terkait revitalisasi dan rencana Pemkot Yogyakarta yang akan diintegrasikan.

“Saya kira ini masukan yang baik. Insya Allah dalam waktu tidak lebih dari seminggu, kami mencoba lagi berkomunikasi dengan Bapak Dirjen Perhubungan Darat untuk bagaimana akan kita integrasikan. Berkaitan juga nanti rencana untuk perawatan dan rehabilitasi kami akan coba dianggarkan di tahun yang akan datang,” pungkas Sumadi.

(Tri/N1)

Share :

Baca Juga

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono saat meninjau gerai vaksinasi keliling dan penyekatan PPKM Darurat di Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Polres Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 Warga Perbatasan
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Anak-anak di Sektor Formal Jadi Prioritas Vaksinasi
Foto: ANTARA

News

Penukaran Uang Sepanjang Ramadan dan Idulfitri 2022 Capai Rp1,3 Triliun
Pj Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto saat memberikan sambutan pada Rapat Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045, Jumat (31/5/2024). Foto: Humas Pemkot Jogja

News

RPJPD Kota Yogyakarta Ditetapkan, Wujudkan Kota Unggul Berlandaskan Budaya
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Percepat Testing dan Tracing Covid-19, DIY Tambah Alat PCR Robotik
Kejadian gerakan tanah di wilayah Kabupaten Bogor mengakibatkan sejumlah rumah rusak dan puluhan lain terancam. Peristiwa yang berlangsung pada Sabtu (13/11/2021), pukul 16.00 WIB ini memicu warga Desa Sukawangi mengungsi. (Foto: BPBD Kabupaten Bogor)

News

Muncul Pergerakan Tanah di Kabupaten Bogor, 182 Warga Mengungsi
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat menghadiri peluncuran Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali Menuju Bali Era Baru: Hijau, Tangguh, dan Sejahtera serta Master Plan Pengembangan Kawasan Pariwisata Ulapan di Denpasar, Bali, Jumat (3/12/2021). Peta jalan tersebut disusun berdasarkan Visi Indonesia 2045 dan kearifan lokal Bali yang menjabarkan strategi dan rencana aksi pemulihan ekonomi jangka pendek dan strategi Transformasi Ekonomi Bali dalam jangka menengah-panjang serta mengakomodasi perubahan kehidupan pasca Covid-19 untuk menata kembali perekonomian Bali dengan prinsip memanfaatkan sumber daya lokal baik alam, manusia, maupun budaya secara berkelanjutan. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/tom)

News

Indonesia Masuk Lima Negara yang Berhasil Kendalikan Pandemi Covid-19
Ilustrasi kebahagiaan keluarga. (Foto: pixabay)

News

Indeks Naik Tapi Belum Tentu Bahagia, Ini Hasil Survei BPS yang Perlu Anda Tau