Home / News

Rabu, 16 Juni 2021 - 00:26 WIB

Diskominfo Keluarkan Jadwal Migrasi TV Biasa ke Digital

Info Grafis: nyatanya.com/Twitter @kominfodiy

Info Grafis: nyatanya.com/Twitter @kominfodiy

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Seperti diketahui pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menghentikan siaran TV analog paling lambat tanggal 2 November 2022 pukul 24.00 WIB.

Meski masih tahun depan, namun bersiap-siaplah masyarakat yang masih memiliki pesawat televisi analog (jadul) untuk mengganti dengan yang baru, smart TV. Atau setidaknya siap-siap untuk menambah perangkat baru, jika tak ingin kehilangan siaran TV.

Salah satu dampak dari dihentikannya siaran TV analog adalah masyarakat pemilik TV biasa memerlukan decoder yang disebut set top box (STB) untuk bisa menikmati siaran TV digital di TV analog. Pemerintah masih mendata target dan mekanisme penyaluran bantuan set top box, khususnya bagi pemilik TV analog kategori rumah tangga miskin.

Baca juga   Pemkot Yogya Layani Vaksinasi ke Rumah Warga Disabilitas

Persiapan migrasi TV analog ke TV digital pun semakin matang digodog pemerintah. Jadwal migrasi pun sudah disusun, Dinas Kominfo DIY, melalui akun Twitter resminya bahkan sudah mengumumkan jadwal tahapan migrasi itu berdasarkan wilayah.

“Pelaksanaan teknis penghentian Analog Switch Off (ASO) atau digitalisasi penyiaran ini diatur melalui Peraturan Menteri Kominfo Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran,” demikian bunyi unggahan Dinas Kominfo DIY, Selasa (15/6/2021).

Baca juga   Pemkab Purworejo Luncurkan Aplikasi 'Jalan Aman'

Lebih lanjut dijelaskan, penghentian siaran analog di suatu daerah harus dilakukan serentak oleh seluruh stasiun televisi di daerah tersebut. Dengan begitu dapat memudahkan masyarakat untuk menonton siaran dari satu jenis penerimaan saja.

Direktur Penyiaran Kominfo, Geryantika Kurnia, sebelumnya menjelaskan latar belakang penghentian siaran TV analog ini adalah efisiensi. Sebab, spektrum frekuensi radio yang digunakan untuk TV analog menurutnya berada pada pita 700 MHz atau pita yang juga untuk layanan internet. Karenanya, di seluruh dunia melakukan penghematan penggunaan pita 700 MHz dengan pemanfaatan TV digital yang lebih efisien. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: Humas Kominfo

News

Kominfo dan Operator Telekomunikasi Segera Lakukan Pemulihan Dampak Gempa Bumi Cianjur
Foto: ANTARA

News

Status Siaga, Hampir Setiap Hari Terjadi Letusan Gunung Semeru
Hendrar Prihadi dilantik menjadi Kepala LKKP. Foto: Setpres BPMI

News

Presiden Berharap Hendi Teruskan Perbaikan Tata Kelola Pengadaan Barang dan Jasa
Foto: Humas Jateng

News

Kirim Bantuan Gempa Cianjur Senilai Rp1,87 Miliar, Ganjar: Relawan Harus Solid
Petugas memberikan nomor urut kepada jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Medan di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara, Jumat (10/6/2022). Sebanyak 391 jamaah calon haji asal Kota Medan, Kabupaten Mandailing Natal, Tapanuli Tengah dan Serdang Bedagai tiba di Asrama Haji Medan dan diterbangkan pada Sabtu (11/6/2020). ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/nym

News

Daftar Tunggu Ibadah Haji Makin Lama, Ada yang Lebih dari 90 Tahun, Begini Penjelasan Kemenag
Rapat Gerak Stunting Tingkat Provinsi Jawa Tengah, di Patra Convention Hotel, Rabu (18/5/2022). (Foto: Humas Jateng)

News

Tekan Kasus Stunting, Pemprov Jateng Bentuk TPPS hingga Tingkat Desa
Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Jokowi Dijadwalkan Nonton Langsung MotoGP Mandalika 2022
Seorang anggota Polisi di Surabaya sedang memakai bodycam. (Foto:selalu.id)

News

Jangan Ngeyel Jika Melanggar Lalu Lintas, Polisi di Surabaya Dibekali Bodycam