Home / Buku

Jumat, 23 Juli 2021 - 10:04 WIB

Ditemukan Cara Mudah Membuat Game

Buku terbaru karya I Wayan Candra Winetra dan Edhy Sutanta. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Buku terbaru karya I Wayan Candra Winetra dan Edhy Sutanta. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – “Membuat game itu mudah,” kata I Wayan Candra Winetra dalam kesempatan jumpa dengan wartawan nyatanya.com beberapa waktu lalu.

Dosen Tetap pada Program Studi D4 Rekayasa Perangkat Lunak Jurusan Teknik Elektro di Politeknik Negeri Bali pada Bidang Pemrograman ini lebih lanjut mengungkapkan bahwa banyak mahasiswa Informatika dan Ilmu Komputer yang membuat game untuk mengasah ketrampilan pemrograman mereka.

“Masyarakat umum pun dapat membuat berbagai game dengan mudah asalkan mereka tekun mempelajarinya,” kata dosen yang lahir di Bali pada tanggal 31 Mei 1980 dan menyelesaikan pendidikan Sarjana pada Program Studi Teknik Informatika di IST AKPRIND Yogyakarta tahun 2003 dan Magister Program Studi Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada tahun 2005.

Dengan menginstalasi Java dan ECLIPSE-IDE yang dilanjutkan dengan membuat project menggunakan ECLIPSE-IDE, class dan object serta tampilan berbasis GUI, mengatur layout, mengatur komunikasi antar FRAME/FORM, maka jadilah game tersebut.

Dengan melakukan bundling ke JAR dan membuat launcher, game tersebut akan dapat dimainkan.

Baca juga   Jambu Carlin, Ini Cara pinjam Buku Gratis di Klaten

Sebagai dosen Ilmu Komputer, I Wayan Candra Winetra sudah banyak menulis buku pemrograman sebagai buku panduan bagi para mahasiswa Ilmu Komputer.

Bersama-sama dengan Edhy Sutanta, I Wayan Candra Winetra menulis buku Simple Fun Java: Pemrograman Java GUI dengan Eclipse IDE dan Project Game.

Edhy Sutanta yang lahir pada tahun 1972, saat ini juga berstatus sebagai Dosen Tetap pada Jurusan Informatika, IST AKPRIND Yogyakarta, dengan bidang minat computer science, management information systems, database, e-Government, dan schema matching.

I Wayan Candra Winetra dan Edhy Sutanta. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Pak Edhy, demikian beliau kerap disapa, juga tercatat sebagai Reviewer Tersertifikasi Nasional bidang penelitian Kemenristek Dikti untuk periode tahun 2019-2022. Sejak tahun 2020 dia terlibat aktif di Yayasan Lentera Dua Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial dan kemanusiaan, khususnya dalam pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Tinggal di kota pelajar, Yogyakarta, Edhy Sutanta menyelesaikan pendidikan Sarjana pada Program Studi Manajemen Informatika & Teknik Komputer di IST AKPRIND Yogyakarta tahun 1996, Magister pada Program Studi Ilmu Komputer di Universitas Gadjah Mada tahun 2006 melalui beasiswa BPPS, dan Doktor pada Program Studi Ilmu Komputer di Universitas Gadjah Mada tahun 2017 melalui beasiswa BPPDN.

Baca juga   Meski Pandemi, KBRI Beijing Terus Lakukan Diplomasi

Mengenai buku Simple Fun Java: Membuat CRUD Data Master dalam 5 menit Java-MySQL-JSON-Eclipse IDE, Edhy Sutanta mengatakan bahwa buku tersebut dapat digunakan oleh siapa saja yang tertarik dengan mempelajari OOP terutama untuk pengelolaan data master pada pemrograman Java.

Dengan pembahasan yang sederhana dan langkah-langkah yang dijelaskan secara detail, programmer pemula yang belum pernah menggunakan Java sekalipun akan dapat membuat sistem CRUD data master, termasuk mencetak data ke printer.

Buku itu disusun dalam 18 bab, dimulai dari Pendahuluan yang membahas pengenalan bahasa pemrograman Java, instalasi alat (Java, XAMPP, Eclipse-IDE), hingga pembuatan modul CRUD menggunakan data Array Object, DBMS MySql dengan koneksi JDBC, dan JSON. (N1)

Share :

Baca Juga

Melaty Anggraini, Nadia Fransiska, dan Jesica Nikita Rachel. (Foto: dokumentasi pribadi)

Buku

Menyiasati Isu Lingkungan Masyarakat Eropa
Buku Diplomasi Indonesia di Era Global yang ditulis Desy Nur Aini Fajri bersama mahasiswanya. (Ilustrasi/Foto: dokumentasi Graha Ilmu)

Buku

Meski Pandemi, KBRI Beijing Terus Lakukan Diplomasi
Saparatu, layanan pinjam buku tanpa perlu turun dari motor yang dikembangkan Perpustakaan Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Buku

Perpustakaan Kota Yogya Kembali Layani Peminjaman Buku ‘Drive Thru’
Bimbingan Teknis Gerakan Aksi Pojok Baca untuk TP PKK se-Kabupaten Temanggung secara virtual. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Buku

Tingkatkan Literasi, TP PKK Temanggung Dorong Pojok Baca untuk Masyarakat
Buku Indonesia Melawan Corona Ala Kartunis. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Buku

Indonesia Melawan Corona Ala Kartunis
Nyoman Wijana dan buku Pencemaran, Pemulihan, dan Kualitas Lingkungan Hidup. (Foto: dokumentasi Plantaxia)

Buku

Banjir Besar Melanda Dunia
Saludin Muis dan penghargaan MURI yang diterimanya. (Foto:nyatanya.com/Istimewa)

Buku

Saludin Muis, Peraih Rekor MURI Pengarang Buku TI Terbanyak 2021
Perpustakaan Kota Yogyakarta kembali membuka layanan membaca di tempat, dengan kuota terbatas. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Buku

Perpustakaan Kota Yogya Kembali Buka Layanan Baca di Tempat