Home / Peristiwa

Senin, 9 Mei 2022 - 09:10 WIB

Dituding Jadi Sumber Maksiat, Puluhan Warga Tuntut Karaoke Aloha Ditutup Permanen

Puluhan warga menggeruduk sebuah ruko yang dijadikan lokasi usaha tempat karaoke. Mereka menuntut Karaoke Aloha untuk ditutup karena dianggap menjadi sumber maksiat. (Foto: Ist)

Puluhan warga menggeruduk sebuah ruko yang dijadikan lokasi usaha tempat karaoke. Mereka menuntut Karaoke Aloha untuk ditutup karena dianggap menjadi sumber maksiat. (Foto: Ist)

NYATANYA.COM, Sukoharjo – Puluhan warga Desa Triyagan, Mojolaban, Sukoharjo, menggeruduk tempat hiburan malam dan karaoke Aloha di wilayah setempat, Sabtu (7/5/2022) malam.

Mereka mendesak tempat hiburan malam itu ditutup permanen lantaran dianggap menjadi sumber maksiat.

Warga beralasan penutupan paksa dilontarkan lantaran kehadiran Aloha dinilai telah berdampak buruk terhadap lingkungan setempat.

Salah satu warga Dusun Karangturi Desa Triyagan, Mojolaban, Ahmad mengatakan aksi geruduk terpaksa dilakukan lantaran berbagai upaya yang dilakukan prosedural tak sesuai harapan.

Aloha tetap nekat beroperasi tanpa mempedulikan aspirasi warga. Pihaknya telah menempuh berbagai proses secara prosedural yakni melalui Kantor Perizinan Terpadu (KPT) Pemkab Sukoharjo selaku otoritas yang mengeluarkan perizinan.

Mestinya operasional Aloha sudah tutup lantaran izinnya telah dicabut oleh KPT Pemkab Sukoharjo pada 2019.

“Perlu diketahui ada dua fase perizinan Aloha tersebut pertama beroperasi tahun 2016. Namun karena berdampak buruk bagi lingkungan selanjutnya warga mengajukan keberatan kepada Pemkab Sukoharjo dan selanjutnya oleh Pemkab Sukoharjo izin Aloha dicabut,” paparnya.

Baca juga   Pemprov Jateng Segera Turun Tangan Bantu Warga Pendukung Proyek Bendungan Bener

Ahmad menuturkan setelah izin dicabut, pihak Aloha memang sempat menggugat secara hukum. Akan tetapi tetap saja kalah tidak dikabulkan sehingga secara legalitas operasional Aloha selama ini praktis tidak berizin.

Warga juga kaget ketika sekitar 6 bulan lalu, melalui sistem perizinan online Ons Stop Service (OSS), Aloha bisa kembali mendapatkan izin operasional.

Padahal operasional pun tetap dengan catatan tetap meminta izin dari lingkungan. Sementara warga dan lingkungan sekitar, selama ini tak pernah merestui apalagi mendukung.

“Seluruh warga Dusun Karangturi kompak menolak saat dimintai izin lingkungan sehingga warga tetap meminta Aloha ditutup,” tandas Ahmad.

Baca juga   Dihadiri Gibran, Tim Basket Kursi Roda 5x5 Putra Indonesia Menang Telak atas Kamboja

Ia melanjutkan tuntutan penutupan dilakukan sebagai puncak kekesalan karena Aloha justru nekat buka kembali pasca Lebaran Sabtu (7/5/2022) malam sekira pukul 19.00 WIB.

“Ya pada malam tadi kami sampaikan lagi permohonan kepada aparat yang malam tadi bersiaga di Aloha bahwa warga minta Aloha ditutup karena warga menganggap sebagai sumber maksiat dan berdampak buruk bagi lingkungan,” ujar Ahmad.

Aksi warga dikawal ketat oleh puluhan aparat keamanan gabungan dari Polsek, Polres, Koramil Kodim serta dari Brimob.

Meski jumlah massa yang datang cukup banyak, aksi berjalan dengan tertib dan tidak ada tindakan anarkis atau insiden apapun.

Melihat kedatangan warga, pihak manajemen Aloha langsung menutup operasional. Sementara Kades Triyagan, Pardiyanto belum memberikan keterangan terkait tuntutan terkini tersebut. Saat dihubungi wartawan, Kades Pardiyanto belum menjawab. (*)

Share :

Baca Juga

Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa memantau pelaksanaan PPKM Darurat di sejumlah lokasi di Solo. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Pantau Langsung Pelaksanaan PPKM Darurat
Foto: InfoPublik/Agus Siswanto

Peristiwa

BNPT Mitigasi Virus Intoleransi Radikal Terorisme dengan Parade Budaya Nusantara
Wagub DIY Sri Paduka Paku Alam X dalam agenda komsos dengan Korem 072/Pamungkas. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Korem 072/Pamungkas Gelar Komsos dengan Pemda DIY
Foto: Humas Ditjen PSDKP

Peristiwa

Bakamla RI Tangkap Dua Kapal Asing Berbendera Vietnam Pelaku Ilegal Fishing
BPBD Kabupaten Solok mencatat banjir terjadi setelah hujan lebat mengguyur di kawasan dua desa di kecamatan Lembah Gumanti, yaitu Nagari Aie Dingin dan Jorong Data. (Foto: BNPB)

Peristiwa

Informasi BNPB, Banjir yang Melanda Kabupaten Solok Telah Surut
Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengatakan, kompetisi ini untuk memotivasi para peternak di Kabupaten Temanggung, agar bisa mengembangkan peranakan etawa ini. Pasalnya jenis kambing ini dirasa sangat potensial untuk dikembangkan di wilayah Kabupaten Temanggung. (Foto:MC TMG/Ar;Ekp)

Peristiwa

Diikuti ‘Mr Bejo’ yang Viral, Ratusan Ekor Kambing Etawa Kontes Nasional di Temanggung
Proses pencarian korban hilang akibat cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan terus dilakukan oleh tim gabungan di sekitar aliran sungai. Foto: BPBD Kabupaten Timor Tengah Selatan

Peristiwa

Cuaca Ekstrem di Timor Tengah Selatan, Dua Warga Meninggal dan Satu Hilang
Sejumlah warga Desa Rejosari, Gondangrejo, Karanganyar berkumpul menunggu perkembangan sejumlah warga yang keracunan nasi box bukber Pucangsawit. (Foto:Ist)

Peristiwa

Korban Keracunan Bukber di Pucangsawit Solo Meluas ke Karanganyar, Begini Ceritanya