Home / Peristiwa

Jumat, 5 November 2021 - 11:10 WIB

Ditutup 30 November 2021, Anugerah Jurnalistik Adinegoro “Semangat dan Harapan”

NYATANYA.COM, Jakarta – Berbagai masalah telah dilewati dan berbagai pengalaman telah dialami bangsa Indonesia. Sejak masa pergerakan kemerdekaan sampai sekarang, tak lepas dari pemikiran dan perbuatan para wartawan.

Para wartawan berjuang melalui tulisan, mendukung berbagai kelompok lain ditengah masyarakat – buruh, tani, karyawan, budayawan, politisi, ulama.

Adinegoro berada di tengah suasana itu. Adik Muhammad Yamin, yang bernama asli Djamaludin gelar Datuk Madjo Sutan, tak bisa menahan diri untuk menulis, mengkritik situasi masa itu.

Namun, karena ia belajar di Stovia (sekolah pendidikan dokter Batavia) yang kemudian menjadi pusat pergerakan pemuda, Djamaludin tak boleh menulis. Itu sebabnya Djamaludin menggunakan nama samaran Adinegoro.

Sampai sekarang wartawan Indonesia selalu mendukung dan menyemangati. Termasuk pada masa pandemi Covic-19, para wartawan Indonesia banyak menulis, membuat karya yang bersifat menyemangati, membangkitkan semangat untuk tidakbegitu saja menyerah pada pandemi Covic-19, juga dalam menghadapi situasi-situasi yang silih berganti di negeri ini.

Baca juga   Sudah Negatif, Semua Pasien Covid-19 Asal Kudus Dipulangkan

Menjelang Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2022, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kembali menyelenggarakan Anugerah Jurnalistik Adinegoro yang merupakan penghargaan tertinggi untuk karya jurnalistik Indonesia.

Anugerah Jurnalistik Adinegoro diberikan kepada wartawan yang telah terseleksi melalui karya-karya jurnalistik yang sudah dimuat, ditayangkan, atau disiarkan yang dimuat/ditayangkan/disiarkan sekitar tanggal 1 Desember 2020 – 30 November 2021.

Dengan mengusung tema “Semangat dan Harapan”, Anugerah Jurnalistik Adinegoro dibagi dalam beberapa kategori. In-depth reporting untuk media cetak (AA1), In-depth reporting untuk media siber (AA2), In-depth reporting untuk media televisi (AA3), In-depth reporting untuk media radio (AA4), Foto berita untuk media cetak dan media siber (AA5), dan Karikatur opini untuk media cetak dan media siber (AA6).

Setiap Wartawan Indonesia, bebas mengirim karya jurnalistik terbaiknya dan wajib mendaftar melalui formulir pendaftaran di google form https://s.id/DAFTAR_ADINEGORO

Setiap peserta wajib menyertakan salinan identitas diri (kartu karyawan/pers) dan surat pengantar dari redaksi. Bagi seluruh peserta sudah bisa mengirimkan karyanya mulai 11 September 2021 hingga batas akhir pada 30 November 2021.

Baca juga   Pemkab Boyolali Kebut Vaksinasi 33 Ribu Siswa SMP

“Para peserta akan dinilai berdasarkan karya-karya yang sudah dipublikasikan, ditayangkan, atau disiarkan pada media cetak, siber, televisi, atau radio periode 1 Desember 2020 hingga 30 November 2021,” ujar Rita Sri Hastuti, Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2020-2023 dalam siaran persnya.

Penjurian akan dilakukan pada bulan Desember 2021 – hingga pekan kedua Januari 2021. Dewan juri Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 ini terdiri dari tokoh pers, pengamat, dan akademisi yang menguasai bidang jurnalistik sesui kriteria penilaian dan bekerja secara profesional.

Pemenang tiap kategori akan mendapat Hadiah Rp25 Juta, trofi Anugerah Adinegoro 2021, serta piagam penghargaan dari PWI Pusat/Panitia HPN 2022.

Penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 akan diserahkan di acara puncak Hari Pers Nasional 2022 yang akan diselenggarakan di Provinsi Sulawesi Tenggara, dan disaksikan Presiden RI Joko Widodo.

(*/Aja)

Share :

Baca Juga

Dukuh Janti, Heri Sugiyarto, memfasilitasi pembaharuan Kartu Keluarga (KK) untuk Ketua RT/RW baru di Padukuhan Janti, Caturtunggal, Depok, Sleman. (Foto:Mc.Sleman)

Peristiwa

Dukuh Janti Fasilitasi Pembaharuan KK Ketua RT/RW Baru
Bimbingan Teknis Program Kesiapan Bersekolah Bagi Satuan PAUD yang digelar Disdikbud Kabupaten Magelang. (Foto:Humas/beritamagelang)

Peristiwa

PAUD Berperan Strategis Kembangkan SDM
Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto (kanan) menyerahkan hadiah kepada seorang anak pengungsi yang turut serta dalam program trauma healing di Gor Sanaman Mantikei, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (21/11/2021). (Komunikasi Kebencanaan BNPB/Danung Arifin)

Peristiwa

Pastikan Penanganan Berjalan Baik, Kepala BNPB Kunjungi Posko Pengungsi Banjir Kalteng
Bupati Dyah Hayuning Pratiwi secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2021. (Foto: Humas Purbalingga)

Peristiwa

Ribuan Bidang Tanah di Desa Banjaran Tersertifikasi
Rapat koordinasi evaluasi pasca pembatalan keberangkatan jamaah haji 1442 H/2021M. (Foto: nyatanya.com/Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kementerian Agama Tunda Keberangkatan Haji Tahun 2021, Kemenag Kota Yogya Tepis Hoax
Heroe Poerwadi. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Wakil Wali Kota Yogyakarta Tetap Produktif Meski Jalani Isoman
Menkominfo Johnny G. Plate dalam acara puncak Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021. (Foto:Biro Humas Kementerian Kominfo)

Peristiwa

Ini Dia Pemenang Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021
Ilustrasi kedatangan vaksin. Indonesia kembali menerima kedatangan vaksin Pfizer yang merupakan onasi Amerika Serikat (AS) melalui COVAX Facility. (Foto: Amiri Yandi/InfoPublik)

Peristiwa

Tahap ke-127, Vaksin Pfizer Tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta