Home / Peristiwa

Jumat, 1 Juli 2022 - 09:51 WIB

Diusianya yang ke-17 Tahun, Paksi Katon Siap Bermintra Jaga Keutuhan NKRI

Potong tumpeng menandai 17 tahun Paksi Katon. Foto: Humas Pemkot Yogya

Potong tumpeng menandai 17 tahun Paksi Katon. Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Paksi Katon terus berupaya untuk meningkatkan kemitraanya baik dengan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, pihak Kepolisian, serta dengan masyarakat.

“Di usianya yang ke-17 tahun ini Paksi Katon akan terus memperkuat kemitraanya dengan Pemerintah maupun masyarakat dalam ikut menjaga tegaknya NKRI,” ujar Ketua Umum FKPM Paksi Katon DIY, Muhammad Suhud di Ndalem Ngabean, Kamis (30/6/2022).

Suhud menjelaskan FKPM Paksi Katon merupakan organisasi kemasyarakatan yang sifatnya independen.

Kiprah positif yang sudah dilakukan di tengah masyarakat menjadikan banyak warga yang tertarik dan bergabung dengan FKPM Paksi Katon.

Suhud membeberkan sampai saat ini anggota Paksi Katon mencapai ribuan orang, agar fisik mereka terlatih, mereka rutin dilatih bela diri dan pembinaan mental.

Baca juga   Dinas Kebudayaan Berikan Penghargaan Jurnal Terbaik Sejarah Serangan Umum 1 Maret

“Anggota FKPM Paksi Katon terus digembleng dengan karakter yang berbudaya, sehingga kami selalu siap menjalankan tugas kemitraan bersama Pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat. Kita ormas independen dan tidak berada di bawah siapa-siapa,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, Paksi Katon juga akan selalu memberikan dukungan penuh secara sosiologis atas permintaan kapolri untuk menumpas musuh negara yang terbukti dan menyatakan akan mengganti dasar Negara oleh kelompok manapun.

“Melihat situasi negara yang seperti ini kami tidak tinggal diam dan kami mendukung penuh kebijaksanaan Kepolisian dan Pemerintah yang mengambil tindakan tegas kepada siapapun yang merongrong apalagi akan memecah belah NKRI, kami siap menjadi tameng,” tegasnya.

Baca juga   Tampilkan Ragam Informasi Yogya, Pemkot Soft Launching YK TV

Mewakili Penjabat Walikota, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Yogya, Budi Santosa menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian Paksi Katon yang telah membantu aparat dalam melayani dan mengayomi masyarakat.

“Tetap pertahankan budaya serta kearifan lokal Yogyakarta, hindari terjadinya perselisihan dengan ormas lain. Koordinasi dengan aparat setempat dan selalu patuh hukum yang berlaku”, pesannya.

Budi menambahkan, meski di Pemkot Yogya sudah ada aparatur keamanan tetapi bantuan dari berbagai elemen diperlukan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Keamanan masyarakat tercipta karena masyarakat itu sendiri. Mustahil tercipta tanpa bermitra. Dengan hadirnya FKPM Paksi Katon ini dapat ikut menjaga stabilitas dan keharmonisan masyarakat Kota Yogya,” katanya.

(Han/N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi M. M. menyerahkan santunan kepada ahli waris korban tragedi Kanjuruhan. Foto: MC Kab.Malang

Peristiwa

Sebanyak 70 Warga Kabupaten Malang Jadi Korban Tragedi Kanjuruhan, Bupati Serahkan Santunan dan Akta Kematian
Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X ketika melantik 64 orang Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemda DIY, Jumat (3/12/2021) di Bangsal Kepatihan Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Wagub DIY Sri Paduka Paku Alam X Lantik Pejabat Eselon III dan IV
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau salah satu titik banjir di Jalan Arteri Yos Sudarso, di atas jalan Ronggowarsito Semarang. Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Cek Banjir Rob di Semarang, Ganjar Minta Pemda Siapkan Posko Darurat Lengkap
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengahdiri perayaan Misa Natal di Holy Stadium, Kota Semarang. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ribuan Jemaat Antusias Rayakan Natal, Ganjar: Terima Kasih Bisa Tertib
Dari 17 korban, 3 orang di antaranya korban kebakaran THM (Tempat Hiburan Malam) Double O Sorong sudah teridentifikasi. Demikian Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing, S.IK.M.Si memimpin press release. (Foto: MC Kab. Sorong)

Peristiwa

Tiga Jenazah Korban Kebakaran THM Double O Sorong Teridentifikasi

Peristiwa

Dukung Program MBKM, Universitas Pasundan Jajaki Kerja Sama dengan DKV ISI Surakarta
Polda DIY gelar konferensi pers terkait kasus korupsi di RSUD Wonosari. Foto: Humas Polda DIY

Peristiwa

Korupsi di RSUD Wonosari Terbongkar, Emak-emak Palsukan Kwitansi Hingga Rp470 Juta
Pemkot Yogyakarta canangkan PKK Bangga Kencana Kesehatan. (Foto: Humas pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Canangkan PKK Bangga Kencana Kesehatan