Home / Peristiwa

Selasa, 15 Juni 2021 - 20:26 WIB

DIY Optimalkan Potensi Lansia Berdaya

Peringatan Hari Lansia ke-25 di Hotel LPP Convention Yogyakarta.(Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Peringatan Hari Lansia ke-25 di Hotel LPP Convention Yogyakarta.(Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pertambahan usia bukan berarti tidak berdaya. Lansia masih dapat berdaya sebagai subjek pembangunan di berbagai sektor. Hal ini diungkapkan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat menghadiri secara daring Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-25 pada Selasa (15/6/2021) di Hotel LPP Convention Yogyakarta.

Peringatan yang bertemakan Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga ini juga dihadiri oleh Sekda DIY, Kepala Dinas Sosial DIY, dan Ketua DPRD DIY secara luring.
“Kita perlu menciptakan lingkungan yang memungkinkan seseorang terus aktif dan sehat secara optimal baik fisik, sosial maupun psikologis dalam kehidupan sehari-hari sampai usia berapapun,” ungkap Sri Sultan.

Baca juga   Jemaat Gereja Parkir di Masjid, Bentuk Toleransi Warga Batang

Hal ini sejalan dengan konsep active aging yang dicetuskan oleh WHO. Melalui konsep ini, ditekankan pentingnya proses optimalisasi kesempatan kesehatan, partisipasi, dan keamanan untuk meningkatkan kualitas hidup seiring dengan pertambahan usia.

Menurutnya lansia merupakan tauladan hidup sekaligus cucuk lampah dalam mengarungi kehidupan sekaligus meneruskan peradaban di bumi Indonesia. Pentingnya peran lansia tersebut mendorong perlunya untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan lansia agar terus aktif dan sehat secara optimal baik fisik, sosial maupun psikologis dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menambahkan peringatan ini sekaligus bertujuan untuk mensosialisasikan Perda No. 3 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Daerah dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Lansia. “Perda lansia sudah bisa disahkan, sehingga sudah satu langkah lebih maju lagi kita di DIY dalam rangka untuk bisa menggulawetah (merawat) hal-hal yang terkait dengan lansia,” papar Baskara Aji.

Baca juga   Kecelakaan Tunggal di Ngarai Sianok, Angkot yang Disewa Belasan Mahasiswa Terbalik

Acara yang diihadiri oleh 22.000 lansia dari 39 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) secara daring itu juga disampaikan penyerahan sejumlah bantuan bagi lansia. Antara lain Bantuan Jaminan Sosial Lanjut Usia Terlantar (LUT), fasilitasi lansia melalui Home Care, Bantuan Permakanan LUT, dan bantuan sosial berupa perlengkapan kamar lanjut usia. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat rapat koordinasi pengamanan wilayah dalam rangka relokasi Pasar Weleri, di Ruang Ngesti Widdhi, Jumat (10/12/2021). (Foto: Diskominfo Kendal)

Peristiwa

Akhir Desember, Pedagang Pasar Weleri Direlokasi ke Terminal Bahurekso
Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X ketika melantik 64 orang Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemda DIY, Jumat (3/12/2021) di Bangsal Kepatihan Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Wagub DIY Sri Paduka Paku Alam X Lantik Pejabat Eselon III dan IV
BPBD Temanggung mengimbau masyarakat menunda pendakian gunung, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Temanggung. Imbauan tersebut disampaikan menyikapi cuaca ekstrem yang terjadi di Kabupaten Temanggung akhir-akhir ini. Foto: Dok.MC TMG

Peristiwa

Cuaca Ekstrem, BPBD Temanggung Imbau Masyarakat Tunda Pendakian Gunung
Desa Tempur, Kecamatan Keling, ditetapkan sebagai kampung restorasi justice dan desa sadar hukum percontohan oleh Kejaksaan Negeri Jepara, Senin (14/3/2022). (Foto: Diskominfo Jepara)

Peristiwa

Pertama di Jepara, Desa Tempur Ditetapkan sebagai Kampung Restorasi Justice
Para pengusaha Indonesia dan China menandatangani nota kesepahaman (MoU) proyek injeksi kimia dan teknologi digital untuk industri minyak dan gas di Indonesia. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Pengusaha RI-China Teken Nota Kesepahaman Proyek Kimia
Baznas Kabupaten Semarang menyalurkan bantuan kepada 17 orang pedagang durian di Kelurahan Gondoriyo, Jambu, Semarang. (Foto: Junaedi/Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Baznas Semarang Bantu Pedagang Durian Gondoriyo
Lomba Produktivitas Nelayan Gerakan Jaga Segaraku yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulon Progo. (Foto: MC.Kab.Kulon Progo)

Peristiwa

Jogo Segoroku, Puluhan Nelayan Kulon Progo Ikuti Lomba Tangkap Ikan
Gubernur Ganjar Pranowo saat mengunjungi RS di Banjarnegara. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

BOR RS Banjarnegara Tinggi, Ini Pesan Ganjar