Home / Peristiwa

Selasa, 15 Juni 2021 - 20:26 WIB

DIY Optimalkan Potensi Lansia Berdaya

Peringatan Hari Lansia ke-25 di Hotel LPP Convention Yogyakarta.(Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Peringatan Hari Lansia ke-25 di Hotel LPP Convention Yogyakarta.(Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pertambahan usia bukan berarti tidak berdaya. Lansia masih dapat berdaya sebagai subjek pembangunan di berbagai sektor. Hal ini diungkapkan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat menghadiri secara daring Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-25 pada Selasa (15/6/2021) di Hotel LPP Convention Yogyakarta.

Peringatan yang bertemakan Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga ini juga dihadiri oleh Sekda DIY, Kepala Dinas Sosial DIY, dan Ketua DPRD DIY secara luring.
“Kita perlu menciptakan lingkungan yang memungkinkan seseorang terus aktif dan sehat secara optimal baik fisik, sosial maupun psikologis dalam kehidupan sehari-hari sampai usia berapapun,” ungkap Sri Sultan.

Baca juga   Bank Indonesia Bantu 200 Tabung Oksigen untuk Surakarta

Hal ini sejalan dengan konsep active aging yang dicetuskan oleh WHO. Melalui konsep ini, ditekankan pentingnya proses optimalisasi kesempatan kesehatan, partisipasi, dan keamanan untuk meningkatkan kualitas hidup seiring dengan pertambahan usia.

Menurutnya lansia merupakan tauladan hidup sekaligus cucuk lampah dalam mengarungi kehidupan sekaligus meneruskan peradaban di bumi Indonesia. Pentingnya peran lansia tersebut mendorong perlunya untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan lansia agar terus aktif dan sehat secara optimal baik fisik, sosial maupun psikologis dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menambahkan peringatan ini sekaligus bertujuan untuk mensosialisasikan Perda No. 3 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Daerah dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Lansia. “Perda lansia sudah bisa disahkan, sehingga sudah satu langkah lebih maju lagi kita di DIY dalam rangka untuk bisa menggulawetah (merawat) hal-hal yang terkait dengan lansia,” papar Baskara Aji.

Baca juga   Damkar Magelang Semprot Abu Vulkanik Merapi di Pos Babadan

Acara yang diihadiri oleh 22.000 lansia dari 39 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) secara daring itu juga disampaikan penyerahan sejumlah bantuan bagi lansia. Antara lain Bantuan Jaminan Sosial Lanjut Usia Terlantar (LUT), fasilitasi lansia melalui Home Care, Bantuan Permakanan LUT, dan bantuan sosial berupa perlengkapan kamar lanjut usia. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani mewanti-wanti pembagian BST tetap patuhi prokes. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Sebanyak 50.802 Keluarga di Kabupaten Sukoharjo Terima BST, Ingat Prokes!
Kepala BPN Kabupaten Semarang Arya Widya Wasista saat mendampingi kunjungan kerja Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI di Bandungan. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Setelah Menunggu 21 Tahun, Ratusan Petani P3TR Bakal Miliki Sertifikat Tanah
Keberhasilan memborong enam penghargan sekaligus dalam Top Business Awards ini, merupakan hasil kerja keras dan kerjasama dari seluruh pihak yang ada di jajaran Pemkab Bantul. (Foto: Dok Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Bantul Borong 6 Penghargaan di TOP BUMD Awards 2021
Seorang petani di Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang membersihkan abu vulkanik Merapi pada daun tembakau. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Distan Pangan Antisipasi Dampak Hujan Abu Vulkanik Merapi
Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan PPKM Level 3 dan 4 Jawa-Bali bersama Menkomarves RI, Luhut Binsar Panjaitan yang digelar daring. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Pemda DIY Terus Upayakan Tambah TT Rawat Pasien Covid-19
Aparat gabungan wilayah Kecamatan Baki patroli keliling kampung-kampung melaksanakan sosialisasi pemberlakuan PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Warga Diimbau Patuhi Jam Malam Selama PPKM Darurat
Belum semua pedagang di Pasar Beringharjo membuka dagangannya, meski PPKM Level 4 diperpanjang dengan beberapa kelomnggaran. (Fot: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Meski Diizinkan Buka Kembali, Belum Semua Pedagang Pasar Berjualan
Pasien Covid-19 asal Kudus sudah dipulangkan dari Asrama Haji Donohudan Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kudus)

Peristiwa

Sudah Negatif, Semua Pasien Covid-19 Asal Kudus Dipulangkan