Home / News

Selasa, 14 September 2021 - 22:19 WIB

DIY Raih Penghargaan Opini WTP Sepuluh Kali Berturut-turut

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menghadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 secara daring pada Selasa (14/9/2021) di Ruang IDMC, didampingi Inspektur DIY Wiyos Santoso dan Kabid Akuntansi BPKA DIY Endrawati Utami.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menghadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 secara daring pada Selasa (14/9/2021) di Ruang IDMC, didampingi Inspektur DIY Wiyos Santoso dan Kabid Akuntansi BPKA DIY Endrawati Utami.

NYATANYA.COM, Yogyakarta – DIY meraih penghargaan opini WTP sebanyak 10 kali berturut-turut dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI. Penghargaan ini diberikan saat Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menghadiri rapat tersebut secara daring pada Selasa (14/9/2021) di Ruang IDMC, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Turut mendampingi, Inspektur DIY Wiyos Santoso dan Kabid Akuntansi BPKA DIY Endrawati Utami.

Dalam rapat yang mengangkat tema Bangkitkan Ekonomi Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi ini dilaksanakan peluncuran buku Mengawal Akuntabilitas, talkshow, serta pemberian penghargaan bagi Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang memperoleh opini WTP.

Penghargaan tersebut diberikan bagi yang telah memperoleh opini WTP minimal 5 kali, 10 kali, dan 15 kali. Menurut Endrawati, Pemda DIY telah memperoleh opini WTP dari BPK RI sebanyak 11 kali, yaitu untuk laporan keuangan tahun 2010-2020.

Baca juga   Tandai HUT ke-103, PDAM Tirtamarta Luncurkan AMDK 'Ayo' Tirtamarta

“Terkait dengan pelaporan keuangan tahun 2021 ini, ke depannya harapan kami opini WTP ini tetap bisa dipertahankan dengan adanya sistem informasi baru yang diterapkan oleh pemerintah. Kami BPKA DIY tetap berupaya untuk mendampingi semua OPD dengan aplikasi pendamping yang digunakan di tahun 2021,” ungkap Endrawati.

Ia menyebutkan bahwa aplikasi SIMPEL (Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan) BPKA DIY diharapkan dapat membantu tugas akuntansi dan pelaporan di semua OPD untuk penyajian laporan keuangan yang lebih baik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 telah mengakibatkan krisis kemanusiaan dan kesehatan yang mengubah kehidupan sosial ekonomi serta berimplikasi bagi keuangan negara. Pemerintah telah menetapkan Undang-undang No. 2 Tahun 2020 tentang kebijakan keuangan negara dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Baca juga   Sembuh Covid-19 DIY Kembali Bertambah 2.311 Orang

“UU no. 2 tahun 2020 menjadi landasan legal dan juga administrasi tata kelola bagi kita semuanya, pemerintah pusat dan daerah, untuk menangani pandemi Covid-19 dan dampaknya yang luar biasa. Terutama menggunakan instrumen, yaitu keuangan negara, untuk melindungi masyarakat kita dari ancaman Covid-19. Melindungi masyarakat dari ancaman krisis sosial, ekonomi dan keuangan,” terang Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga menyampaikan harapannya, ”Saya berharap seluruh Kementerian/ Lembaga untuk tidak hanya mendengar namun akan menjadi pelaku dan menjadi role model bagi teman-teman maupun bagi yang lainnya. Bagaimana kita mengelola dan menangani konflik, membantu masyarakat dan membangkitkan kembali ekonomi kita.” (*)

Share :

Baca Juga

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Kristri Widodo serta pejabat terkait meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 usia 6-12 tahun atau vaksinasi untuk anak-anak, Selasa (14/12/2021) di SD Negeri 1 Bansari. (Foto: MC.TMG)

News

Temanggung yang Pertama Vaksinasi Anak di Jawa Tengah
Foto: BPMI Setpres

News

Presiden: IKN Berkonsep Indonesia Sentris untuk Pemerataan Pembangunan
Penumpang bus di Terminal Terpadu Merak (TTM) Cilegon, Banten. (Foto: Jhon/ InfoPublik)

News

Jumlah Penumpang Arus Balik di Terminal Terpadu Merak Menurun
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan Baznas Award dan meresmikan Gerai Baznas pada Kamis (24/3/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Dekatkan Layanan Zakat Kepada Masyarakat, Baznas Buka Gerai di MPP
Mendagri M. Tito Karnavian memandu pembacaan sumpah pelantikan tiga penjabat gubernur DOB Papua di Lapangan Plaza Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat (11/11/2022). Foto: ANTARA/Tri Meilani Ameliya

News

Mendagri Lantik Tiga Pejabat Gubernur di DOB Papua, Rektor Universitas Cenderawasih Salah Satunya
Pekerja mendirikan wahana permainan saat persiapan Pasar Rakyat UMKM Soloraya di Alun-alun utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo, Jawa Tengah, Jumat (20/5/2022). Acara yang akan berlangsung selama sebulan tersebut digelar sebagai upaya pemulihan ekonomi pelaku UMKM dan pengusaha wahana hiburan pasca pandemi Covid-19. ANTARAFOTO/Maulana Surya/foc.

News

Terkendalinya Penanganan Covid-19 Jadi Faktor Pendorong Pemulihan Ekonomi
Pengetatan 3T diperlukan seiring adanya pelonggaran karena perubahan level daerah. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

PPKM Diperpanjang, 3T Perlu Terus Diterapkan
Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres 

News

Ini Empat Arahan Penting Presiden ke Bawaslu untuk Pemilu 2024