Home / News

Jumat, 10 September 2021 - 08:22 WIB

DIY Raih Predikat Terbaik I Paritrana Award 2020

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara simbolis menerima penghargaan predikat Terbaik I untuk kategori Pemerintah Provinsi Paritrana Award 2020. (Foto: Humas Pemda DIY)

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara simbolis menerima penghargaan predikat Terbaik I untuk kategori Pemerintah Provinsi Paritrana Award 2020. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY berhasil meraih predikat Terbaik I untuk kategori Pemerintah Provinsi pada Paritrana Award 2020.

Penyerahan anugerah ini dilakukan secara daring pada Kamis (9/9/2021) yang diikuti Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dari Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Usai acara penyerahan anugerah, Sri Sultan mengatakan, berhasilnya DIY menjadi daerah setingkat provinsi yang terbaik ini dikarenakan peran serta perangkat aparat terkait dan juga para pemegang polis BPJS Ketenagakerjaan di DIY.

Pada dasarnya, Pemda DIY selalu berupaya memberikan ruang kepada warga, baik UMKM maupun non ASN formal maupun informal untuk mendapatkan jaminan ketenagakerjaan.

“Pada dasarnya kita hanya memberi ruang saja, dimana kita bekerja sama dengan pemberi polis ketenagakerjaan agar semua warga memiliki jaminan ketenagakerjaan. Kami juga ikut memberikan sosialisasi supaya mereka (para pekerja) juga merasa tenang. Dan kami sendiri memberikan jaminan ketenagakerjaan bagi non ASN sebagai salah satu bentuk fasilitas,” papar Sri Sultan.

Baca juga   Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di DIY Mencapai 92,66 Persen

Untuk kategori Pemerintah Provinsi pada Paritrana Award 2020, selain DIY di peringkat Terbaik I, ada pula Papua Barat di peringkat Terbaik II dan Terbaik III diperoleh Sulawesi Utara. Penghargaan ini dihadiri secara daring pula oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, inti dari penghargaan ini ialah sebagai apresiasi kepada pihak-pihak yang bisa memberikan perlindungan ketenagakerjaan bagi para pekerja, baik sebagai pemberi kerja maupun pemerintah daerah. Menurut Aji, di DIY saat ini persentase jumlah tenaga kerja yang sudah memiliki jaminan ketenagakerjaan, cukup tinggi.

“Sudah cukup banyak yang masuk program kepesertaan jaminan ketenagakerjaan di DIY. Keberhasilan program ini juga termasuk partisipasi dari para pengusaha atau pemberi kerja, baik yang formal maupun informal. Pemda DIY dianggap sebagai salah satu pelopor yang bisa memberikan perlindungan pada pekerjaan non ASN, baik formal maupun non formal, sehingga layak mendapatkan penghargaan,” imbuhnya.

Baca juga   Merapi Muntahkan 3 Kali Awan Panas Disertai Hujan Abu

Diungkapkan Aji, memiliki jaminan ketenagakerjaan membuat para pekerja akan sangat diuntungkan, karena tidak hanya jaminan kecelakaan kerja dan meninggal dunia saja, tapi jaminan ketenagakerjaan sekarang ini juga menyangkut jaminan hari tua atau uang pensiun dan jaminan kehilangan pekerjaan.

Sementara itu, Anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, M. Aditya Warman mengatakan, penghargaan ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat produktivitas maupun perlindungan.

Penghargaan ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada usaha kecil, menengah, maupun besar, dan juga pemerintah daerah, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

“Di DIY, kita melihat ada satu keluhuran dari keteladanan para pemimpinnya. Kolaborasi keteladanan inilah yang menjadikan cerminan bagi masyarakat pekerja di Indonesia. Ini adalah salah satu prestasi tertinggi di DIY, sehingga kami mau jauh-jauh datang untuk menyaksikan langsung penyerahan apresiasi tertinggi dalam bentuk Paritrana Award,” paparnya. (*)

Share :

Baca Juga

Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Wakil Gubernur KGPAA Paku Alm X. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

News

Jatah Oksigen DIY Ditambah 47,6 Ton Setiap Hari
Presiden Jokowi menanam mangrove bersama masyarakat Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. (Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

News

Tanam Mangrove Bersama Masyarakat, Presiden: Antisipasi dan Mitigasi Perubahan Iklim
nyatanya.com

News

Hajatan dan Perpisahan Sekolah Ditiadakan
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, bersama Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar BPJamsostek dan Grab di Terminal Tirtonadi. (Foto: Humas Surakarta)

News

Vaksinasi BPJamsostek di Solo Sasar 1.500 Peserta
Ganjar Pranowo di depan Pejabat Pemkab Banjarnegara. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

News

Kunjungi Banjarnegara, Ini Pesan Ganjar pada Pejabat Pemkab
Digitalisasi UMKM jadi fokus Ganjar-Yasin genjot perekonomian rakyat. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Tiga Tahun Ganjar-Yasin Mengabdi, Digitalisasi UMKM Jadi Fokus Genjot Perekonomian Rakyat

News

Skrining Digital Melalui Aplikasi Peduli Lindungi, Butuh Sosialisasi
Ganjar Pranowo saat mengunjungi Desa Kecis, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo yang jadi klaster hajatan. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Klaster Hajatan, Satu Desa di Wonosobo Jalani Isoman