Home / Peristiwa

Sabtu, 19 Juni 2021 - 11:39 WIB

DIY Segera Miliki Lembaga Sertifikasi Profesi Khusus Budaya dan Seni

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Provinsi DIY segera memiliki lembaga sertifikasi khusus. Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) berencana segera mendirikan lembaga sertifikasi profesi khusus di DIY. Lembaga ini nantinya akan menjadi lembaga sertifikasi pertama khusus untuk segala profesi di bidang kebudayaan dan kesenian.

Hal ini diungkapkan Kepala BNSP, Kunjung Masehat usai bertemu dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Jumat (18/06) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Menurut Kunjung, lembaga sertifikasi profesi ini nantinya akan berada di Keraton Kasultanan Yogyakarta.

Baca juga   Antisipasi Gagal Panen, Tembakau Ditanam Tumpang Sari

“Pendirian lembaga ini akan kami koordinasikan bersama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY. Nantinya kita harapkan dengan adanya lembaga profesi ini berarti akan ada pengakuan yang lebih baik terhadap profesi di bidang kebudayaan dan kesenian,” ungkapnya.

Kunjung mengatakan, dalam pertemuan, Sri Sultan juga mengutarakan jika selama ini profesi di bidang kebudayaan dan kesenian seolah-olah penghargaannya masih kurang atau hanya begitu-begitu saja. Namun nantinya jika sudah tersertifikasi, para pelaku profesi kebudayaan dan kesenian ini bisa menggunakan sertifikat tersebut untuk bekerja, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Baca juga   Yaqut Center Bagikan 1.000 Paket untuk Pasien Isoman

Pihaknya bersama Pemda DIY bisa segera menyelesaikan berbagai tahapan pendirian lembaga profesi khusus ini. Jika semua lancar, ia memperkirakan tiga sampai empat bulan lagi, lembaga sertifikasi profesi ini sudah berdiri.

“Jadi, lembaga sertifikasi ini tidak hanya berlaku bagi kalangan Keraton saja, tapi juga saja itu tetapi juga untuk para mitra kerja ataupun bisa memfasilitasi berbagai lembaga kebudayaan dan kesenian lainnya. Mudah-mudahan lembaga ini bisa segera terbentuk,” imbuhnya. (*)

Share :

Baca Juga

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat mengunjungi pelaksanaan vaksin di Lapas II A Purwokerto. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Lapas di Jateng Bakal Jadi Kantong Plasma Konvalesen
Ganjar Pranowo meninjau pelaksanaan vaksinasi di Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Minat Warga Tinggi, Vaksin di Jateng Akan Ditambah
Pemkab Sragen fasilitasi penjemputan Vino dari Kutai Kalimantan Timur. (Foto: Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Kedua Ortunya Meninggal Akibat Covid-19 di Kutai, Pemkab Sragen Jemput Vino Pulang Kampung
Ganjar Pranowo melihat pelaksanaan vaksinasi massal di GOR Tenis Indor dr Soetomo Cilacap. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Kasus Covid-19 di Cilacap Sudah Landai, Ganjar Minta Jangan Lengah
Musik dan Badut persembahan mahasiswa UIN Walisongo jadi hiburan pasien Covid-19 yang jalani isolasi. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

UIN Walisongo Hibur Warga Isolasi dengan Musik dan Badut
Tim Kuasa Hukum dari Lembaga Bantuan Hukum Nyi Ageng Serang Wates Kulonprogo menunjukkan bukti surat laporan yang dilayangkan Jamil Rozi kepada Polres Purworejo. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Diancam Dibunuh dan Dipenggal Lehernya, Warga Pendukung Proyek Bendungan Bener Minta Perlindungan Kapolres Purworejo
Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono. (Foto: Humas Magelang)

Peristiwa

BPBD Kabupaten Magelang Salurkan Paket Sembako Bagi Warga Isoman
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti meresmikan Mal Pelayanan Publik di kompleks Balaikota. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Mal Pelayanan Publik, One Stop Services-nya Pemkot Yogya