Home / Peristiwa

Rabu, 29 September 2021 - 01:08 WIB

DKPPP Temanggung Sediakan 350 Vaksin Rabies Gratis

Meski jumlahnya sedikit, namun di Kabupaten Temanggung tercatat masih ada temuan kasus rabies. Vaksinasi rabies menjadi urgen dilakukan. (Foto:Diskominfo Temanggung)

Meski jumlahnya sedikit, namun di Kabupaten Temanggung tercatat masih ada temuan kasus rabies. Vaksinasi rabies menjadi urgen dilakukan. (Foto:Diskominfo Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung menyediakan 350 dosis vaksin rabies gratis bagi hewan peliharaan pada peringatan Hari Rabies Sedunia, Selasa (28/9/2021).

Kepala DKPPP Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto menyampaikan, vaksinasi rabies disediakan di dua tempat. Yakni, di Puskeswan Temanggung untuk pelayanan vaksin pada kucing, dan Puskeswan Kedu untuk pelayanan pada anjing.

Joko mengatakan, dari 350 dosis vaksin, 50 dosis di antaranya merupakan sumbangan dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) regional Jateng 3. Vaksinasi rabies dilakukan selama tiga hari, mulai Selasa (28/9/2021) sampai Kamis (30/9/2021).

“Kami berterima kasih pada teman-teman PDHI yang telah membantu sosialisasi, sehingga sasaran bisa bertambah,” katanya.

Joko menambahkan, vaksin rabies yang disediakan tersebut gratis. Namun pelayanan di klinik hewan berbayar yakni Rp180 ribu sampai Rp200 ribu per vaksin per hewan.

Baca juga   Stok Vaksin Ditambah, Jateng Terus Percepat Vaksinasi

“Kami gratiskan, semoga pecinta hewan anjing dan kucing bisa memanfaatkannya,” imbuhnya.

Hingga saat ini Kabupaten Temanggung tercatat masih ada temuan kasus rabies, meski jumlahnya sedikit. Untuk mencapai daerah bebas rabies sesuai target pemerintah, DKPPP menggencarkan vaksinasi pada hewan liar, khususnya anjing dan kucing peliharaan maupun liar.

“Vaksinasi pada anjing dan kucing liar, agar tidak menularkannya pada manusia. Desa yang menjadi sasaran yakni Kalimanggis, Getas, Ngemplak, Bandunggede, Selopampang, Bansari dan Gentingsari,” terangnya.

Dikatakan, rabies merupakan penyakit yang disebabkan virus dan penularan lewat air liur. Manusia rentan terpapar virus tersebut akibat gigitan atau cakaran hewan.

“Manusia yang terpapar virus rabies bisa mengakibatkan kematian. Kami berikan vaksin rabies pada ternak untuk perlindungan pada manusia dari dampak gigitannya,” ungkap Joko.

Baca juga   Yayasan Budha Tzu Chi Bantu 10.000 Karung Beras

Selain di Puskeswan, pihaknya juga memberikan vaksinasi di Polres untuk anjing milik Polres.

Selain pemberian vaksinasi, imbuh Joko, juga dilaksanakan edukasi terkait dengan rabies dan kesehatan hewan pada umumnya. Edukasi diberikan pada mereka yang mempunyai hewan atau kesehatan masyarakat veteriner, yakni orang-orang yang berdekatan dengan hewan.

Seorang warga, Untung Pamungkas (54) mengatakan, vaksinasi rabies sangat membantu pecinta hewan peliharaan untuk turut memelihara kesehatannya, terutama terbebas dari virus. Apalagi vaksin yang disediakan kali ini gratis, bisa menghemat Rp200 ribu untuk sekali suntik per hewan.

Ia berharap, vaksinasi dan konsultasi kesehatan hewan secara gratis bisa dilangsungkan tidak hanya sekali dalam setahun yakni pada Hari Rabies Sedunia, tetapi juga dalam berbagai event lain. (*)

Share :

Baca Juga

Wakil Bupati Grobogan Bambang Pujiyanto rapat koordinasi penanganan Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Grobogan Kembali Terapkan Sehari di Rumah Saja
Pelakasanaan vaksinasi di Desa Madu Kecamatan Mojosongo. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab.Boyolali)

Peristiwa

Warga Lereng Merapi Terima Vaksinasi Tahap Kedua
Bupati Temanggung HM Al Khadziq ajak siswa memilah sampah untuk menjaga lingkungan hidup. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

World Cleanup Day, Siswa di Temanggung Pilah Sampah
Karang Taruna Kota Yogyakarta membentuk tim pemulasaran jenazah Covid-19 khusus wanita yang bernama Srikandi Karang Taruna Jogja. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Srikandi Karang Taruna Jogja Bantu Pemulasaran Jenazah Wanita
Hewan peliharaan yang telah terdaftar untuk mengikuti vaksinasi rabies di Sleman, Kucing sebanyak 446 ekor, Anjing 51 ekor dan Kera 3 ekor. (Foto:Humas Sleman)

Peristiwa

Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemkab Sleman Gelar Vaksinasi Rabies Gratis
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM secara simbolis menyerahkan bantuan alsintan kepada kelompok tani. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Puan Maharani Bantu Alsintan Petani Sukoharjo
Harga kebutuhan pokok masyarakat di Pekalongan masih stabil. (Foto:Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Harga Kepokmas di Pekalongan Stabil
Bibit padi gulung Sri Mulyo. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Unik, Inovasi Bibit Padi Gulung Sri Mulyo