Home / Peristiwa

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 17:00 WIB

DLHK DIY Gelar Vaksinasi Massal di Tahura Bunder

Vaksinasi massal bagi masyarakat disekitar kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bunder, Gunungkidul. (Foto: Humas Pemda DIY)

Vaksinasi massal bagi masyarakat disekitar kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bunder, Gunungkidul. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Gunungkidul – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DIY dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menggelar vaksinasi massal bagi masyarakat disekitar kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bunder, Jumat (13/8/2021).

Pelaksanaan vaksinasi massal warga di Tahura Bunder, dihadiri oleh Sekda DIY yang diwakili oleh Asisten Sekretaris Daerah DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum, Sumadi, S.H., M.H., Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, Dr. Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara dalam hal ini mewakili GKR Mangkubumi, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dan pejabat terkait.

Sumadi dalam sambutannya, menyampikan informasi bahwa Berbagai upaya preventif telah ditempuh oleh pemerintah, dimana salah satunya adalah pelaksanaan vaksinasi. Vaksinasi Covid-19 adalah program dari pemerintah pusat yang pelaksanaannya didukung oleh pemerintah daerah.

“Saya mewakili Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DIY juga dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul atas kontribusinya dalam memfasilitasi vaksinasi bagi masyarakat di sekitar Tahura Bunder ini,” ungkapnya.

Baca juga   Telan Anggaran Rp84 miliar, Masjid Raya Baiturrahman Semarang Direnovasi

Sumadi juga menyebutkan, vaksinasi bisa menjadi sebuah contoh bahwa vaksinasi memang sebesar-besarnya ditujukan untuk warga massyarakat yang memenuhi persyaratan, tanpa batasan-batasan asosiatif ataupun kelompok.

Adapun Kepala DLHK DIY, Kuncoro Cahyo Aji menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi massal di Tahura Bunder bagi masyarakat di seputar daerah penyangga Hutan Alas Bunder, yakni warga Desa Gading, Desa Ngalang, Desa Nglegi, dan Desa Bunder, merupakan kegiatan vaksinasi pertama yang dilakukan oleh DLHK DIY. Kegiatan vaksinasi pemberian dosis 1 kali ini diikuti sebanyak 500 calon penerima vaksin.

“Rencana kedepannya akan dilaksanakan kegiatan serupa di 11 titik tematik hutan yang nantinya diusahakan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Tahura Bunder adalah titik lokasi yang pertama, harapannya.. selain berperan kemanusiaan untuk penanggulangan Covid-19, dan juga untuk mencoba memperkenalkan hutan kepada masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan vaksinasi massal di Tahura Bunder, kegiatan kerjasama antara Provinsi DIY, DLHK dan Dinkes DIY dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul

Baca juga   Korea Bantu Surya Panel dan Water Purifier untuk 5 Kelurahan Ini

“Saya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai disini, tetapi diharapkan ada kegitan-kegiatan lain yang bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah dengan warga masyarakat,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan informasi terkait kasus Covid-19 di Daerah Gunungkidul.

“Covid-19 di Gunungkidul masih cukup tinggi, rata-rata ada 100 yang terpapar setiap harinya, dan yang meninggal juga masih cukup tinggi sekitar 10 orang perhari, yang sembuh juga cukup tinggi diatas 200 orang, yang terkonfirmasi dan isolasi kira-kira sekitar 1.800 orang,” jelasnya.

Sunaryanta menyebutkan bahwa, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul juga tidak hanya menyelenggarakan vaksinasi di kantor-kantor, maupun di rumah-rumah, tetapi vaksinasi di Gunungkidul juga dilaksanakan ditempat-tempat seperti ini, termasuk tempat-tempat ibadah dan tempat wisata yang lainnya.

“Capaian vaksinasi di Gunungkidul sampai saat ini 35% dari 595.000. Kita akan dorong terus,” ucapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Warga Wadas yang selama ini menerima beragam ancaman mengadu ke Gubernur Jateng. (Foto: nyatanya.com/ahmad zain)

Peristiwa

Warga Wadas : “Kami Diancam Mau Dibunuh Kalo Tetap Dukung Bendungan Bener…”
Alumni 86 SMPN Cicurug dan perwakilan anak yatim dan guru pendidik berfoto bersama usai acara. (Foto: Dokumentasi 86)

Peristiwa

Angkatan 86 SMPN Cicurug Sukabumi Berbagi untuk Guru dan Anak Yatim
Hanya pasar esensial yang boleh buka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Ini Pasar di Yogya yang Tutup Selama PPKM Darurat
Paskibraka Tahun 2021 Kota Yogyakarta resmi dikukuhkan. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Besok Pagi Siap Bertugas, Paskibraka Kota Yogya Dikukuhkan
Ganjar mengecek proses pelaksanaan PTM di SMPN 13 Kota Semarang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

PTM Hari Pertama, Ganjar Minta Antrean Cuci Tangan Dibenahi
Ganjar Pranowo mendampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jendral Listyo Sigit, Menteri Kesehatan RI Budi G Sadikin, Kepala BNPB Ganip Warsito, dalam kunjungannya ke Kudus. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Dipuji Panglima TNI, Jogo Tonggo Kudus Bakal Jadi Contoh di Bangkalan Madura
Pemkab Sukoharjo mulai menyalurkan bantuan paket sembako hasil dari Gerakan ASN Peduli Sukoharjo. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Paket Sembako Bantuan ASN Sukoharjo Mulai Disalurkan
Foto: Ilustrasi/Kominfo

Peristiwa

Ribuan Pedagang Pasar Ditarget Vaksinasi Hingga Akhir Juni