Home / Peristiwa

Kamis, 30 Juni 2022 - 08:49 WIB

DLHK Riau Amankan Alat Berat Perambah Hutan di Inhu

Foto: Mediacenter Riau

Foto: Mediacenter Riau

NYATANYA.COM, Pekanbaru – Kesatuan Pemangkuan Hutan (PKH) Indragiri, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau bersama Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) dan anggota berhasil mengamankan satu unit alat berat eskavator merek Hitachi warna Orange.

Kabid Penataan dan Penataan, Mohd Fuad mengatakan, pengamanan alat berat tersebut saat Operasi Pengamanan Hutan di wilayah Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Indragiri, di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Lokasi tepatnya berada di dalam kawasan hutan berdekatan dengan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT), tepatnya di Desa Sanglap, Kecamatan Batang Cinaku, Kabupaten Inhu, Provinsi Riau.

“Operasi itu bermula dari informasi masyarakat dan media, diduga terjadi pembukaan dan perambahan kawasan hutan menggunakan alat berat di wilayah hukum KPH Indragiri,” kata Fuad, Rabu (29/6/2022).

Baca juga   KKP Hentikan Penambangan Pasir Laut Ilegal di Perairan Pulau Rapat

Atas informasi itu, lanjutnya, Kepala KPH Indragiri Wang Yusrizal berkoordinasi dengan Kepala Balai TNBT dan langsung melakukan patroli mengecek ke lapangan atas laporan tersebut.

“Ternyata benar, di lokasi petugas menemukan alat berat berupa eskavator sedang bekerja di lokasi. Karena itu, tim langsung mengamankan alat berat dan dititipkan di Kantor Resort TNBT. Sedangkan operator beserta pekerja dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Markas Polhut, Jalan Dahlia, Pekanbaru guna pemeriksaan lebih lanjut, dan untuk memperdalam proses pemeriksaan,”imbuhnya.

Ia menyatakan, saat ini proses pemeriksaan masih berlanjut, dan pihaknya akan koordinasi dengan Polda Riau melalui Koordinator Pengawasan Penyidik Pengawai Negeri Sipil (Korwas PPNS), agar proses ini sesuai prosedur KUHAP dan Juplak dan Juknis proses penyelidikan dan penyidikan.

Baca juga   Petugas Bandara Pekanbaru Amankan Sabu yang Dikemas dengan Paket Makanan

“Apalagi, sebelum penangkapan alat berat di Inhu, KPH Kuansing DLHK Riau juga telah mengamankan satu unit alat berat diduga melakukan perambahan kawasan hutan di wilayah hukum KPH Kuansing, dan saat ini sudah masuk dalam tahap penyidikan,” ujarnya.

“Atas keberhasilan ini, pimpinan mengapresiasi kepala KPH yang merupakan perpanjangan tangan Kepala DLHK, dan juga merupakan tingkat Tapak sekaligus ujung tombak DLHK Riau di daerah. Untuk itu, kami mohon dukungan masyarakat dan semua pihak yang berkomitmen dalam perlindungan, serta pengamanan kawasan hutan di Provinsi Riau,” tambahnya.

(Amn/Eyv/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Tersangka AH dihadirkan dalam konferensi pers yang digelar Polresta Yogyakarta, Kamis (15/9/2022). Foto: @polresjogja

Peristiwa

Polresta Yogyakarta Ungkap Kasus Pencabulan Anak, Pelakunya Ayah Tiri
Salah satu atraksi yang disuguhkan dalam Gelar Budaya Sleman Sembada. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Komunitas Pajero Indonesia Bersatu Gelar Budaya Sleman Sembada
Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Agus Suryo Nugroho sangat mengapresiasi penegakan operasi knalpot brong di wilayah hukum Kabupaten Temanggung. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Dirlantas Polda Jateng Apresiasi Penegakan Bebas Knalpot Brong di Temanggung
Banjir rob di Kalimas, Surabaya. (Foto: ISt/selalu.id)

Peristiwa

BMKG: Surabaya Waspada Banjir Rob!
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, saat meninjau vaksinasi di XT Square. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Kejar Target ‘Yogya Merdeka Vaksin’, Pemkot Gencarkan Vaksinasi
Foto: Ist/TBNews

Peristiwa

Ibu Rumah Tangga Pemilik Arisan Bodong di Cianjur Diciduk Polisi
Permintaan pasar jamur tiram di wilayah Magelang cukup tinggi, yakni mencapai 500 ton lebih setiap minggunya. Sedangkan produksi jamur tiram dari para petani hanya sekitar 50 kilogram per hari. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Petani Jamur Magelang Kewalahan Penuhi Permintaan Pasar
Gubernur Ganjar Pranowo saat mengunjungi RS di Banjarnegara. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

BOR RS Banjarnegara Tinggi, Ini Pesan Ganjar