Home / Peristiwa

Kamis, 30 Juni 2022 - 08:49 WIB

DLHK Riau Amankan Alat Berat Perambah Hutan di Inhu

Foto: Mediacenter Riau

Foto: Mediacenter Riau

NYATANYA.COM, Pekanbaru – Kesatuan Pemangkuan Hutan (PKH) Indragiri, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau bersama Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) dan anggota berhasil mengamankan satu unit alat berat eskavator merek Hitachi warna Orange.

Kabid Penataan dan Penataan, Mohd Fuad mengatakan, pengamanan alat berat tersebut saat Operasi Pengamanan Hutan di wilayah Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Indragiri, di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Lokasi tepatnya berada di dalam kawasan hutan berdekatan dengan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT), tepatnya di Desa Sanglap, Kecamatan Batang Cinaku, Kabupaten Inhu, Provinsi Riau.

“Operasi itu bermula dari informasi masyarakat dan media, diduga terjadi pembukaan dan perambahan kawasan hutan menggunakan alat berat di wilayah hukum KPH Indragiri,” kata Fuad, Rabu (29/6/2022).

Baca juga   Puluhan Kucing Anggora Terjebak Kebakaran Rumah Antik di Pekanbaru

Atas informasi itu, lanjutnya, Kepala KPH Indragiri Wang Yusrizal berkoordinasi dengan Kepala Balai TNBT dan langsung melakukan patroli mengecek ke lapangan atas laporan tersebut.

“Ternyata benar, di lokasi petugas menemukan alat berat berupa eskavator sedang bekerja di lokasi. Karena itu, tim langsung mengamankan alat berat dan dititipkan di Kantor Resort TNBT. Sedangkan operator beserta pekerja dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Markas Polhut, Jalan Dahlia, Pekanbaru guna pemeriksaan lebih lanjut, dan untuk memperdalam proses pemeriksaan,”imbuhnya.

Ia menyatakan, saat ini proses pemeriksaan masih berlanjut, dan pihaknya akan koordinasi dengan Polda Riau melalui Koordinator Pengawasan Penyidik Pengawai Negeri Sipil (Korwas PPNS), agar proses ini sesuai prosedur KUHAP dan Juplak dan Juknis proses penyelidikan dan penyidikan.

Baca juga   Polres Bantul Gelar Keadilan Restoratif Kasus Penggelapan Motor

“Apalagi, sebelum penangkapan alat berat di Inhu, KPH Kuansing DLHK Riau juga telah mengamankan satu unit alat berat diduga melakukan perambahan kawasan hutan di wilayah hukum KPH Kuansing, dan saat ini sudah masuk dalam tahap penyidikan,” ujarnya.

“Atas keberhasilan ini, pimpinan mengapresiasi kepala KPH yang merupakan perpanjangan tangan Kepala DLHK, dan juga merupakan tingkat Tapak sekaligus ujung tombak DLHK Riau di daerah. Untuk itu, kami mohon dukungan masyarakat dan semua pihak yang berkomitmen dalam perlindungan, serta pengamanan kawasan hutan di Provinsi Riau,” tambahnya.

(Amn/Eyv/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Driver ojek makanan yang viral mengaku korban klitih di Blimbingsari, ternyata cuma omong kosong. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Viral Driver Ojek Food Jadi Korban Klitih di Blimbingsari, Ternyata Cuma Apus-apus
Gubernur Sultra, Ali Mazi. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

Peristiwa

Cegah Covid-19 di HPN 2022, Gubernur Sultra Minta Penerapan Prokes Ketat
BPBD Kabupaten Jepara menggunakan perahu karet untuk mengevakuasi warga Donorojo yang terdampak banjir, Minggu (16/1/2022). (Foto:BPBD Kabupaten Jepara)

Peristiwa

Longsor di Jepara Tutup Akses Jalan Penghubung Medani – Kaliombo
Wamenkum HAM Edward Omar Sharif Hiariej dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X pada acara Deklarasi Lapas Bersinar di Lapas Kelas II B, Cebongan, Sleman. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Pertama di Indonesia, DIY Deklarasi Lapas Bersinar, Bersih dari Narkoba
BPBD Kabupaten Temanggung memberikan bantuan sosial bagi korban terdampak bencana. Foto: MC.TMG

Peristiwa

BPBD Temanggung Salurkan Bantuan Sosial bagi Korban Terdampak Bencana
Setiap warga yang hendak masuk, diperiksa identitasnya secara seksama. Babinsa Jogotrunan Koramil 0821/01 Lumajang Sertu Darsono Laode saat kegiatan tersebut mengatakan, bahwa penjagaan merupakan salah satu poin diantaranya mencegah terjadinya aksi pencurian, harta benda milik warga (korban). (Foto: MC Kab. Lumajang/Pendim 0821)

Peristiwa

Masuk Kawasan Terdampak Erupsi Semeru, Masyarakat Wajib Tunjukkan Identitas
Minuman khas Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Jamu Coro meraih juara kedua ketegori minuman tradisional pada Malam Anugerah Pesona Indonesia 2021. Sedangkan sentra kerajinan bedug rebana Kabupaten Demak juga menyabet juara 3 kategori destinasi belanja. (Foto:kominfo/ist)

Peristiwa

Demak Raih Dua Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2021
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi melakukan panen sayur di kebun Loh Jinawi Tegalrejo pada Kamis (21/10/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Panen Sayur Loh Jinawi Penuhi Gizi Balita Cegah Stunting