Home / Wisata

Selasa, 19 April 2022 - 20:10 WIB

Dongkrak Wisata Medis, Pasien Luar Negeri yang Berobat ke Surabaya Meningkat, Korea Tebanyak

Rumah Sakit National Hospital. (Foto: Istimewa/selalu.id)

Rumah Sakit National Hospital. (Foto: Istimewa/selalu.id)

NYATANYA.COM, SurabayaMedical Tourism atau wisata medis yang sedang digaungkan Pemerintah Kota Surabaya membuahkan hasil. Banyak pasien luar negeri mulai banyak berdatangan untuk berobat ke Surabaya.

Rumah Sakit National Hospital (NH) salah satu rumah sakit yang menjadi jujukan ekspatriat dan warga luar negeri.

Direktur RS NH, dr Azman Hakmi Lubis mengatakan bahwa rata-rata pasien berasal dari luar negeri. Mereka yang datang langsung dari negeri asalnya atau mereka yang memang tinggal disini (ekspatriat).

“Mengingat Surabaya kota terbesar kedua dengan jumlah ekspatriat terbanyak di Indonesia,” kata Azman, Selasa (19/4/2022).

Azman menyampaikan bahwa tercatat pasien luar negeri yang datang kebanyakan dari negara Korea Selatan.

“Dari mana-mana ya. Paling banyak Korea Selatan. Ada juga Jepang. Karena buka pabrik atau industrinya di Jawa Timur. Jadi berobatnya kesini,” ujar dia.

Ia menyebut kedatangan pasien asal luar negeri ini diakuinya menjadi salah satu pendongkrak wisata medis di Surabaya. Mengingat banyak perusahaan multinasional di Surabaya dan Jawa Timur.

“Selain dari Korea Selatan dan Jepang, ada juga yang dari Inggris. Mayoritas mendaftar untuk fasilitas program hamil. Apalagi kami juga bekerjasama dengan Morula IVF (klinik fertilitas),” ujarnya dikutip dari selalu.id

Baca juga   Siap Dongkrak Kunjungan Wisata, Festival Prawirotaman Digelar 27 Agustus 2022

Pasien luar negeri juga datang untuk mengikuti program bedah syaraf. Fasilitas itu menjadi salah satu keunggulan di National Hospital.

“Kami punya teknologi yang advanced dan mengutamakan pasien. Ke depannya kami akan mengembangkan medical tourism itu kami mudah-mudahan pascapandemi bisa berjalan lagi,” tegas dia.

Presiden Direktur PT Morula Indonesia, dr. Ivan menambahkan bahwa pihaknya optimistis pasien dari luar negeri dan dalam negeri akan bertumbuh semakin besar di 2022. Ivan menarget pasien yang datang dari program wisata medis ini meningkat 25 persen tiap tahunnya.

“Kerjasama bisnis yang sangat strategis, karena klinik fertilitas tidak bisa berdiri sendiri. Oleh karenanya kerjasama dengan National Hospital menjadi sebuah kunci untuk bisa saling melengkapi dan memperkuat satu sama lain,” paparnya.

Morula sendiri, kata Ivan kini berkerjasama dengan National Hospital untuk menghadirkan layanan klinik fertilitas dengan cutting edge technology untuk layanan program bayi tabung (IVF) maupun Intra Uterine Insemination (IUI).

Baca juga   Unsur Patroli Bakamla Meriahkan Festival Bunaken 2022 di Malayang Beach Walk Manado

Layanan IVF di Morula IVF Surabaya diharapkan menarik perhatian warga untuk wisata medis dengan fasilitas Pre-implantation Genetic Testing for Aneuploidy (PGT-A), Laser Assisted Hatching, ICSI, Intra-cytoplasmic Morphologically selected Sperm Injection (IMSI), Time Lapse Incubator, Embryo Freezing, Egg Freezing hingga Endometrial Receptivity Analysis (ERA).

“Pertumbuhan pasien bayi tabung di Morula IVF Surabaya mencapai 36 persen per tahunnya selama 5 tahun terakhir,” ujar dia.

Ivan mencatat terdapat 185.000 pasangan yang mengalami permasalahan infertilitas di Surabaya, dan 20 persen di antaranya adalah market premium yang mempunyai kemampuan untuk melakukan program bayi tabung.

Data terkini bahkan menggambarkan bahwa klinik Morula IVF di Surabaya memegang pangsa pasar sebesar 41,4 persen untuk wilayah Surabaya/ Jawa Timur, dengan setiap tahunnya melayani hampir 3.000 pasangan yang datang berkonsultasi ke klinik Morula IVF Surabaya.

“Serta terkonversi menjadi 750 cycles program IVF (bayi tabung) di tahun 2021 yang lalu,” pungkasnya.

(Ade/SL1/N1)

Share :

Baca Juga

Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata yang akan dibuka dalam pelaksanaan simulasi. (Foto: media_twc)

Wisata

Candi Borobudur Segera Simulasi Buka Kembali
Kabupaten Semarang Carnival 2022 digelar di Lokawisata Bukit Cinta, Banyubiru, Selasa (22/3/2022). (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Wisata

Kabupaten Semarang Carnival 2022 Tandai Kebangkitan Pariwisata
Rapat Koordinasi bersama Mitra operator seluler dan penyelenggara menara telekomunikasi (tower provider) di Yogyakarta, pada Rabu (13/7/2022). Foto: AYH/Humas Kominfo

Wisata

Operator Seluler Diajak Dukung Wajah Baru Kawasan Borobudur
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan bibit kopi pada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Ketua kampung untuk ditanam di sekitar Dermaga Cinta dan Bendung Lepen atau di pinggiran sungai Gajah Wong. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Penanaman Kopi Perkuat Citra Kampung Wisata Giwangan
Sosialisasi Sadar Wisata 5.0 di Sleman. Foto: Ist

Wisata

Sosialisasi Sadar Wisata 5.0 di 6 Desa Kabupaten Sleman, Kemenparekraf Angkat Pentingnya Identitas Keunikan Desa Wisata
Nuryanto mendapatkan penghargaan Satya Lancana Kepariwisataan dari Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Konsisten Kelola Wisata Desa, Nuryanto Raih Satya Lancana Kepariwisataan
Foto: Angkasa Pura I

Wisata

Bandara I Gusti Ngurah Rai Sambut Pembukaan Kembali Rute Perth – Bali
Ganjar Pranowo saat memberikan keterangan pers di Halaman Pendopo Soepardi Setda Kabupaten Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Ganjar: Pengelola Wisata Wajib Jaga Prokes Saat Libur Lebaran