Home / Peristiwa

Rabu, 15 September 2021 - 20:56 WIB

Dorong Peningkatan Harga Komoditas Pertanian, Gerakan ASN Beli Cabai Berlanjut

ASN di Sekretariat Daerah (Setda) dan Bappeda Litbangda antusias membeli paket sayuran dari petani. (Foto: Humas/beritamagelang)

ASN di Sekretariat Daerah (Setda) dan Bappeda Litbangda antusias membeli paket sayuran dari petani. (Foto: Humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Pemerintah Kabupaten Magelang semakin intensif membantu para petani dengan Gerakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Beli hasil panen hortikultura. Seperti dilakukan ASN di Sekretariat Daerah (Setda) dan Bappeda Litbangda yang antusias membeli paket sayuran dari petani.

Gerakan ASN Beli Cabai ini merupakan upaya Pemkab Magelang dan seluruh komponennya untuk membantu dengan membeli produk petani. Total ada 2.224 paket yang dijual dari petani selama sepekan.

Dengan gerakan ini, diharapkan bisa menyeimbangkan suplai dan demand sehingga harga komoditas yang sedang anjlok bisa naik.

“Kita membantu petani untuk memasarkan produk pertaniannya yang saat ini harganya tidak menguntungkan,” kata Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, Rabu (15/9/2021).

Adi memastikan, Gerakan ASN Beli cabai petani ini terus berlanjut hingga harga hasil panen petani membaik. Nantinya jika posisi harga membaik dan jika ada ASN yang masih membutuhkan bisa menghubungi Dinas Pertanian dan Pangan yang merupakan pembina petani Kabupaten Magelang.

Baca juga   YPSSI Berikan Santunan Mitra Ojol dan Penumpang Maxim yang Alami Kecelakaan di Jogja

“Kami membuat surat edaran agar ASN ikut membantu hasil produk petani kita,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Ade Sri Kuncoro, mengatakan sebelumnya di RSUD Muntilan, bahkan di kantor-kantor instansi vertikal seperti BPN dan Pengadilan Negeri.

“Kantor BUMD juga seperti Bank Bapas 69, Bank Jateng, bahkan BNI juga sudah dan menanyakan kapan akan mendapat giliran lagi,” katanya di sela kegiatan tersebut.

Pada hari ini, ada 340 paket sayuran yang dijual oleh petani untuk para ASN. Dalam paket tersebut ada cabai merah keriting, cabai rawit serta sejumlah sayuran lain seperti sawi, terong, buncis dan selada. Setiap paket dijual seharga Rp20.000.

Ia mengatakan sayuran tersebut dipasok oleh petani dari berbagai wilayah dataran tinggi di Kabupaten Magelang seperti Candimulyo, Dukun, Sawangan dan Ngablak. Dinas Pertanian dan Pangan bekerjasama dengan Asosiasi Pasar Tani (Aspartan) untuk penyediaan sayuran tersebut. Jenis dan jumlah sayuran yang disertakan bersama cabai itu berbeda-beda setiap harinya tergantung stok dan harga yang ada pada hari itu.

Baca juga   Ke Borobudur yuk, Icip-icip Tiwul Lava Merapi

“Sasaran utamanya adalah cabai, makanya namanya Gerakan ASN Beli Cabai. Namun, ada beberapa komoditas lain yan juga terdampak, jadi kami pilih komoditas yang harganya turun tersebut untuk dibuat paket. Satu paket harganya Rp20.000,” jelas Ade.

Ketua Kelompok Tani Kembang Sari Desa Sonorejo, Candimulyo, Trimugo mengungkapkan saat ini harga banyak komoditas pertanian sedang rendah. Di antaranya per kilogram cabai rawit Rp12.000, cabai keriting Rp11.000, sawi Rp2.250, terong ungu Rp3.500, selada Rp1.500, buncis Rp1.750 dan bahkan caisim hanya Rp500.

“Syukurlah ada gerakan ASN Beli Cabai, ini terbukti bisa menaikkan harga sayuran Rp2.000 sampai Rp3.000,” ungkapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Jogja Cross Culture berlangsung meriah di sepanjang Jalan Malioboro pada Sabtu (25/5/2024). Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Usung Tema Rikat Rakit Raket, Jogja Cross Culture 2024 Ruang Ekspresi Bersama Tampilkan Potensi Wilayah
Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan pendampingan kepada empat perempuan asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Papua. (Foto: Kemensos)

Peristiwa

Kemensos Dampingi Empat Korban Tindak Pidana Perdagangan Orang
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melantik Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta Periode 2021-2023. Dalam pengukuhan tersebut Ki Priyo Dwiarso menjadi ketua, dan Fahmi Prihantoro menjadi Wakil Ketua. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Walikota Lantik Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta Periode 2021-2023
Mentan Syahrul Yasin Limpo kedua dari kiri dan Wabup Boyolali Wahyu Irawan batik merah menanam pohon Stroberi disela-sela kunjungan kerja di Desa Giriroto Kecamatan Ngemplak. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Ngemplak Jadi Percontohan Pertanian Pekarangan Rumah Tangga
Foto: Biro Humas KLHK

Peristiwa

Lima Ekor Orang Utan Dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Raya Kalbar
Video viral dua pria menyeret anjing menggunakan motor di Badung Bali. Foto: ist/tribratanews

Peristiwa

Polisi Ungkap Alasan Sebenarnya Dua Pria di Badung Seret Anjing Menggunakan Motor
Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Banten AKBP Meryadi. Foto: Polda Banten/Tribratanews

Peristiwa

Kurir JNE Nyambi Kirim Paket Ganja Dicokok Polda Banten, Mengaku Dibayar Segini
Bupati Mojokerto saat menghadiri acara Harlah Lasbumi di Mojokerto. (Foto: dokumen)

Peristiwa

Harlah Lasbumi NU, Bupati Mojokerto Ajak Warga Lestarikan Seni Budaya