Home / Peristiwa

Kamis, 21 Oktober 2021 - 22:31 WIB

Dorong Tetap “Survive”, Puluhan UMKM Sekitar Tol Semarang-Demak Diberi Pelatihan

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro menuturkan, pelatihan tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas pelaku usaha yang berada di sekitar proyek pembangunan Tol Semarang-Demak. (Foto: Diskominfo Jateng)

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro menuturkan, pelatihan tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas pelaku usaha yang berada di sekitar proyek pembangunan Tol Semarang-Demak. (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan pelatihan pemberdayaan ekonomi masyarakat pada produk perikanan, Kamis (21/10/2021). Kegiatan bekerja sama dengan PT PII dan Dinas Perikanan Kota Semarang tersebut diikuti sebanyak 30 pelaku usaha skala UMKM, di sekitar proyek Tol Semarang-Demak.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro menuturkan, pelatihan tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas pelaku usaha yang berada di sekitar proyek pembangunan Tol Semarang-Demak.

“Kegiatan ini diikuti 30 pengolah perikanan skala kecil (UMKM), mereka berada di lokasi tanggul proyek pembangunan Tol Semarang-Demak,” ujarnya.

Baca juga   Wapres Optimis Ekosistem Halal di DIY Berkembang Pesat, Salah Satunya Dipengaruhi Ini

Para peserta, lanjut Fendiawan, akan diberikan materi pengolahan bahan baku menjadi produk berkualitas serta manajemen pemasaran baik online maupun offline. Hal itu, dimaksudkan agar para pelaku usaha yang berada di sekitar pembangunan Tol Semarang-Demak tetap eksis dan bertahan.

“Agar bisa eksis dan survive dengan adanya Tol Semarang-Demak. Dilatih pengolahan dan pemasaran online dan offline,” paparnya.

Ditambahkan, bukan pelaku usaha saja, nantinya pelatihan akan dilakukan untuk para nelayan dan pembudidaya yang berada di sekitar proyek Tol Semarang-Demak.

“Tidak hanya pengolah, tapi juga nanti nelayan dan pembudidaya tambak,” imbuh Fendiawan.

Baca juga   Warga Gantalan Sleman Keluhkan Kerasnya Suara Musik di Cafe Bawah Langit

Salah satu peserta pelatihan, Suhartono, pelaku usaha olahan Bandeng Presto mengaku, pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha untuk terus berkembang. Baik meningkatkan kualitas produk hingga pemasaran.

“Pelaku UMKM dapat berkembang dan bisa bermanfaat. Tidak berhenti di sini, alhamdulillah ada program lain untuk meningkatkan UMKM khususnya perikanan,” katanya.

Suhartono menambahkan, legalitas produksi dibantu oleh pemerintah kota dan provinsi sekaligus melakukan pendampingan.

“Dari pelatihan ini kami mendapat ilmu. Untuk produk kami sudah dipasarkan di rest area Jawa Timur sampai Jawa Barat,” tandasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Kondisi rumah warga akibat diguncang gempa dengan magnitudo (M) di atas 5,0 pada hari ini, Kamis (16/12/2021). (Foto: BPBD Maluku Barat Daya)

Peristiwa

Paska Gempa M5,6 dan M5,3, BNPB Pantau Dampaknya di Maluku Barat Daya
Pasar Jongke Solo siap direnovasi. Pasar Jongke pertama kali beroperasi pada tahun 1992. Pasar ini dikenal masyarakat Kota Solo sebagai sentra pusat buah tangan khas Kota Solo seperti beragam makanan dan camilan. (Foto: Humas Pemkot Ska)

Peristiwa

Disiapkan Anggaran Rp170 Miliar, Revitalisasi Pasar Jongke Solo Masuki DED
Foto: ANTARA

Peristiwa

Pertamina Lakukan Investigasi Ledakan Pipa Gas di Kota Prabumulih Sumsel
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

3 Mahasiswa UIN Surakarta Jadi Tersangka Pengeroyokan, Motifnya Dendam
Putra-putri Mimika yang menjadi duta ambassador PON XX Papua. (Foto: Humas PPM PB PON Papua)

Peristiwa

12 Puta-putri Mimika Jadi Duta Ambassador PON Papua
Selain Enrica dan Ahmad, para petugas upacara di Donohudan memang mengenakan pakaian sesuai protokol kesehatan, termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang menjadi inspektur upacara. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Pakai Hazmat Saat Kibarkan Bendera, Paskibraka: Jadi Tahu Beratnya Perjuangan Nakes
Sri Paduka berfoto bersama usai menerima Kepala Perwakilan BI DIY yang baru yaitu Budiharto Setiawan, Jumat (28/1/2022) di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Wagub DIY KGPAA Alam X Ajak BI Bersinergi untuk Pastikan IPM DIY Tinggi
Foto: Diskominfo Jepara

Peristiwa

PCNU Jepara Siap Rajut Harmoni, Bersama Merawat Bumi dan Membangun Peradaban