Home / Peristiwa

Kamis, 21 Oktober 2021 - 22:31 WIB

Dorong Tetap “Survive”, Puluhan UMKM Sekitar Tol Semarang-Demak Diberi Pelatihan

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro menuturkan, pelatihan tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas pelaku usaha yang berada di sekitar proyek pembangunan Tol Semarang-Demak. (Foto: Diskominfo Jateng)

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro menuturkan, pelatihan tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas pelaku usaha yang berada di sekitar proyek pembangunan Tol Semarang-Demak. (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan pelatihan pemberdayaan ekonomi masyarakat pada produk perikanan, Kamis (21/10/2021). Kegiatan bekerja sama dengan PT PII dan Dinas Perikanan Kota Semarang tersebut diikuti sebanyak 30 pelaku usaha skala UMKM, di sekitar proyek Tol Semarang-Demak.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro menuturkan, pelatihan tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas pelaku usaha yang berada di sekitar proyek pembangunan Tol Semarang-Demak.

“Kegiatan ini diikuti 30 pengolah perikanan skala kecil (UMKM), mereka berada di lokasi tanggul proyek pembangunan Tol Semarang-Demak,” ujarnya.

Baca juga   Ratusan Penyandang Disabilitas Terima Sembako Gotong Royong Covid-19

Para peserta, lanjut Fendiawan, akan diberikan materi pengolahan bahan baku menjadi produk berkualitas serta manajemen pemasaran baik online maupun offline. Hal itu, dimaksudkan agar para pelaku usaha yang berada di sekitar pembangunan Tol Semarang-Demak tetap eksis dan bertahan.

“Agar bisa eksis dan survive dengan adanya Tol Semarang-Demak. Dilatih pengolahan dan pemasaran online dan offline,” paparnya.

Ditambahkan, bukan pelaku usaha saja, nantinya pelatihan akan dilakukan untuk para nelayan dan pembudidaya yang berada di sekitar proyek Tol Semarang-Demak.

“Tidak hanya pengolah, tapi juga nanti nelayan dan pembudidaya tambak,” imbuh Fendiawan.

Baca juga   BPR MSA Gelar Webinar Nasional Peran Milenial Bangkitkan UMKM

Salah satu peserta pelatihan, Suhartono, pelaku usaha olahan Bandeng Presto mengaku, pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha untuk terus berkembang. Baik meningkatkan kualitas produk hingga pemasaran.

“Pelaku UMKM dapat berkembang dan bisa bermanfaat. Tidak berhenti di sini, alhamdulillah ada program lain untuk meningkatkan UMKM khususnya perikanan,” katanya.

Suhartono menambahkan, legalitas produksi dibantu oleh pemerintah kota dan provinsi sekaligus melakukan pendampingan.

“Dari pelatihan ini kami mendapat ilmu. Untuk produk kami sudah dipasarkan di rest area Jawa Timur sampai Jawa Barat,” tandasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto. (Foto: Diskominfo Salatiga)

Peristiwa

Pemkot Salatiga Terima Bantuan 300 Paket Sembako dari TNI AU
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming mendatangi sejumlah rumah warga di Kecamatan Banjarsari, Selasa (2/11/2021), untuk memberikan sertifikat rumah dari Program Daerah (Proda) Kota Surakarta Tahun 2020. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Datangi Rumah Warga, Gibran Serahkan Sertifikat Rumah dari Program Daerah
Logo Provinsi Jawa Tengah. (Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

MUI Jateng Ajak Umat Muslim Salat Idul Adha di Rumah, Ini Naskah Khotbahnya
Di lokasi ini operasi penyekatan dilakukan setiap hari. (Foto:nyatanya.com/Dishub Kulonprogo)

Peristiwa

Penyekatan di Perbatasan Kulon Progo, Puluhan Kendaraan Diminta Putar Balik
Pelaksanaan vaksinasi yang digelar Dekranasda Sleman. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Dekranasda Sleman Gelar Vaksinasi Bagi Pelaku IKM
Warga dua kecamatan di lereng Gunung Merapi menerima vaksinasi dosis pertama. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Dua Ribu Warga Lereng Merapi Terima Vaksinasi Pertama
Jumlah sasaran vaksinasi ibu hamil pada tahap ini sebanyak 2.674 dari total sasaran 4.756 orang. Sejak minggu lalu sudah tercapai 30 persen lebih. Vaksinasi terhadap ibu hamil ditargetkan selesai pekan depan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ibu Hamil dan Difabel Magelang Divaksin Covid-19
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani ikut melakukan penyemprotan disinfektan di pasar tradisional. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Sabtu dan Minggu Pasar di Sukoharjo Disemprot Disinfektan