Home / News

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 14:26 WIB

Dua Bank Ikut Terbakar, Jago Merah Lalap 5 Ruko di Wonosobo

Petugas berupaya memadamkan api yang membakar sejumlah ruko di Pasar Sukoharjo, Wonosobo, Kamis (30/9/2021). Tak ada korbanjiwa dalam kejadian ini. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

Petugas berupaya memadamkan api yang membakar sejumlah ruko di Pasar Sukoharjo, Wonosobo, Kamis (30/9/2021). Tak ada korbanjiwa dalam kejadian ini. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

NYATANYA.COM, Wonosobo – Jago merah melalap 5 unit ruko di di Pasar Sukoharjo, Wonosobo, Kamis (30/9/2021). Dugaan sementara, kebakaran disebabkan oleh hubungan arus pendek alias korsleting listrik di salah satu unit toko.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Wonosobo, Bambang, dalam keterangan resminya, Sabtu (2/10/2021) menjelaskan dugaan sementara, kebakaran disebabkan oleh hubungan arus pendek alias korsleting listrik di salah satu unit toko.

“Berdasarkan keterangan saksi, yang juga perangkat desa Sukoharjo, pada saat tengah melintas di depan deretan ruko, (ia) melihat asap mengepul pada sekitar pukul 06.45 WIB,” ujar Bambang.

Lebih lanjut, si jago merah sempat melalap lima unit rumah toko (ruko) di pasar tersebut, sebelum akhirnya berhasil dipadamkan oleh 12 orang petugas pemadam kebarakan (damkar) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, dengan dibantu oleh warga sekitar.

Baca juga   Masih Terus Meroket, Hari Ini DIY Tambah 1.615 Kasus Positif Covid-19

“Kami melibatkan dua Damkar, 12 personel BPBD, 2 unit tangka pemasok air, serta dibantu relawan dan warga sehingga pemadaman berjalan cukup singkat, sehingga meminimalkan potensi kerugian,” urai Bambang.

Dari hasil kalkulasi sementara, Bambang menyebut, ruko yang terbakar adalah ruko kosong milik Edi Supeno (warga Desa Banjarsari Sukoharjo), ruko sembako milik Samain Dwi R (Dusun Garung Sukoharjo), salon milik Bu Gito (Sampih Sukoharjo).

“Untuk korban jiwa tidak ada, sementara asumsi atau estimasi kerugian sampai saat ini belum dapat kita kalkulasi nilainya, namun kemungkinan berada di kisaran ratusan juta rupiah atau bisa miliar mengingat ada dua bank turut terbakar,” bebernya.

Baca juga   Ekspor Teh ke Jepang, PT Tambi Wonosobo Kantongi 1,1 Juta Dolar AS

“Akhir-akhir ini di tengah pergantian musim saya tak henti-henti berpesan untuk masyarakat agar mengantisipasi adanya hal-hal di sekeliling yang kemungkinan dapat memicu terjadinya bencana,” ujarnya.

Dijelaskan, salah satu bencana yang harus diwaspadai adalah kebakaran, seperti yang terjadi di Pasar Sukoharjo. Untuk itu masyarakat diimbau untuk bersikap lebih hati-hati dan waspada terhadap potensi-potensi bencana, terutama pada masa pergantian musim kemarau dan hujan. (*)

Share :

Baca Juga

Calon penumpang pesawat melakukan lapor diri sebelum keberangkatannya di area Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (21/9/2021). Kementerian Perhubungan menyatakan pintu masuk untuk penerbangan internasional hanya melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang dan Bandara Sam Ratulangi, Manado sebagai pencegahan penyebaran varian Mu (B.1.621) masuk ke Indonesia melalui simpul-simpul transportasi yang melayani rute internasional. (ANTARA FOTO/Fauzan/aww)

News

Menlu RI: KTT ASEAN akan Sepakati Koridor Perjalanan
Joko Widodo mbrebes mili menangis haru karena keinginannya bertemu dengan presiden yang memiliki nama sama akhirnya terwujud. (Foto: Humas Klaten)

News

Joko Widodo “Mbrebes Mili” Divaksin di Depan Presiden
Pelaku (tengah) diamankan bersama barang bukti diapit prajurit Kodim 0734/Yogyakarta. FOTO : nyatanya.com/Ahmad Zain

News

Minta Sumbangan Catut Institusi Korem 072/Pamungkas, Pensiunan ASN Ditangkap Intel Kodim Yogyakarta
Hj Etik Suryani SE MM. (Foto:nyatanya.com/Humas Sukoharjo)

News

Etik Suryani Ajak Warga Sukoharjo di Rumah Saja
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Maksimalkan Pengecekan Penumpang, DIY Minta Pusat Naikkan Kelas KKP Bandara
Seluruh biaya selama di shelter akan ditanggung Pemda DIY. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

News

Siapkan Rp95juta per 50 Orang untuk 14 Hari, Pemda DIY Sediakan 59 Shelter Isolasi
(Foto: Kemenkes)

News

Laju Vaksinasi Covid-19 Capai 2 Juta Orang Perhari
Staff Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Rakyat, Mafilindati Nur Aini menyampaikan vaksinasi ini merupakan bagian dari Program Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sleman. (Foto: MC Kab Sleman)

News

Percepat Capaian Vaksinasi Covid-19, Pemkab Sleman Gandeng PMB