Home / Kartun

Selasa, 7 September 2021 - 07:07 WIB

Dua Dunia yang Memang Beda

NYATANYA.COM, Bogor – Sui Khiong, atau lebih sering dipanggil Yongky lahir di Pangkalpinang Bangka, 23 Februari 1970. Setelah menamatkan pendidikannya di SMP Negeri 1 Pangkalpinang Bangka (1987), Yongky hijrah ke Bogor dan menyelesaikan sekolah SMA Negeri 3 Bogor (1990).

Kecintaan dan kegemaran dalam seni menggambar sejak SD, membuat semangat untuk masuk kuliah di jurusan seni rupa. Pada tahun 1990 masuk kuliah di Fakultas Seni Rupa dan Desain Jurusan Desain Grafis IKJ. Lulus tahun 1994 dan langsung bekerja di beberapa perusahaan sebagai Desain Grafis di Jakarta.

Menggambar kartun dan melukis kerap dilakukan sebagai hobi sampai sekarang. Karyanya mulai menghiasi sejumlah media cetak di tanah air dan beberapa kali terlibat pameran kartun bersama teman-teman kartunis Nasional (Pakarti).

Baca juga   Belajar on time

Selain aktif membuat kartun, gambar komik, Ilustrasi dan Doodle Art, sejak 2013 sampai sekarang, aktif mengajar gambar dan sketsa di jurusan DKV SMK Grafika MY dan mengajar di SMA Regina Pacis Bogor pada pelajaran Seni Rupa.

Karyanya juga masuk dalam buku “Indonesia Melawan Corona ala Kartunis” (2020) yang diterbitkan Pakarti bersama Graha Ilmu. Yongky juga terpilih menjadi kartunis terbaik edisi Maret “Ayo Ngartun Lawan Corona” pada portal berita online ayosemarang.com. (*)

  • Redaksi membuka kesempatan bagi kartunis untuk unjuk karya di galeri Nyatanya Kartun. Karya yang dikirim bertema bebas (bisa hitam putih atau warna) dan belum pernah pernah dimuat di media lain dan tidak mengandung SARA serta tidak melanggar kebijakan media siber.
  • Kirim karya Anda dengan resolusi terbaik, disertai biodata singkat, dan nomer rekening bank yang masih aktif ke email: redaksi.nyatanya@gmail.com
  • Semua karya yang dimuat akan mendapatkan e-sertifikat dan akan dipilih 10 karya terbaik setiap tahunnya untuk mendapatkan hadiah uang tunai dan Nyatanya Kartun Award.

Share :

Baca Juga

"Monkey", Agus widodo (2021).

Kartun

“Monkey”
"Menenteng Tas", Muhammad Nasir (2021)

Kartun

Sama Gaya, Beda Kelas
Belajar On Time, Agoes Jumianto (2019)

Kartun

Belajar on time
"Tembok Ratapan", Kartun karya Budi HP (2021)

Kartun

Tembok Ratapan
Penjarahan Hutan Ilegal (Hoooooi Jangaaaaan), Danny Yustiniadi (2021).

Kartun

Penjarahan Hutan Ilegal (Hoooooi Jangaaaaan)
Nonton Bola, Sui Khiong (Yongky) - Bogor

Kartun

Nonton Bola
Sidak Satgas Covid-19, Munadi (2021)

Kartun

Sidak Satgas Covid-19
Penerobos Lampu Merah, Supradaka (2021)

Kartun

Penerobos Lampu Merah