Home / Peristiwa

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:07 WIB

Dua Kapal Pengangkut BBM Ilegal Diamankan Satgas Intel TNI AL di Sungai Kahayan Kalteng

Foto: Dispenal

Foto: Dispenal

NYATANYA.COM, Banjarmasin – Penyebab kelangkaan BBM bersubsidi di sejumlah wilayah di Indonesia bisa jadi ulah beberapa orang yang berbuat curang.

Hal itu, telah diantisipasi oleh TNI Angkatan Laut untuk semakin ketat melakukan pengawasan kapal-kapal yang melintas di wilayah perairan Indonesia.

Sejurus dengan hal tersebut, pada Kamis (11/8/2022) pukul 14.30 WIB, Satgas Intel Dispamsanal – Mandau L.22 bekerjasama dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut Banjarmasin telah menangkap dua kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) ilegal jenis solar.

Dalam keterangan resmi Dispenal, Kedua kapal tersebut adalah KM Berkat Hidayah Putri dan KM Berkat Usaha di Sungai Kahayan Kelurahan Mambulau Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalteng pada titik koordinat 03º01’53.8″S – 114º23’26.5″ E.

Baca juga   Efektif Tangani Covid-19, DIY Raih Anugerah Tangguh Presisi

Saat dilaksanakan penangkapan, kedua kapal tersebut akan berlayar dari SPBB Hajjah Aisyah Huri menuju Desa Pujon, Kab. Kapuas dengan muatan masing masing 97 drum (+- 19 ton) solar bersubsidi.

Data sementara KM Berkat Hidayah Putri dengan nahkoda atas nama Muhammad Mansyur (28) dengan dua orang ABK dan KM Berkat Usaha dengan nahkoda atas nama Khairi (40) dengan dua ABK.

Kesalahan awal kedua kapal adalah tanda selar tidak ada, tidak memiliki DO dari Pertamina, kapal tidak standar Pertamina untuk angkutan BBM serta tidak memiliki ijin trasportir.

Baca juga   SAR TNI AL Selamatkan Kapal Thailand yang Dihantam Badai di Nipah Panjang

Dugaan BBM subsidi jenis HSD diperjualbelikan di atas ketentuan dan dikirim ke lokasi penambangan liar di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Kapuas Kalteng dengan sarana kapal kayu tanpa ijin resmi untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Saat ini kapal dilegokan dan nakoda kapal sedang dalam pemeriksaan untuk pendalaman lanjutan oleh pihak Lanal Banjarmasin.

Kesigapan personel TNI AL dalam melakukan penangkapan penyelundupan BBM ilegal ini tidak terlepas dari perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yang berulang kali ditegaskan agar seluruh unsur TNI AL melaksanakan pengamanan dan pengawasan terhadap segala bentuk pelanggaran di wilayah perairan Indonesia.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Prajurit Kopassus BKO Kodim Yogya evakuasi warga terpapar Covid ke Isoter Asrama UNY. (Foto : dokumentasi Kodim Yogya)

Peristiwa

Kopassus Evakuasi Pasien Isoman ke Isoter Asrama UNY
Petugas melakukan olah kejadian di lokasi penemuan mayat di Srandakan Bantul. (Foto: Dok. Polres Bantul)

Peristiwa

Warga Srandakan Bantul Ditemukan Meninggal di Rumahnya, Ada Bekas Luka Memar di Kepala
PT Angkasa Pura/AP I bersama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkuat sistem mitigasi bencana di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melalui pemasangan sistem penerima informasi gempa bumi dan tsunami atau Warning Receiver System (WRS) New Generation. (Foto: Angkasa Pura I)

Peristiwa

Bandara I Gusti Ngurah Rai Kini Miliki Pendeteksi Gempa dan Tsunami Generasi Terbaru
Suasana sidang seluncuran ambrol Kenpark Surabaya. Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Sidang Perdana Kasus Seluncuran Kenjeran Park Ambrol, Ini Dakwaannya
Heroe Poerwadi mengunjungi stand pameran kerajinan di Festival Prawirotaman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Festival Prawirotaman, Nyawiji Anggayuh Raosing Kautaman
Belasan bendera merah putih dikibarkan di kawasan objek wisata lereng merapi New Selo, Desa Lencoh Kecamatan Selo, Senin (1/8/2022). Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali

Peristiwa

Jelang HUT RI, Belasan Bendera Merah Putih Berkibar di Lereng Merapi
Selain terus memberikan edukasi akan pentingnya prokes, Pemkab Wonosobo juga memberikan bantuan sembako kepada warga masyarakat. (Foto: Humas Wonosobo)

Peristiwa

Pemkab Wonosobo Gencar Lakukan Edukasi Prokes Kepada Masyarakat
Polres Tangsel berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis sabu seberat 16 kg dan menangkap dua orang kurir berinisial MF dan HK yang merupakan pengantar paket sabu yang dibawa dari Malaysia masuk lewat Kepulauan Riau. Foto: Humas Polres Tangsel/Tribratanews

Peristiwa

Polres Tangsel Gagalkan Peredaran 16 Kg Sabu Asal Malaysia, Paket Diantar Lewat Kepulauan Riau