Home / Peristiwa

Kamis, 17 November 2022 - 14:42 WIB

Dua KRI Evakuasi Penumpang KM Mutiara Timur yang Terbakar di Perairan Karangasem Bali

Penumpang dan ABK KM Mutiara Timur 01 yang mengalami kebakaran di sekitar perairan Pantai Selang Bunutan Karangasem, Bali, Rabu (16/11/2022) dievakuasi. Foto: Dispenal

Penumpang dan ABK KM Mutiara Timur 01 yang mengalami kebakaran di sekitar perairan Pantai Selang Bunutan Karangasem, Bali, Rabu (16/11/2022) dievakuasi. Foto: Dispenal

NYATANYA.COM, Karangasem – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) bergerak cepat dengan mengirimkan dua Kapal Republik Indonesia (KRI) untuk mengevakuasi para penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Mutiara Timur 01 yang mengalami kebakaran di sekitar perairan Pantai Selang Bunutan Karangasem, Bali, Rabu (16/11/2022). 
 
Dua KRI Sultan Hasanudin-366 dan KRI R.E Martadinata-331 untuk membantu Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet 06 dan KAL Kadet 07 yang sedang mengevakuasi dan menyelamatkan para penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Mutiara Timur 01.
 
Penugasan dua KRI itu untuk turut serta dalam misi penyelamatan ini setelah mendapat perintah dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada Pangkoarmada II Laksda TNI TSNB Hutabarat selaku Dansatgasla PAM VVIP Presidensi G20.
 
TNI AL yang melaksanakan Pengamanan Laut meng-cover seluruh perairan Bali, untuk merespon segala kedaruratan yang utamanya mengarah pada gangguan terhadap pelaksanaan Presidensi KTT G20, dan ini adalah salah satu keberhasilan tindakan dari Satgas yang cepat dalam merespon terjadinya musibah terbakarnya KM. Mutiara 01 di selat Bali ini.
 
Kapal penumpang yang dioperasikan oleh perusahaan pelayaran Atosim Lampung Pelayaran (ALP) terbakar dalam pelayaran dari Ketapang, Banyuwangi menuju Lembar, Mataram.
 
Penyelamatan yang dilakukan para prajurit TNI AL itu berawal saat KAL Kadet 06 yang membawa Taruna AAL Tingkat 4 dalam rangka Lattek Jalayudha melaksanakan lintas laut menuju Pelabuhan Banyuwangi dan melaksanakan bekal ulang pada pukul 12.00 WITA.
 
Kemudian pada pukul 15.31 WIT, KAL Kadet 06 Passing dengan KM Mutiara Timur 1 dan menerima laporan dari Nahkoda KM Mutiara Timur 01 yang melaporkan terjadinya kebakaran terhadap kapalnya dan meminta pertolongan kepada KAL Kadet 06 untuk membantu mengevakuasi karena terjadi kebakaran akibat muatan oksigen yg terbakar.
 
Selanjutnya KAL Kadet 06 melaksanakan evakuasi penumpang KM Mutiara Timur 1 menggunakan 2 RHIB milik KAL 6 dan dibantu oleh nelayan sekitar sebelum perkuatan bantuan dari KRI Sultan Hasanudin-366 dan KRI R.E Martadinata-331. 
 
Sekitar pukul 19.00 WITA, sejumlah 250 penumpang yang berhasil dievakuasi oleh KRI R.E Martadinata-331, KAL Kadet 6, dan KAL Kadet 7 dibawa ke Banyuwangi tempat pelabuhan asal KM Mutiara Timur 1.
Sementara KRI Sultan Hasanuddin-366 berada di sekitar KM. Mutiara Timur 1 untuk mengawasi perkembangan situasi.
 
Aksi cepat yang dilakukan TNI AL ini merupakan keberhasilan Satgasla PAM VVIP Presidensi G20 dalam melaksanakan tugas pengamanan di mana seluruh unsur-unsur Satgasla mengamankan sekeliling Pulau Bali dalam sektor-sektor Patroli dengan pengamanan serta memberikan respon aksi cepat dalam keadaan darurat. 
 
Kasal juga dalam berbagai kesempatan selalu menekankan agar sesegera mungkin memberikan bantuan terhadap kesulitan rakyat dengan mengoptimalkan segala kemampuan yang dimiliki sehingga keberadaan Prajurit TNI AL dimanapun dapat bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya. 

Baca juga   Peringati Hari Jadi Kabupaten Blora, Pusaka Kyai Bisma Dikirab

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Selain dibuat para difabel yang tergabung dalam Difa Elektra Solo, tempat sampah itu merupakan hasil kreativitas dan inovasi baru. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Puji Tempat Sampah Pintar Karya Disabilitas Solo
Hasil dokumentasi visual dari pesawat nirawak/drone pada titik longsoran di hulu Talamau yang terbawa arus sungai ke hilir menuju rumah penduduk. (Foto: BPBD Kabupaten Limapuluh Kota)

Peristiwa

BMKG: Video Lumpur Bergerak Pascagempabumi Pasaman Bukan Likuifaksi
(Foto: Kemenkes)

Peristiwa

Sejumlah Karyawan Salah Satu Perusahaan di Murung Raya Kalteng Terpapar Omicron
Sepuluh orang yang diduga terlibat penganiayaan dengan menggunakan sajam jenis celurit terhadap empat remaja di Jalan Dukuh Pisangan, Tridadi, Sleman diringkus. Foto: Dok.Polres Sleman

Peristiwa

Kelompok Remaja Bacok Empat Korban Usai Kelulusan di Sleman, Begini Kronologinya
Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Berani Gundul yang Didukung Ganjar, Kumpulkan Donasi Rp280 Juta untuk Anak Penyintas Kanker
Kejagung kembali menetapkan satu orang tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas impor garam industri pada 2016 sampai dengan 2022. Foto: dok. Puspenkum

Peristiwa

Kejagung Tetapkan Tersangka Baru Korupsi Impor Garam Industri
Bupati Temanggung HM Al Khadziq meluncurkan program Masjchun Sofwan Awards (MSA) 2021. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Wujudkan Temanggung Bebas Sampah, Pemkab Luncurkan “Masjchun Sofwan Awards”
Pemusnahan barang bukti Sabu di Kantor BNNP Riau. Sebelumnya paket sabu seberat 531,5 gram terdeteksi petugas Avsec Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau berhasil mengamankan pelaku. (Foto: Mediacenter Riau)

Peristiwa

Petugas Bandara Pekanbaru Amankan Sabu yang Dikemas dengan Paket Makanan