Home / Wisata

Senin, 3 Januari 2022 - 15:24 WIB

Dua Pengunjung Pertama Candi Borobudur Dapat Apresiasi Khusus

Pengunjung pertama Candi Borobudur mendapat apresiasi dengan menanam pohon Pranajiwa di halaman Museum kapal Samudra Raksa, Sabtu (1/1/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Pengunjung pertama Candi Borobudur mendapat apresiasi dengan menanam pohon Pranajiwa di halaman Museum kapal Samudra Raksa, Sabtu (1/1/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Dua pengunjung pertama Candi Borobudur Magelang di tahun 2022, Sabtu (1/1/2022) diberi kesempatan menanam tanaman Pranajiwa di halaman Museum Samudra Raksa kawasan Candi Borobudur.

Penanaman pohon sebagai bentuk apresiasi sekaligus kampanye Go Green dari PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

Dua pengunjung yang beruntung itu masing-masing keluarga Almak Karuna Almasih asal Garut Jawa Barat dan keluarga Boyman Harefa dari Pecangaan Jepara Jateng.

Selain diberi kesempatan menanam pohon, dua keluarga itu diberi tiket gratis memberi makan gajah. Yang spesial, mereka juga diantar dari pintu masuk hingga Zona II dengan menggunakan mobil listrik gratis.

Tidak hanya itu saja, kedua keluarga ini mendapat kalungan syal (selendang) batik buatan UMKM binaan PT PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko dan juga buku-buku tentang cerita relief yang ada di Candi Borobudur.

Baca juga   Ruwatan Bumi di Borobudur, Ganjar: Tunjukkan Komitmen G20 Kembali ke Lingkungan

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Hendro Malyanto mengatakan, bentuk apresiasi bagi pengunjung pertama Candi Borobudur tersebut, sebagai salah satu upaya dari bagian promosi dalam meningkatkan pelayanan kepada pengunjung.

“Pemberian cendera mata bagi pengunjung pertama Candi Borobudur di tahun baru merupakan tradisi yang sudah sering dilakukan di awal tahun,” kata Aryono.

Namun, tahun ini hanya wisatawan nusantara yang diberi apresiasi karena wisatawan mancanegara belum ada yang berkunjung.

Aryono menerangkan, penanaman pohon Pranajiwa merupakan bagian dari kampanye Go Green yang dilakukan PT Taman Wisata Borobudur. Saat ini Taman Wisata Candi Borobudur juga sedang melakukan pembuatan kompos yang berasal dari sampah organik. Sampah itu dihasilkan dari Zona I dan Zona II Candi Borobudur.

Ia berharap, dengan pemberian apresiasi kepada pengunjung pertama di awal tahun, bisa menjadi semangat bagi manajemen untuk memberikan pelayanan destinasi wisata.

Baca juga   Sambut Pemudik, Wapres Imbau TWC Borobudur Siapkan Pelayanan Optimal

Sementara itu, Almak Karuna Almasih yang mendapat apresiasi mengaku sangat senang dan tidak menyangka terpilih sebagai wisatawan pertama di Candi Borobudur di liburan Tahun Baru 2022.

“Ini kunjungan pertama untuk anak saya, tentu apresiasi ini sangat menyenangkan dan tidak menyangka. Apalagi diberi kesempatan untuk melakukan penanaman pohon di kawasan Candi Borobudur. Ini menjadi kenangan spesial yang tidak mungkin terlupakan,” ujarnya.

Hal sama disampaikan Boyman Harefa pengunjung asal Kecamatan Pecangaan , Kabupaten Jepara. Ia senang bisa mendapat kesempatan menanam pohon di sekitar Candi Borobudur yang mengingatkan kenangannya menaman di kampung halamannya di Medan, Sumatera Utara.

Saat liburan Nataru ini, ia sengaja memilih berwisata ke Candi Borobudur karena anak-anaknya ingin melihat dari dekat Candi termegah di dunia yang sebelumnya hanya dikenal dari pelajaran di sekolah.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Wisata edukasi Taman Pintar Yogyakarta miliki beberapa alat peraga baru yang bisa dinikmati wisatawan, terutama saat libur akhir tahun. Foto: Humas Pemkot Yogya

Wisata

Ada yang Baru di Taman Pintar lho, Liburan Akhir Tahun di Yogya Makin Seru
Tempat makam para Wali yang sehari-harinya didatangi ribuan peziarah dari berbagai kota di nusantara ini masih ditutup total. (Foto:nyatanya.com/Humas Kab. Magelang)

Wisata

Makam Para Wali Gunungpring Masih Ditutup untuk Peziarah
Hotel Royal Brongto usung kearifan lokal Yogya. Foto: Ist

Wisata

Royal Brongto, Hotel Cagar Budaya yang Mengusung Kearifan Lokal Yogya Istimewa
Salah satu destinasi wisata menarik di Kabupaten Klaten. Disbudporapar Klaten terus mengintensifkan penataan kawasan pariwisata di Kota Bersinar. Hal ini sehubungan pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Klaten menjadi single destination tourism. (Foto: Diskominfo Klaten)

Wisata

Disbudporapar Klaten Matangkan Single Destination Tourism
Forum Grup Discussion (FGD) Pengembangan Event Internasional. Foto: Humas Pemkot Yogya

Wisata

Tarik Kunjungan Wisatawan, Kota Yogya Siap Kembangkan Event Berbasis Budaya
Foto: Angkasa Pura I

Wisata

Bandara I Gusti Ngurah Rai Sambut Pembukaan Kembali Rute Perth – Bali
Bupati Klaten Sri Mulyani mengecek secara langsung kelanjutan proyek revitalisasi Rowo Jombor yang dimulai kembali akhir Oktober lalu. (Foto: Diskominfo Klaten)

Wisata

Digelontor Dana Rp22,5 miliar, Revitalisasi Rawa Jombor Ditarget Rampung 2022
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Candi Borobudur, Rabu (30/3/2022). Kepala Negara juga memandang penting penyelenggaraan ajang-ajang seni budaya secara rutin di destinasi wisata Tanah Air, termasuk Candi Borobudur. (Foto: BPMI Setpres)

Wisata

Kunjungi Candi Borobudur, Presiden Ingin Ajang Seni Dirutinkan untuk Tarik Wisatawan