Home / Peristiwa

Jumat, 17 Desember 2021 - 17:46 WIB

Dua Perusahaan Ini Siap Serap Bawang Putih Hasil Panen Petani Temanggung

Petani bawang putih di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mendapat kepastian harga penjualan hasil panen tahun 2022 dari dua perusahaan, pasca kunjungan Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu yang lalu. (Foto:MC.TMG)

Petani bawang putih di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mendapat kepastian harga penjualan hasil panen tahun 2022 dari dua perusahaan, pasca kunjungan Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu yang lalu. (Foto:MC.TMG)

NYATANYA.COM, Temanggung – Petani bawang putih di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mendapat kepastian harga penjualan hasil panen tahun 2022 dari dua perusahaan, pasca kunjungan Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

Ketua Kelompok Tani Arga Prana Jaya Desa Balesari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung Siswanto, Jumat (17/12/2021) mengatakan, dua perusahaan tersebut yakni PT Brebes Bumi Indonesia dan PT Prima Kontainer Utama, yang sepakati harga bawang putih Rp25.000 ribu per kilo untuk panen pada Januari-Maret 2022 mendatang.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pak Jokowi kemarin dan respon cepat dari Kementerian Perdagangan yang langsung menanggapi keluhan petani tentang harga bawang putih dengan mendatangkan pembeli, karena pada panen tahun ini harganya turun, yang dipicu oleh masuknya impor bawang putih pada saat panen,” katanya.

Siswanto mengatakan, dengan nilai kontrak pembelian harga Rp25.000 per kilogram tersebut sudah menguntungkan para petani. Selain itu, dengan adanya kontrak pembelian ini, maka ada kepastian harga saat panen nanti.

Baca juga   Rangkaian Hari Bhayangkara ke-77, Polres Temanggung Gelar Baksos KB Bhayangkara

“Dua perusahaan itu masing-masing akan membeli bawang putih dari Kelompok Tani Sejahtera IV Desa Mranggen Kidul, Kecamatan Bansari sebanyak 50 ton dan dari Kelompok Tani Arga Pranajaya juga 50 ton, dengan adanya kontrak pembelian sebanyak 100 ton dari dua perusahaan tersebut sudah sangat membantu kami, karena hasil panen nanti juga dibeli pengusaha yang lain dan sebagian untuk benih,” imbuhnya.

Ia berharap, perusahaan maupun importir yang lain juga ikut melakukan pembelian di kelompok-kelompok tani di daerah Bansari khususnya dan Temanggung pada umumnya. Karena pada musim tanam tahun ini luasan lahan Kelompok Tani Sejahtera IV Desa Mranggen Kidul dan Kelompok Tani Arga Pranajaya Desa Balesari diperkirakan menghasilkan bawang putih sebanyak 400 ton.

“Kabupaten Temanggung ini merupakan salah satu lumbung untuk bawang putih lokal. Mudah-mudahan selain dari off taker, pengusaha yang lain ikut menyukseskan kegiatan para petani agar mendapatkan hasil yang lebih baik,” katanya.

Baca juga   Pemprov Jateng Dorong Siswa Jalani Vaksinasi

Manajer operasional PT Brebes Bumi Indonesia, Ifan Arif mengatakan, pihaknya sudah memberikan uang tanda jadi sebesar Rp100 juta terkait penyerapan bawang putih sebanyak 50 ton dengan Kelompok Tani Sejahtera 4 Desa Mranggen Kidul.

“Kami sedang menyusun perjanjian kerja sama dari hasil panen kelompok tani di Desa Mranggen Kidul tersebut. Kami selaku pengusaha dan juga importir melakukan pembelian bawang putih petani untuk panen Januari-Maret 2022 sebanyak 50 ton,” katanya.

Sementara itu, di tempat yang sama Manajer PT Prima Kontainer Utama, Ali Masdukin menyampaikan, pihaknya siap membeli hasil panen Kelompok Tani Arga Pranajaya sebanyak 50 ton.

“Kami berkomitmen akan menjaga petani dari kelesuan pada tahun-tahun lalu, juga untuk menyukseskan program food estate dari pemerintah,” tandasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Warga keturunan Tionghoa di Blora melaksanakan sembayang dan doa bersama di Klenteng Hok Tik Bio Blora, Selasa (15/2/2022) malam. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Sembahyang Cap Go Meh, Mohon kepada Tuhan Supaya Covid-19 Segera Berakhir
Dishub Kota Yogya bekerjasama dengan Dishub DIY, dan Polresta Yogyakarta melalukan operasi tertib lalu lintas dengan sasaran armada angkutan umum. Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Ratusan Angkutan Umum Terjaring Operasi Dishub Yogya, Belasan Diantaranya Terbukti Melanggar
Ganjar Pranowo meninjau pelaksanaan vaksinasi di Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Minat Warga Tinggi, Vaksin di Jateng Akan Ditambah
Vaksinasi yang digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

PCNU Klaten Vaksinasi 1.000 Warganya
Presiden Arema FC yang juga Juragan 99, Gilang Widya Pratama. Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Siap Terima Sanksi, Gilang Juragan 99: Saya Tidak Cari Uang di Arema
SAR Ditpolairud Polda DIY beserta SAR Gabungan berhasil menemukan SRY (30) dalam keadaan meninggal, Rabu 22 Juni 2022. Foto: Instagram @poldajogja

Peristiwa

Pria yang Ajak Istri dan Anak Terjun Kali Opak Ditemukan Meninggal
Bupati Jepara Dian Kristiandi pada kegiatan pembinaan mental ASN di lingkungan Pemkab Jepara, di SMP Negeri 1 Pecangaan, Selasa (15/2/2022). (Foto; MC Kab.Jepara)

Peristiwa

ASN Jepara Diminta Lebih Peka Terhadap Lingkungan Sekitar
KN Singa Laut-402 Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamal RI) mengusir kapal Marshall Islands yang melakukan anomali di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II di perairan Kalimantan Bagian Utara, Kamis (30/6/2022). Foto: Humas Bakamla

Peristiwa

Bakamla RI Usir Kapal Marshall Islands dari Alur Laut Kepulauan Indonesia