Home / News

Rabu, 26 Juni 2024 - 17:09 WIB

Dua Tersangka Penyelundupan Narkoba Asal Malaysia Ditangkap

Barang bukti narkoba jenis sabu disita petugas. Dua tersangka masing-masing berinisial I (41) dan M (32) diamankan. (Polda Aceh)

Barang bukti narkoba jenis sabu disita petugas. Dua tersangka masing-masing berinisial I (41) dan M (32) diamankan. (Polda Aceh)

NYATANYA.COM, Aceh – Tim penyidik Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Aceh membongkar jaringan narkoba jenis sabu asal Malaysia. Dua orang tersangka ditangkap, masing-masing berinisial I (41) dan M (32).

Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Aceh AKBP Riki Kurniawan. Riki Kurnia mengatakan, para tersangka mengaku sabu ini memang diselundupkan melalui Selat Malaka ke perairan Aceh Timur.

Informasi penyelundupan pun sampai ke penyidik mengenai adanya satu unit kapal nelayan jenis boat di jalur yang digunakan sindikat narkoba internasional keluar dari Kuala Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur menuju perairan Malaysia untuk menjemput narkoba dalam jumlah besar.

“Selanjutnya Tim Opsnal Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Aceh bekerja sama dengan Direktorat Interdiksi Narkotika DJBC pusat, Kanwil DJBC Aceh, KPPBC TMP C Langsa, Satgas Patroli laut BC 30002 dan BC 15030 melakukan konsolidasi dan menentukan skema operasi berupa patroli laut pada Selasa, 12 juni 2024 sekitar pukul 20.30 WIB,” ujar Wadir Resnarkoba Polda Aceh, Rabu (26/6/24).

Baca juga   Pertamina Ungkap Hasil Investigasi Kebakaran Kilang Balongan

Kemudian, pada 14 juni 2024 pukul 10.30 WIB, tim gabungan menggunakan kapal patroli keluar dari dermaga Kuala Langsa menuju sektor sesuai dengan hasil ploting untuk melakukan ronda laut.

Lalu, pada 15 juni 2024 sekitar pukul 01.00 WIB, kapal target jenis boat jalur terpantau oleh speedboat di sekitaran perairan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Saat dilakukan pengejaran, awak kapal target yang berjumlah tiga orang berupaya melarikan diri dengan cara melompat ke laut.

Baca juga   RM Bakso Pak Granat Mungkid Akhirnya Ditutup Permanen, Ini Alasannya

Setelah kapal berhasil ditangkap, tim menjalankan SOP SAR laut dan berhasil menemukan satu orang awak kapal atas nama Ilyas yang berperan sebagai tekong/pawang boat.

Akhirnya, ditemukan barang diduga narkotika jenis sabu sebanyak 9 karung.

“Dari sembilan karung berisikan 180 (kg) bungkus narkotika jenis methampethamine,” jelasnya.

Sementara itu, tim penyidik yang bertugas di darat berhasil menangkap satu orang lainnya yang berperan sebagai pengendali berinisial M.

Para tersangka kemudian disangkakan pasal 114 ayat (2) sub pasal 112 ayat (2) juncto, sub pasal 115 ayat (2) dan pasal 132 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara paling lama 20 tahun, penjara seumur hidup atau hukuman mati. (N1)

Share :

Baca Juga

Andika Pandu Puragabaya Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Gerindra sosialisasikan 4 Pilar. FOTO : nyatanya.com/istimewa .

News

Gelar Sosialisasi 4 Pilar di Ngaglik, Andika Pandu Ajak Warga Menjaga Persatuan dan Kesatuan
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww

News

Foto: Dampak Gempa di Pasaman Barat
Pencarian korban APG Gunung Semeru terus dilakukan oleh Tim SAR BPBD dan para relawan. Sampai saat ini sudah ada 22 korban meninggal dunia dan 54 korban luka yang sudah mendapatkan perawatan di sejumlah fasilitas kesehatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (Foto: MC Kab. Lumajang/Fd)

News

Proses Pencarian Korban Erupsi Semeru Terus Dilakukan, Meninggal Jadi 22 Orang
BPBD Kabupaten Wonosobo bersama warga membantu proses evakuasi tanah sawah yang longsor hingga mengakibatkan terputusnya saluran irigasi. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

News

Tak Ada Korban Jiwa, Sawah Setinggi 250 Meter Longsor di Wonosobo
Bupati Lumajang Thoriqul Haq, menetapkan status tanggap darurat bencana dampak awan panas dan guguran Gunung Semeru selama 30 hari terhitung mulai 4 Desember 2021 sampai dengan 3 Januari 2022. (Foto: dok. Diskominfo Lumajang)

News

Bupati Lumajang Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Semeru
Mensos Risma dalam kunjungan kerja di Desa Bantaran, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Senin (21/2/2022). (Foto: ANTARA)

News

Mensos: Penyaluran Bansos Tuntas dalam Tiga Hari
Shireen Abu Aqla. (Foto: Ist/BBC News Indonesia)

News

Siapa Shireen Abu Aqla? Jurnalis Palestina yang Ditembak Saat Meliput Penyerbuan Israel
Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Fiumicino, Roma, Italia, pada Jumat (29/10/2021), sekira pukul 17.25 waktu setempat. (Foto: Tankapam Layar Akun Youtube Setpres)

News

Menggunakan Garuda Indonesia GIA-1, Jokowi Tiba di Italia Hadiri KTT G20