Home / Peristiwa

Jumat, 29 Oktober 2021 - 13:46 WIB

Dua Titik Longsor yang Menutup Akses Desa di Lereng Sumbing Sudah Dibersihkan

Warga setempat bersama personil BPBD, TNI Polri Satpol PP dan relawan membersihkan longsoran tanah yang menutup akses jalan desa. (Foto: Humas/beritamagelang)

Warga setempat bersama personil BPBD, TNI Polri Satpol PP dan relawan membersihkan longsoran tanah yang menutup akses jalan desa. (Foto: Humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Hujan deras yang turun pada Rabu (27/10/2021) menyebabkan tanah longsor di dua lokasi yakni Dusun Mranggen, Desa Banjar Sedayu dan Dusun Tinjumoyo, Desa Umbulsari Kecamatan Windusari, yang merupakan akses penghubung lereng Gunung Sumbing Kabupaten Magelang.

Tanah longsor yang terjadi di Dusun Tinjumoyo menutup akses jalan alternatif Windusari dan Temanggung melalui Kecamatan Selopampang. Akibatnya, para pengguna jalan tersebut tidak bisa melintas jalan tersebut.

Para pengguna jalan dari arah Windusari, Kabupaten Magelang menuju Temanggung atau sebaliknya, harus memutar arah dan melewati jalan yang lebih jauh.

“Tanah longsor tersebut akibat hujan deras yang terjadi pada Rabu (27/10) sekitar pukul 16.30 WIB,” kata Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Windusari, Sersan Dua Wawan, Kamis (28/10/2021).

Baca juga   Antropolog Unair: Anak Perempuan dalam Budaya Jawa Memang Harus Wani Ditata

Wawan mengatakan, longsoran tanah yang menimbun badan jalan tersebut, berasal dari sebuah lahan sawah dengan tinggi sekitar dua meter dan panjang sekitar 15 meter.

Menurutnya, sebenarnya longsoran tanah tersebut sudah berhasil dikeruk oleh warga setempat Rabu sore kemarin. Tetapi karena hujan terus mengguyur kawasan tersebut, mengakibatkan longsoran terjadi lagi.

Pada Kamis (28/10/2021) pagi, masyarakat setempat dibantu personil BPBD Kabupaten Magelang kembali membersihkan longsoran.

Sementara itu, tanah longsor yang terjadi di Desa Banjar Sedayu menutup akses jalan ke Dusun Mranggen. Selain itu, juga menyebabkan satu tiang listrik roboh.

Baca juga   Pemkot Surakarta Terima Bantuan 1.000 Paket Telur dan Ayam

“Kejadian tanah longsor di Desa Banjar Sedayu selain menutup akses jalan menuju Dusun Mranggen dan menyebabkan satu tiang listrik roboh,” kata Bhabinkamtibmas Polsek Windusari, Bripka Arif Setyo Bintoro.

Ia menambahkan, akibat robohnya tiang listrik tersebut menyebabkan listrik di dusun padam sejak Rabu malam, dan baru menyala pada Kamis (28/10/2021) dini hari.

Sementara proses pembersihan material langsung dilakukan oleh warga setempat bersama personil BPBD, TNI Polri Satpol PP dan relawan. (*)

Share :

Baca Juga

Pemkab Sukoharjo mulai menyalurkan bantuan paket sembako hasil dari Gerakan ASN Peduli Sukoharjo. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Paket Sembako Bantuan ASN Sukoharjo Mulai Disalurkan
Sabrina Kharisanti, Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Locals Unit Angkringan Jogja Citymewah, Berdayakan UMKM Kuliner di Yogya
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM kembali memantau pelaksnaaan vaksinasi yang digelar Kodim di Graha PGRI. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Jangan Abai, Jangan Lalai, Pakai Masker Harga Mati!
Bantuan yang diserahkan merupakan bagian dukungan Baznas dalam penanganan Covid-19 yang dampaknya masih dirasakan masyarakat Klaten. (Foto: Humas Pemkab Klaten)

Peristiwa

Baznas Klaten Serahkan Bantuan Logistik Penanganan Covid-19
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat menilik kegiatan yang digagas warga RW 07 Kampung Ratmakan, Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Peringati Hari Anak Sedunia, Kampung Ratmakan Gelar Ragam Acara
Wakil walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Jamin Ketersediaan Vaksin untuk Warga Yogya
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam sebuah kesempatan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Semarang)

Peristiwa

Hendrar Prihadi: Jangan Timbulkan Kerumunan pada Penyembelihan Hewan Kurban
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo secara simbolis menyerahkan bantuan kepada anak yatim piatu korban Covid-19. (Foto:Humas Sleman)

Peristiwa

Kemensos Serahkan Bantuan Nutrisi untuk Anak Korban Covid-19 di Sleman