Home / Peristiwa

Selasa, 5 Oktober 2021 - 09:10 WIB

Dukuh Janti Fasilitasi Pembaharuan KK Ketua RT/RW Baru

Dukuh Janti, Heri Sugiyarto, memfasilitasi pembaharuan Kartu Keluarga (KK) untuk Ketua RT/RW baru di Padukuhan Janti, Caturtunggal, Depok, Sleman.
(Foto:Mc.Sleman)

Dukuh Janti, Heri Sugiyarto, memfasilitasi pembaharuan Kartu Keluarga (KK) untuk Ketua RT/RW baru di Padukuhan Janti, Caturtunggal, Depok, Sleman. (Foto:Mc.Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Dalam rangka mendukung Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA), Dukuh Janti, Heri Sugiyarto, memfasilitasi pembaharuan Kartu Keluarga (KK) untuk Ketua RT/RW baru di Padukuhan Janti, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Selain memfokuskan pada keberlanjutan serta kesinambungan program fisik dan non fisik di Padukuhan Janti, Heri juga melakukan inisiatif dibidang adminduk dengan memprogramkan pembaharuan Kartu Keluarga lama yang masih bertanda tangan Kepala Dinas Dukcapil dengan stempel basah menjadi Kartu Keluarga baru yang telah bertanda tangan elektronik dengan QR Code.

“Permohonan pembaharuan Kartu Keluarga ini kami komunikasikan dengan Kalurahan Caturtunggal untuk ditindaklanjuti pengurusan secara kolektif di Kapanewon Depok,”ujarnya.

Ia juga menargetkan seluruh Ketua RT/RW se-Padukuhan Janti semuanya sudah memperbarui KK dengan tanda tangan elektronik.

Baca juga   Team Kubur Cepat Kricak Makamkan Warga Terpapar Covid-19 Pukul 22.30 Wib

“Minimal ketua RT/RW di Padukuhan Janti telah memiliki dokumen kependudukan dalam hal ini Kartu Keluarga yang telah bertanda tangan elektronik, jadi ketika ada masyarakat yang ingin memperbaharui Kartu Keluarga, Ketua RT/RW dapat menjelaskan mengenai aturan dan mekanisme kepengurusannya sesuai dengan prosedur yang ada,”imbuhnya.

Secara tidak langsung, hal tersebut merupakan upaya dalam meneruskan Sosialisasi Adminduk dari Pemerintah Kalurahan Caturtunggal pada Juni 2021 lalu perihal dokumen kependudukan yang telah bertanda tangan elektronik seperti KK dan akta pencatatan sipil dicetak dengan HVS A4 80 gram.

Selain itu, untuk mengetahui keabsahan atau kevalidan data, bisa dilakukan dengan memindai menggunakan QR scanner serta dokumen kependudukan dan pencatatan sipil dengan tanda tangan elektronik, tidak perlu dilegalisir sesuai dengan Permendagri Nomor 104 Tahun 2019.

Baca juga   Sepuluh Desa dan Kelurahan di Jateng ini Bersih Narkoba

Suwarsa, Ketua RT 06 Padukuhan Janti yang baru, mengapresiasi program pembaharuan Kartu Keluarga yang dilakukan Dukuh Janti.

“Sebagai Ketua RT yang baru, kami baru tahu ternyata kini Kartu Keluarga dicetak menggunakan kertas HVS A4 80 gram dan ada tandatangan elektroniknya,” diakuinya.

Sebelumnya pada 9 September 2021 lalu, telah dilakukan penyerahan SK Lurah serta serah terima jabatan Ketua RT dan RW se-Padukuhan Janti. Dalam kesempatan tersebut sebanyak 13 Ketua RT dan 6 Ketua RW se-Padukuhan Janti melakukan serah terima jabatan ketua dan pengurus RT/RW lama ke pengurus baru periode 2021-2026. (*)

Share :

Baca Juga

Hukuman fisik seperti push-up diberikan agar muncul efek jera. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Tertangkap Basah Tengah Malam Tak Bermasker, 2 Pemuda Dihukum Push Up
Sebanyak 40 orang perajin batik se-Kabupaten Temanggung mengikuti uji kompetensi batik, khususnya batik cap. (Foto: MC Temanggung)

Peristiwa

Puluhan Perajin Batik Temanggung Ikuti Uji Kompetensi
Warga Pekalongan terdampak Covid-19 mulai peroleh bantuan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Ratusan Paket Bantuan untuk Warga Pekalongan Disalurkan
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengunjungi pasar pagi Ir Soekarno, memantau pelaksanaan protokol kesehatan. (Foto: Humas Sukoharjo)

Peristiwa

Pasar Ir Soekarno Jadi Percontohan Prokes, Pasar Lain Menyusul
Ganjar Pranowo nampak santai menikmati bekal makan siang yang sudah disiapkan istrinya dari rumah. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Tak Mampir di Warung, Ganjar Pilih Makan Bekal di Parkiran
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melihat salah satu batik karya perajin batik Sleman yang dipajang di acara Gebyar Batik Sleman 2021. (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

Gebyar Batik Sleman, Bangkitkan Ekonomi Perajin di Tengah Pandemi
BPJamsostek Cabang Batang menyerahkan santunan kematian RT. Kepala BPJamsostek Cabang Batang Bambang Indriyanto mengatakan, bahwa kegiatan hari ini untuk penyaluran santunan kematian dari tahun 2019 sampai tahun 2021 total Rp2,1 miliar. (Foto:MC Batang)

Peristiwa

BPJamsostek Batang Salurkan Santunan Kematian RT Rp2,1 Miliar
Bupati Grobogan Sri Sumarni saat melakukan monitoring pelaksanaan PPKM Darurat di Kecamatan Gubug. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Masyarakat Grobogan Jangan Putus Asa, Ada Apa?