Home / News

Jumat, 22 Oktober 2021 - 22:05 WIB

Dukung Penataan Hulu Sungai Progo, Temanggung Siap Fasilitasi Lahan

Rakor pembahasan penyusunan konsep penanganan terpadu hulu Sungai Progo, yang diselenggarakan Kementerian PUPR Ditjen Sumber Daya Air Balai Besar Sungai Wilayah (SDA BBSW) Serayu Opak. (Foto: MC Temanggung)

Rakor pembahasan penyusunan konsep penanganan terpadu hulu Sungai Progo, yang diselenggarakan Kementerian PUPR Ditjen Sumber Daya Air Balai Besar Sungai Wilayah (SDA BBSW) Serayu Opak. (Foto: MC Temanggung)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kabupaten Temanggung mendukung rencana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam penataan hulu Sungai Progo, yang rencananya dimulai 2022 mendatang.

Penataan tersebut dapat menyelamatkan daerah aliran Sungai Progo yang kondisinya terus menurun, serta potensi wisata di hulu Sungai Progo, salah satunya Umbul Jumprit.

Dukungan tersebut disampaikan Sekda Kabupaten Temanggung Hary Agung Prabowo, dalam Rakor pembahasan penyusunan konsep penanganan terpadu hulu Sungai Progo, yang diselenggarakan Kementerian PUPR Ditjen Sumber Daya Air Balai Besar Sungai Wilayah (SDA BBSW) Serayu Opak, Yogyakarta, Kamis (21/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda mengatakan, program itu penting sebagai upaya konservasi, pemulihan lahan, dan juga kualitas air.

Baca juga   Asyikkk, Taman Pintar Yogya Siap Dibuka Lur

“Pada prinsipnya proses penanganan Sungai Progo ini merupakan konsep yang terintegrasi semuanya. Bagaimana dalam konservasi, pemulihan lahan, dan sebagainya, yang kemudian konsep tersebut digabungkan dengan pariwisata,” terangnya.

Hary berharap konsep tersebut benar-benar direalisasikan pada tahun depan.

”Jika ini bisa terealisasi, tentunya akan muncul kawasan wisata di hulu Sungai Progo, salah satunya Umbul Jumprit,” harapnya.

Terkait penataan Umbul Jumprit, ia akan memastikan fasilitasi lahan bersama pihak Perhutani Kedu. Sedangkan untuk kawasan terpadu di umbul tersebut, akan dilakukan kerja sama dengan pihak desa dan pemilik lahan.

“Kita akan melakukan MoU dengan Perhutani di umbulnya. Untuk kawasan terpadunya dengan pihak desa dan juga pemilik lahan,” terangnya.

Baca juga   Ahat Debut Mini Album "Hari"

Sementara itu, salah satu narasumber kegiatan, Prof Wiendu Nuryanti mengatakan, Umbul Jumprit mempunyai potensi yang cukup besar sebagai hulu Sungai Progo. Selain itu, memiliki potensi budaya dan religi. Potensi-potensi tersebut hendaknya bisa dikembangkan dan dilestarikan.

“Namun pelestarian tersebut hendaknya harus tetap memperhatikan kondisi alam, dan harus mampu meningkatkan kesejahteraan warga sekitar,” terangnya.

Prof Wiendu berpendapat, Umbul Jumprit memungkinkan dikembangkan menjadi objek wisata unggulan di Kabupaten Temanggung.

”Umbul tersebut mempunyai daya tarik, khususnya di sumber mata airnya. Sehingga bisa ditata ulang agar lebih menarik, namun tidak merusak alam,“ pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko, didampingi Kasubdit II Ditresnarkoba Kompol James, saat merilis hasil ungkap Narkotika jenis Sabu jaringan Malaysia. (Foto: MC Prov Jatim)

News

Polda Jatim Tangkap Pengedar Sabu Jaringan Malaysia
Komitmen bisnis dan investasi menjadi salah satu bahasan saat Presiden Jokowi bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Istana Al-Shatie, Abu Dhabi. (Foto: BPMI)

News

Indonesia-PEA Hasilkan Komitmen Senilai 32,7 Miliar Dolar Amerika
AKBP Mochammad Sajarod Zakun saat arahan Apel Jam Pimpinan di halaman Mapolres Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Kapolres Magelang AKBP Sajarod Dorong Peningkatan Layanan Masyarakat
Presiden Jokowi menandatangani prasasti peresmian Terminal Baru Bandar Udara (Bandara) Mopah, Merauke. (Foto:MC.Merauke)

News

Presiden Resmikan Terminal Baru Bandara Mopah
Warga bergotong royong membersihkan rumah yang roboh akibat longsor di Temanggung. (Foto: MCTEMANGGUNG)

News

Hujan Deras di Temanggung, Rumah Kholiq Hidayat Roboh
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Warga Boyolali Dilarang Gelar Hajatan, yang Sudah Terlanjur Dapat Izin Dicabut
Sebagai upaya meningkatkan nilai dan kualitas produknya makin sesuai dengan standar internasional dan ramah lingkungan, PT Kilang Pertamina Indonesia akan memproduksi bahan bakar minyak (BBM) dan produk petrokimia berstandar Euro V. (Foto: PT Pertamina)

News

Pertamina Akan Produksi BBM dan Produk Petrokimia Berstandar Euro V
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

News

Anak–anak di Klaten Mulai Terpapar Covid-19, Ini Faktanya