Home / News

Senin, 12 September 2022 - 10:58 WIB

Dukung Prioritas Gubernur DIY 2022-2027, Dr.R. Stevanus: Perda Jogja Smart Province di Butuhkan DIY

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dalam pidato visi, misi dan program Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta 2022-2027 akan memprioritaskan tentang pengembangan Kawasan selatan, reformasi kelurahan dan kalurahan serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ( teknologi digital ).

Dr. R. Stevanus C. Handoko S.Kom., MM. anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia yang memiliki pengalaman sebagai praktisi lebih dari belasan tahun diperusahaan teknologi informasi dan komunikasi serta juga sebagai akademisi ini sangat mengapresiasi apa yang menjadi visi, misi dan program Gubernur DIY diperiode selanjutnya 2022-2027.

“Kondisi saat ini, perlu ada terobosan untuk meningkatkan pelayanan yang prima di kelurahan dan kalurahan. Sebagai ujung tombak pelayanan, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu strategi menuju kearah sana yang sudah tepat,” ujar Stevanus.

“Kondisi structure, infrastruktur, suprastructure, digital ecosystem hingga integrated management systems di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) perlu dipersiapkan dengan mantang untuk mendukung apa yang diharapkan Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk mensejahterakan warga DIY secara keseluruhan,” ungkap Stevanus.

Dalam kesempatan hadir di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (9/9/2022 ), Stevanus ditemui langsung oleh Hari Edi Tri Wahyu Nugroho SIP., M.Si., selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY didampingi Dr. Sayuri Egaravanda, S.Kom, M.Eng, Kepala Bidang Keamanan Informasi dan Persandian, Agung Widhiono S.T., Kepala Bidang Layanan Teknologi Informatika, Sugeng Wahyudi S.Pd., M.Eng., Kepala Bidang Aplikasi Informatika.

Baca juga   Kemenhub Tanggapi Tuntutan Demo Driver Ojek Online di Surabaya

“Pertemuan ini merupakan salah satu langkah dukungan dan perhatian terhadap pengembangan Jogja Smart Province. Sejak 2006 gagasan blue print menjadikan jogja cyber province belum juga mendapatkan realisasi adanya payung hukum yang lebih kuat. Padahal sejak 2006, Sri Sultan Hamengku Buwono X telah memiliki gagasan membangun Jogja Cyber Province dengan mengeluarkan Pergub No.42 tahun 2006 tentang Blueprint Jogja Cyber Province,” ujar Stevanus.

Dr. R. Stevanus menyampaikan dalam pertemuan tersebut diutarakan juga terkait dengan usulan adanya Perda Jogja Smart Province. Dalam tata tertib DPRD DIY, memang ada kesempatan bagi anggota DPRD DIY untuk mengusulkan ide/gagasan tentang Peraturan Daerah yang dipandang diperlukan oleh Pemerintahan Daerah DIY.

Hari Edi Wahyu, menyampaikan beberapa update terkait dengan supra, infrastruktur, suprastruktur yang saat ini sudah dan akan dikembangkan oleh dinas beserta pihak terkait lainnya.

“Saat ini secara garis besar, seluruh jaringan infrastruktur pelayanan publik pemerintah daerah telah selesai dibangun hingga kelurahan dan kalurahan,” ujar Wahyu.

Baca juga   Gebyar PAUD dan Lansia Digelar Kemantren Tegalrejo

“Pada 2019 Gubernur DIY mengeluarkan pergub rencana aksi jogja smart province, dalam pergub ini menjadi landasan bagi dinas kominfo DIY dan dinas terkait untuk mewujudkan landasan transformasi digital,” ungkap Wahyu.

Dr. Sayuri Egaravanda menyampaikan tentang perkembangan dari hasil dari rencana aksi Jogja smart province. Menjelaskan tentang pentahelic rencana aksi antara Dinas Kominfo dan Dinas terkait lainnya.

“Selama 2019-2022, ada berbagai aplikasi yang dibangun untuk menunjang pengembangan jogja smart province,” Sayuri.

“Pergub rencana aksi jogja smart province menjadi dasar gerak untuk mewujudakna jogja smart province,” ungkap Sayuri.

Dijelaskan Sayuri, masih ada keterbatasan diberbagai lini, infrastruktur, suprastruktur, integrasi data, Smart Government. Smart Culture. Smart Environment. Smart Economy. Smart Living. Berharap ada dukungan anggaran yang cukup untuk pembuatan, pengembangan, maintenance terhadap platform yang dimiliki.

“Saya sangat mendukung visi, misi dan program Gubernur DIY yang memprioritaskan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (Teknologi Digital). Semoga usulan tentang judul raperda jogja smart province bisa terwujud untuk mendukung visi, misi dan program Gubernur tersebut,” pungkas Dr. R. Stevanus.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi. Foto: BMKG

News

Hari Ini Sejumlah Wilayah di Jateng Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang
Joko Widodo mbrebes mili menangis haru karena keinginannya bertemu dengan presiden yang memiliki nama sama akhirnya terwujud. (Foto: Humas Klaten)

News

Joko Widodo “Mbrebes Mili” Divaksin di Depan Presiden
Polresta Yogyakarta gelar jumpa pers penganiayaan mahasiswa asal Papua hingga meninggal dunia. (Humas Polresta Yogyakarta)

News

Kronologi Mahasiswa Papua di Yogyakarta Meninggal Dunia Dianiaya Teman Sendiri, Pelaku Ditangkap
Foto: Tangkapan Layar Kanal YouTube Setpres/BPMI

News

Tak Cuma Artistik, Ini Filosofi Bangunan Bambu Tempat Santap Siang Pimpinan G20 di Nusa Dua
Harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional Kota Yogyakarta pada bulan Januari mengalami penurunan. Sebelumnya harga bahan pokok mengalami kenaikan cukup signifikan pada akhir tahun 2021. Namun warga tak perlu khawatir karena stok aman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Awal Tahun Harga Sejumlah Bahan Pokok di Yogyakarta Mulai Turun
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Tambah 119 Orang
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bertakziah ke rumah duka almarhum Tjahjo Kumolo, di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (2/7/2022). Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Jokowi Takziah ke Rumah Duka Almarhum Tjahjo Kumolo
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming secara simbolis menyerahkan bantuan kepada perwakilan pedagang kaki lima dan pemilik warung di Aula Dharmawangsa Kodim 0735/Surakarta, Selasa (12/10/2021). (Foto:MC Surakarta)

News

2.500 Pedagang Kaki Lima dan Warung di Solo Terima Bantuan Tunai