Home / Peristiwa

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 06:33 WIB

Duta Anak Kota Yogya Siap Berkarya dalam Kondisi Apapun

Duta Anak Kota, menumbuhkan kreativitas baru anak-anak di Kota Yogyakarta dimasa pandemi. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Duta Anak Kota, menumbuhkan kreativitas baru anak-anak di Kota Yogyakarta dimasa pandemi. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wakil Wali Kota Heroe Poerwadi mengukuhkan Duta Anak Kota Yogyakarta secara daring dalam acara Puncak peringatan Hari Anak Indonesia Tahun 2021, Kamis (19/8/2021).

Dalam pengukuhan tersebut 12 Duta Anak Kota Yogyakarta yang didampingi FAKTA/Forum Anak Kota Yogyakarta berada di ruang theatre Taman Pintar Yogyakarta.

Diawali dengan menanyakan kesanggupan para duta anak dalam mengemban tugasnya sebagai Duta Anak Kota Yogyakarta, Heroe pun mengukuhkan mereka. Dalam sambutanya Heroe juga menyampaikan bahwa apa yang diminta para Duta Anak telah dipenuhi dan dilaksanakan oleh Pemkot.

“Salah satu yang sudah dilaksanakan adalah pemberian Kartu Identitas Anak/KIA yang diberikan begitu terjadi kelahiran anak di Kota Yogyakarta, penyerahan KIA melalui masing-masing kemantren,” kata Heroe

Lebih lanjut Heroe menyampaikan bahwa Pemkot Yogyakarta berkomitmen untuk mewujudkan Kota Yogyakarta sebagai kota yang menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi anak, ada empat hak anak yang harus dipenuhi, yakni hak hidup, hak tumbuh kembang, perlindungan dan hak berpartisipasi.

Baca juga   Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Tambah 2.089 Orang

“Fasilitasi kegiatan dan sarana prasarana pendukung untuk mewujudkan hak anak dari tahun ke tahun kami tingkatkan termasuk semakin tingginya partisipasi anak dalam upaya tersebut,” pungkas Heroe.

Pemilihan Duta Anak Kota Yogyakarta dengan nama kegiatan Children Enganging and Moving in Action /CINEMA#12 dilaksanakan oleh Forum Anak Kota Yogyakarta/FAKTA dengan tema Gumregah Agawe Kreativitas Anyar ing Ngayogyakarta dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2021.

“Proses seleksi kami lakukan dari grass root melalui Kelurahan dan berjenjang hingga tingkat Kota Yogyakarta,” ujar Arif Setiawan/Ketua Panitia

Selanjutnya Arif menuturkan bahwa CINEMA#12 tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan pada saat ini Indonesia dilanda pandemi global yang menyebabkan kita semua termasuk anak-anak di Kota Yogyakarta harus beradaptasi dengan kehidupan yang baru.

Diharapkan tema “Gumregah Agawe Kreativitas Anyar ing Ngayogyakarta” dapat menumbuhkan kreativitas baru anak-anak di Kota Yogyakarta dimasa pandemi. Dan dengan Tagline “Anak Kota Yogyakarta Itu kita, Kita bisa, Siap Berkarya” maka Kami anak di Kota Yogyakarta bisa berkarya dan siap berkarya dalam kondisi apapun, imbuh Arif.

Baca juga   Kelompok Wanita Tani Purwotani Panen Hidroponik

Salah seorang Duta Anak Kota Yogyakarta, Fatika Dewi Anjani siswi SMKN 1 Yogyakarta dari Kelurahan Giwangan menuturkan rasa senangnya bisa ikut berkompetisi dalam ajang Children Enganging and Moving in Action /CINEMA#12 banyak pengalaman baru yang diperoleh dalam proses seleksi yang menambah kemampuan dan ketrampilan serta wawasan.

“Saya bangga bisa berada ditengah-tengah sahabat yang hebat, mudah-mudahan melalui Duta Anak Kota Yogyakarta kami bisa lebih berkiprah dan lebih produktif dalam berkegiatan melalui FAKTA untuk dan oleh anak Kota Yogyakarta,” kata Tika.

Pemilihan Duta Anak Kota Yogyakarta diawali dengan pendaftaran peserta pada 17 Januari – 18 Februari 2021 diikuti oleh perwakilan kelurahan, SMP, SMA dan SMK se-Kota Yogyakarta dengan kriteria berdomisi di kota Yogyakarta, berusia 10 – 18 tahun, mampu memahami situasi dan kondisi di lingkungan kota Yogyakarta dan memiliki semangat dalam berorganisasi. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Sukoharjo memantau ke sejumlah tempat di hari pertama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Hari Pertama PPKM Darurat, Bupati Sukoharjo Pantau Rumah Makan
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyerahkan bantuan sejumlah 192 paket tersebut secara simbolis kepada anak yatim. (Foto: Humas Kab Sukoharjo)

Peristiwa

Baznas Jateng Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim Piatu di Sukoharjo
Wali kota Yogyakarta Haryadi Suyuti ketika berdialog dengan salah satu pedagang di PASTY. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pastikan Geliat Ekonomi Pedagang, Haryadi Sambangi PASTY
Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowoyoto. Pihaknya senantiasa berkomitmen melakukan transparansi sistem pemerintahan sesuai amanat Undang-undang Negara republik Indonesia. (Foto:Diskominfo Wonogiri)

Peristiwa

Tembus 10 Besar, Desa Sendang Siap Berkompetisi di Ajang KIP Nasional
LazisNU MWC Secang membagikan daging kurban menggunakan besek. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Unik dan Go Green, Daging Kurban Dibagikan dengan Besek
Gibran Rakabuming Raka menerima bantuan tahap kedua dari Bank Indonesia. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

BI Kembali Salurkan Bantuan Tabung Oksigen untuk Surakarta
ilustrasi:nyatanya.com

Peristiwa

Pelamar CASN di Magelang Tembus Tujuh Ribu Orang, Formasi Kesehatan Minim Peminat
Selain terus memberikan edukasi akan pentingnya prokes, Pemkab Wonosobo juga memberikan bantuan sembako kepada warga masyarakat. (Foto: Humas Wonosobo)

Peristiwa

Pemkab Wonosobo Gencar Lakukan Edukasi Prokes Kepada Masyarakat