Home / Peristiwa

Jumat, 16 September 2022 - 11:39 WIB

Dzikir dan Sholawat Malam Yaa Qowiyyu Dibanjiri Ribuan Masyarakat

Foto: Diskominfo Klaten

Foto: Diskominfo Klaten

NYATANYA.COM, Klaten – Pengelola Pelestarian Kyahi Ageng Gribig (P3KAG) mengadakan haul Kyahi Ageng Gribig dengan berdzikir dan bersholawat. Ribuan masyarakat penuhi Oro-Oro Yaa Qowiyyu, Jatinom, Kamis (15/9/2022) malam.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Klaten, Mujib Rahman berharap dengan haul mampu meneladani dan mendapatkan berkah dari Kyahi Ageng Gribig dan majelis dzikir sholawat.

“Mudah-mudahan dengan pengajian nanti salah satu dakwah yang dapat memberi wawasan, bimbingan dan penyuluhan untuk umat. Pengajian seperti ini akan turut serta berperan menyatukan umat dan meningkatkan kualitas ketaqwaan kita,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartanto mengatakan bahwa kegiatan malam dzikir dan sholawat merupakan bagian dari merawat tradisi kebudayaan yang sudah turun temurun dikawasan Jatinom, dalam rangka mengenang dan meneruskan perjuangan Kyahi Ageng Gribig yang hidup pada masa Sultan Agung Hanyokro Kusumo Mataram.

Baca juga   212 Buruh Pabrik Rokok di Kota Yogya Terima BLT DBHCHT, Segini Angkanya

“Dua tahun masyarakat kita dilanda pandemi covid yang menyebabkan berbagai kesulitan yang dihadapi dan geliat ekonomi perlahan mulai pulih dan tentu harus didorong agar ekonomi masyarakatr lebih cepat,” ujarnya.

Ia menyampaikan momentum haul melalui dzikir dan sholawat untuk indonesia bangkit dengan wasillah dzikir dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, agar bangsa indonesia diselamatkan dari seluruh ancaman krisis dan bahaya.

“Malam penuh keberkahan marilah kita tetap optimis mengatasi semua berbagai coban dan berkat sholawat dan syafaat. Perlu saya sampaikan dzikir dan sholawatan ini mengandung spirit religiousitas dan mengandung dimensi kebudayaan, ini merupakan bagian dalam menyampaikan nilai-nilai ke islaman dengan keadaban kepada masyarakat, sehingga masyarakat tercipta tatanan yang ramah, santun, damai dengan semangat islam kerahmatan,” ujarnya.

Baca juga   Siang Ini, 4 Ton Apem Bakal Disebar di Puncak Tradisi Yaa Qowiyyu

Ia menyampaikan kegiatan ini merupakan nilai yang beliau wariskan oleh Kyahi Ageng Gribig. Ia menambahkan Kyahi Ageng Gribig dikenal masyarakat di kawasan jatinom sebagai ulama besar yang mempunyai strategi dakwah yang unik yaitu salah satunya adalah membagikan apem kepada masyarakat sambil membaca wirid Yaa Qowiyyu yang sampai sekarang dikenanl disebut apem Yaa Qowiyyu dan dilesatirakan sampai sekarang.

“Nilai-nilai luhur yang diajarkan kyahi senantiasa bernilai bagi kita karena menurut kami apem mempunyai makna filosofi adalah akar sejarah yang kuat berarti menjaga tradisi, budaya dan menjaga warisan pahlawan bangsa,”pungkasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Praktik penjualan minyak goreng bersama produk lain, atau bundling masih ditemukan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Dinkopdag Temanggung Masih Temukan Praktik Bundling Minyak Goreng
Presiden Jokowi. (Foto: InfoPublik)

Peristiwa

Peringatan HPN 2022, Presiden Jokowi: Pers Adalah Lokomitif Kemajuan Bangsa
Kegiatan penegakan PPKM Darurat yang digelar Koramil 09/Grogol. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Operasi Yustisi PPKM Darurat di Kecamatan Grogol Makin Ketat
Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jateng Sakina Rosellasari Kurun. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Sebelum Pulang Kampung, Ratusan Pekerja Migran Asal Jateng Jalani Karantina
Untuk memberikan pelayanan maksimal serta sarana prasarana kepada penyandang disabilitas, Pengadilan Negeri Temanggung menggandeng Yayasan Sentra Advokasi Perempuan Difabel dan Anak (SAPDA) Yogyakarta. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Wujudkan Pengadilan Inklusi, PN Temanggung Gandeng Yayasan SAPDA Yogyakarta
Menkominfo Johnny G. Plate memandu Courtessy Briefing: Welcoming Indonesia’s Precidency in 2022. (Foto: Biro Humas Kementerian Kominfo)

Peristiwa

Perkuat Edukasi Presidensi G20 Indonesia, Pemerintah Gandeng Komunitas Media dan Internasional

Peristiwa

Muktamar ke-4 HW akan Digelar di Malang 26-29 Juli 2023
Kemensos meluncurkan program Indonesia Mendengar sebagai upaya memperluas akses komunikasi dan informasi bagi penyandang disabilitas yang digelar di Baleendah, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (8/1/2022). (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Berdayakan Penyandang Disabilitas, Kemensos Luncurkan Indonesia Mendengar