Home / Gayahidup

Senin, 31 Oktober 2022 - 16:24 WIB

Ecoprint Makin Berkelas, AEPI Fashion Festival 2022 Hadirkan ‘Jewels of Leaves’

AEPI Fashion Festival 2022 digelar di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta 31 Oktober - 1 November 2022 dengan tema 'Jewels of Leaves'. Foto: Agoes Jumianto

AEPI Fashion Festival 2022 digelar di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta 31 Oktober - 1 November 2022 dengan tema 'Jewels of Leaves'. Foto: Agoes Jumianto

NYATANYA.COM, Sleman – Sesuai temanya ‘Jewels of Leaves’, event fesyen bertajuk AEPI Fashion Festival 2022 yang digelar 30 Oktober sampai 1 November 2022 di Plaza Ambarrukmo membuktikan kekayaan ecoprint yang tidak lagi sekadar about ecoprint.

“Ecoprint punya sekian ribu makna. Salah satunya konsep slow fashion,” demikian diungkap Puthut Ardianto, Ketua Umum Asosiasi Eco Printer Indonesia (AEPI), dalam pembukaan AEPI Fashion Festival (AFF) 2022 di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta, Minggu (30/10/2022).

Karya kolaborasi Uzy Fauziah (Solo) dan Tika Setya (Yogya) menonjolkan motif daun lanang pada karyanya. Foto: Agoes Jumianto

“Fashion harus stylish dan good. Tapi juga harus fair, siapa yang membuatnya,” ungkap Puthut Ardianto.

Gelaran AFF 2022 kali ini juga diikuti oleh peserta dari sembilan wilayah di Indonesia, yang mengusung kekayaan produk ecoprint, bukan hanya dalam ujud kain tetapi juga busana, tas, selendang, dan bahkan sepatu.

“AFF 2022 tidak hanya menghadirkan catwalk moment fashion, juga mengangkat edukasi. Kami para ecoprinter merasa bahwa tema daun sebagai mutiara hal yang harus kita utamakan. Tanpa daun dan bijian, tak bisa membentuk motif (ecoprint) dan warna indah,” jelas Puthut.

Baca juga   Reload Coffee, Satu Lagi Tempat Ngopi Asyik di Bandongan

Essy Masita, Project Manager AFF 2022 mengungkapkan, AFF 2022 diikuti 31 perancang busana yang mengedepakan bahan ecoprint.

Hanif Aisyah yang berkolaborasi dengan Syirka Ecoprint menghadirkan kemewahan dalam karyanya. Foto: Agoes Jumianto

“Dalam event ini, AFF 2022 mendapat kehormatan dengar hadirnya dua perancang busana senior. Ika Mardiana, founder Bali Fashion Week, dan Tuty Cholid, desainer Jakarta,” ungkap Essy Masita.

Pembina AEPI, Fitriani Kuroda menyebut, kehadiran AFF 2022 menggaungkan semangat ekologi.

“Harus kita sadari industri fesyen atau tekstil merupakan limbah korosi kedua di dunia. Kita harus gaungkan semangat ekologi atau ekofesyen. Seluruh anggota AEPI konsen untuk ramah lingkungan.
Menghindari kancing plastik dan sebagainya,” kata Fitriani Kuroda, Pemilik Rumah Celup Indonesia sekaligus Direktur PT Milangkori Persada.

Gelaran AFF 2022 hari pertama menghadirkan koleksi busana karya desainer Yaitu Ika Mardiana, Laudato Si dan LPTB Susan Budihardjo, Anteng Hadiati, Tri Nafsiati, Ismaniyah, Hanif Aisyah dan Syirka Ecoprint, Louis Ang, Uzi Fauziah dan Tika Setya, Tuty Cholid dan Milangkori.

Foto: Agoes Jumianto

Ika Mardiana, perancang legendaris Indonesia yang tinggal di Hongkong, menyajikan enam busana chic. Nyaman dipandang mata, dan dekat dengan kalangan milenial.

Baca juga   Gemini, Kenapa Hari Ini Kamu Lebih Naif dari Biasanya?

Sementara Anteng Hadiati mengulik ecoprint menjadi busana muslim yang menguarkan semangat. Aksesoris pelengkap yang tidak sekadar tempelan, menambah kekuatan busana-busana Anteng Hadiati.

Sementara busana karya Hanif Aisyah yang berkolaborasi dengan Syirka Ecoprint menghadirkan kemewahan dalam karyanya.

Busana gaun panjang berkelas, dengan ketepatan perkawinan warna. Menegaskan, busana berbahan ecoprint bisa menjadi premium.

Karya kolaborasi Uzy Fauziah (Solo) dan Tika Setya (Yogya) juga menegaskan kredo tersebut. Motif daun lanang begitu menonjol.

Terlebih bahan ecoprint Uzy Fauziah dan Tika Setya berkualitas tinggi. Makin memperlihatkan cool-nya permainan warna.

“Event ini cukup bagus. Ke depan harus dilebarkan lagi untuk seluruh Indonesia. Persiapan harus dari awal. Sebaiknya di Yogya, karena Yogya punya spesial culture yang cultural, juga sustainable,” ucap Tuty Cholid.

Ia banyak menaruh harapan semoga event semacam ini terus digelar untuk mengangkat dan makin mempopulerken ecoprint, dan pada akhirnya ecoprint benar-benar menjadi mutiara yang punya nilai tinggi di kelasnya.

(Aja)

Share :

Baca Juga

Pemilik mobil harus paham kapan saatnya karet harus diganti. Foto : nyatanya.com/ DN Widi

Gayahidup

Merawat Karet Pintu Mobil Agar Tetap Awet
Balai Pemuda Surabaya. Foto: ist/selalu.id

Gayahidup

Jalan Tunjungan Ditata Ulang, Fashion Week Dialihkan Sementara ke Balai Pemuda
Desainer Klaten, Astrid Ediati merancang busana lurik bermodel lilitan stagen di ajang Beauty Muslimah Indonesia (BMI) 2021. Model asal Klaten Titi Rochman terpilih membawakan kain lurik ikon Kota Bersinar itu di puncak acara grand final yang akan digelar di Kota Solo, Sabtu 4 Desember 2021. (Foto: Diskominfo Klaten)

Gayahidup

Lurik Lilitan Stagen Rancangan Desainer Klaten Ramaikan Ajang BMI 2021

Gayahidup

Taurus, Buatlah Janji di Hari Lain Jangan Sekarang
Puluhan baju karya desainer Kabupaten Blora tampil pada acara Muslim Fashion Festival (Muffest)+, di Hartono Mal Yogyakarta, Sabtu (9/4/2022). Foto: Diskominfo Jateng

Gayahidup

Batik Blora Tampil Apik dalam Muffest+ 2022 di Hartono Mal Yogyakarta
Kompetisi “City Hatch Art”. (Foto:nyatanya.com/honda-indonesia)

Gayahidup

Honda Gelar Kompetisi Desain Virtual “City Hatch Art”
New Audi Q5 dijual di Indonesia Rp1.311.000.000 dalam status off the road. Foto: Ist

Gayahidup

New Audi Q5 Resmi Meluncur di Indonesia, Dibanderol Rp1,3 Miliar
Induk perusahaan Shopee, Sea Group, dikabarkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran. Foto: Ist

Gayahidup

Shopee Dikabarkan Bakal Lakukan PHK Besar-besaran