Home / Wisata

Selasa, 11 Januari 2022 - 20:49 WIB

Edukasi Ragam Kekayaan Indonesia Ada di Borobudur Edupark

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meresmikan wisata Borobudur Edupark untuk wisata belajar tentang Candi Borobudur. (Foto: humas/beritamagelang)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meresmikan wisata Borobudur Edupark untuk wisata belajar tentang Candi Borobudur. (Foto: humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Penguatan daya tarik wisata kawasan Candi Borobudur dilakukan PT Taman Wisata Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko dengan membuka Borobudur Edupark di Jalan Magelang-Yogyakarta.

Destinasi untuk belajar tentang Candi Borobudur ini diresmikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Minggu (9/1/2022).

Melalui wahana ini pengunjung tidak hanya fokus ke Candi Borobudur, namun juga akan datang ke Borobudur Edupark, menginap di Balkondes menikmati seni, tarian, dan produk-produk dari warga sekitar Borobudur.

Dengan demikian Borobudur dan sekitarnya ini akan mendorong orang untuk hadir karena dia ingin senang, bahagia, ingin harmoni itu tercipta.

“Mudah-mudahan Borobudur Edupark ini bagian dari kontribusi untuk menciptakan harmoni itu,” kata Ganjar disela peresmian tersebut.

Menurutnya di Borobudur Edupark ini setiap orang dapat belajar dan memahami sebuah cerita di balik karya. Tidak hanya melhat karya dari satu sisi saja tapi juga kreativitas seni bagaimana memahat, memilih batu, membentuk dan sebagainya.

“Orang ke sini akan mendapat penjelasan detail bagaimana struktur konstruksi dari Candi Borobudur, bagaimana batu itu terkait dan seterusnya,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Ahmad Husein berharap keberadaan Borobudur Edupak dapat menambah warna yang selaras dengan destinasi lain yang sudah ada di Kabupaten Magelang.

Disebutkan Husein, sejak Kabupaten Magelang di PPKM level 1, jumlah kunjungan wisatawan meningkat. Maka dengan adanya Borobudur Edupark akan menambah daya tarik penyebaran wisatawan di Kabupaten Magelang yang mana destinasi favorit wisatawan saat ini masih dominan ke Borobudur dan Ketep.

Baca juga   Ganjar Pranowo Tancap Gas Majukan Radio Daerah se-Indonesia

Namun, lanjutnya, sekarang wisatawan mulai tersebar ke beberapa titik lain seperti ke Telomoyo, Kaliangkrik, lereng Menoreh dan Merapi. Rutenya bisa mampir ke Borobudur, Edupark, Ketep Pass dan lainnya.

“Lebih lebih dengan teman-teman desa wisata (jika) sudah menguatkan daya tarik wisata yang sudah mereka miliki. maka semakin menyebar wisatawan,” jelas Husein.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT TWC Hetty Herawati menambahkan, keberadaan Candi Borobudur memberikan banyak inspirasi dalam pengembangan pariwisata kawasan penyangga di Kabupaten Magelang.

Menurutnya, salah satu inspirasi itu adalah keberadaan Borobudur Edupark, yakni sebuah destinasi yang menitikberatkan pada wisata edukasi dan memiliki korelasi dengan Candi Borobudur.

Konsep Outdoor Garden

Edupark ini dikemas secara natural dengan konsep outdoor garden. Di sisi lain ada unsur pemberdayaan masyarakat sekitar guna meningkatkan perekonomian wisata di kawasan Borobudur juga menjadi fokus penting dalam perkembangan wisata di Magelang.

“Borobudur Edupark diinisiasi oleh PT TWC bersinergi dengan manajemen PT Nakula Sadewa Design Art dan komunitas pecinta Borobudur untuk melakukan konektivitas destinasi-destinasi di kawasan Candi Borobudur dan Kabupaten Magelang,” jelas Hetty Herawati.

Borobudur Edupark ini memberikan pengalaman baru kepada wisatawan. Potensi yang kuat di bidang edukasi dan atraksi serta lokasi strategis pada jalur utama menuju Candi Borobudur menjadi alasan terciptanya Borobudur Edupark ini.

Selain itu tujuan lain dari Borobudur Edupark ini adalah sebagai pusat informasi dan edukasi wisatawan sebelum memasuki kawasan wisata Borobudur.

Baca juga   Tersaji Porsi Jumbo, Mie Ayam Selera Klaten Menggugah Rasa

“Ini meningkatkan kesadaran pengunjung akan pentingnya kelestarian cagar budaya, memperkenalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam relief Candi Borobudur, dan memperkenalkan karya seni yang terinspirasi dari Candi Borobudur,” jelas Hetty.

Sebagai rintisan Borobudur Edupark ini berada di sanggar milik seniman Nyoman Alim Musthapa dengan luas lahan 2,5 hektar. Di tempat ini berisi patung-patung monumen yang pernah dibuat Nyoman di seluruh Indonesia, seperti Patung Soedirman, Soekarno, dan Pangeran Diponegoro serta sejumlah patung hasil karyanya di beberapa negara termasuk miniatur Angkor Wat.

Kepada wartawan Nyoman Alim Musthapa mengungkapkan sejak Candi Borobudur selesai dibangun tidak ada orang menginspirasi untuk membuat dan seterusnya. Sehingga pihaknya mencoba membuat edupark ini kerja sama dengan PT Taman wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) sebagai pengelola Taman Wisata Candi Borobudur.

“Maka kami kerja sama dengan PT TWC supaya wisatawan yang tidak bisa naik ke Candi Borobudur bisa menikmatinya di sini,” ucapnya.

Di wisata ini, pengunjung dapat melihat dan membuat karya sendiri atau diajarkan, baik dari batu, tanah liat, semen, dan material lainnya. Tujuannya adalah agar masyarakat benar-benar mengerti, bagaimana proses kreativitas masa lalu hingga Candi Borobudur tercipta.

“Di sini dapat ditunjukkan betapa susahnya misalnya membuat Candi Borobudur dengan 3.000 lebih relief itu, bagaimana memahatnya, dan alat apa yang digunakan,” ujarnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Pelaku wisata di Bukit Cinta menerima bantuan sembako dari Pemkab Semarang. (Foto:Diskominfo Kab Semarang)

Wisata

Pelaku Wisata di Bukit Cinta Terima Bantuan Sembako
Tradisi Saparan warga Desa Borobudur ini dilaksanakan setiap setahun sekali di bulan Safar penanggalan Jawa, yang tahun ini digelar selama tiga hari sejak Jumat (24/9/2021) hingga Sabtu (26/9/2021). (Foto: Diskominfo Magelang)

Wisata

Terapkan Prokes, Kirab Saparan Borobudur Digelar dengan Naik Andong
Taman Rekreasi Mendut lokasi dibangunnya Kampung Mataram Kuno. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Eks Taman Rekreasi Mendut Bakal Dibangun Kampung Mataram Kuno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi sentra industri jamu gendong di Padukuhan Gesikan, Kalurahan Merdikorejo, Kapanewon Tempel, Kabupaten Sleman, Jumat (14/1/2022). (Foto: Humas Sleman)

Wisata

Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Sentra Industri Jamu Gendong Gesikan Sleman
Pengunjung pertama Candi Borobudur mendapat apresiasi dengan menanam pohon Pranajiwa di halaman Museum kapal Samudra Raksa, Sabtu (1/1/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Dua Pengunjung Pertama Candi Borobudur Dapat Apresiasi Khusus
Warung sego kikil Mojosongo Jombang jadi ikon wisata kuliner. (Foto: Zainuri Arifin)

Wisata

Ajib Bangettt! Sego Kikil Mojosongo Jombang yang Bikin Ketagihan
Pertemuan PT TWC dengan dengan para mitra usaha TMII di Balai Panjang Museum Indonesia, TMII. (Foto:media_twc)

Wisata

PT TWC Ajak Mitra Usaha TMII Terapkan GCG
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meresmikan lima bangunan seni instalasi di Dusun Tegal Loegood Girikerto Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (15/10/2021). (Foto: MC Kab Sleman)

Wisata

Bupati Sleman Resmikan 5 Bangunan Seni Instalasi Senilai Rp1,2 Miliar