Home / News

Selasa, 15 Februari 2022 - 12:22 WIB

Ekspor 2 Juta Mobil, Presiden: Bukti SDM Indonesia Berkualitas

Presiden Joko Widodo dalam kegiatan melepas ekspor dua Juta Unit Toyota yang ditayangkan secara virtual pada Selasa (15/2/2022). (Foto: BPMI/Setpres/Istimewa)

Presiden Joko Widodo dalam kegiatan melepas ekspor dua Juta Unit Toyota yang ditayangkan secara virtual pada Selasa (15/2/2022). (Foto: BPMI/Setpres/Istimewa)

NYATANYA.COM, Jakarta – Indonesia kini memiliki sumber daya manusia (SDM) dengan kualifikasi yang baik atau berkualitas. Hal itu, dapat diukur melalui keberhasilan mengekspor sebanyak dua juta unit mobil ke negara-negara lain.

“SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang sangat baik untuk produk ekspor,” kata Presiden Joko Widodo dalam kegiatan melepas ekspor dua Juta Unit Toyota yang ditayangkan secara virtual pada Selasa (15/2/2022).

Menurut Presiden, memproduksi kendaraan yang diperuntukkan bagi kegiatan ekspor merupakan hal yang cukup sulit. Karena, harus memenuhi standarisasi yang cukup ketat yang harus dipenuhi oleh perusahaan terkait.

Baca juga   Pemerintah Tetapkan Awal Ramadan Dimulai 3 April 2022

Dari mulai segi keselamatan kendaraan, uji emisi, hingga mesin sangat diperhatikan dengan ketat. Semuanya itu, mendapatkan perhatian yang sangat ketat dari instansi maupun perusahaan dari negara tujuan ekspor.

“Memproduksi mobil harus sangat teliti, cermat, dan hati-hati karena ini menyangkut keselamatan orang,” kata Jokowi.

TKDN 75 Persen

Kemudian, hal yang membuktikan kualifikasi SDM semakin baik juga, dapat diukur dari lonjakan tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Yang kini telah mencapai lebih dari 75 persen yang terkandung dalam produk kendaraan tersebut.

Baca juga   Ini Tujuh Langkah Kebumen untuk Berantas Korupsi

Dari mulai sparepart, aksesoris, hingga komponen mesin dalam kendaraan itu telah mampu diciptakan oleh SDM dalam negeri.

“Senang juga bahwa kandungan lokalnya TKDN sudah lebih dari 75 persen dari lokal,” tutur Presiden.

Sejumlah indikator itu, semakin memperkuat bahwa kualifikasi SDM dalam negeri semakin baik dari waktu ke waktu. Dengan begitu, produk mobil yang dihasilkan tersebut dapat bersaing dengan produk keluaran negara lain.

“Produk ekspor itu akan berkompetisi dengan produk-produk lain dari negara-negara produsen mobil,” pungkas Presiden Joko Widodo.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Begini penampakan awan panas guguran Gunung Merapi, Minggu (15/8/2021) pukul 00.43 WIB. (Foto:BPPTKG)

News

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Dini Hari Tadi
GPFI menggelar Bincang Pagi: Kembalinya Obat Sirup yang Hilang, Jangan Ada EG/DEG di Antara Kita di Jakarta. Foto: Dok GDFI

News

Kembalinya Obat Sirup yang Hilang, GP Farmasi Optimis Aman Dikonsumsi Kembali
Presiden Joko Widodo melantik tujuh anggota Komisi Nasional Disabilitas yang dilakukan di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (1/12/2021). (Foto: BPMI Setpres)

News

Presiden Lantik 7 Anggota Komisi Nasional Disabilitas
Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi. (Foto: Tangkapan Layar YouTube/Istimewa)

News

Kemenhub Selenggarakan Lagi Mudik Gratis Idulfitri 2022, Begini Syarat dan Ketentuannya
Menkominfo Johnny Gerard Plate. (Foto: InfoPublik/Istimewa)

News

Menkominfo: Vendor Perangkat Komunikasi Wajib Penuhi TKDN 35 Persen
Pemprov Jawa Tengah membuka Pusat Pelayanan Cegah Terorisme, di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jateng, Senin (31/10/2022). Foto: Humas Jateng

News

Tangkal Paham Radikal dan Teroris, Pemprov Jateng Buka Pusat Layanan Cegah Terorisme
Ilustrasi Foto: ANTARA

News

Cadangan Devisa Indonesia Capai 135,6 Miliar Dolar AS
Foto: Diskominfo Wonosobo

News

Ingat Lur, Jangan Gampang Terjebak Investasi Bodong Nggih