Home / Peristiwa

Jumat, 28 Januari 2022 - 15:08 WIB

Ekspor Mutiara Laut dari NTB Meningkkat Hampir 100 Persen

Ekspor mutiara laut dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), meningkat signifikan selama 2021. Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Mataram mencatat, ekspor tahun lalu mencapai Rp82,35 miliar. (Foto: Humas KKP)

Ekspor mutiara laut dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), meningkat signifikan selama 2021. Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Mataram mencatat, ekspor tahun lalu mencapai Rp82,35 miliar. (Foto: Humas KKP)

NYATANYA.COM, Mataram – Ekspor mutiara laut dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), meningkat signifikan selama 2021. Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Mataram mencatat, ekspor tahun lalu mencapai Rp82,35 miliar.

“Peningkatannya hampir 100 persen, sebagai catatan di 2020 ekspor mutiara hanya Rp8,79 miliar,” kata Kepala BKIPM Mataram, Obing HA, dalam keterangan resmi yang diterima InfoPublik, Kamis (27/1/2022).

Obing memaparkan, negara-negara tujuan ekspor mutiara laut meliputi Australia dengan nilai sebesar Rp78,63 miliar, kemudian Tiongkok Rp745,23 juta.

Negara lain tujuan utama ekspor mutiara laut yakni Hongkong senilai Rp2,66 miliar, India Rp279 juta, Amerika Serikat Rp76,40 juta dan Taiwan Rp2 juta.

Baca juga   Pemkot, UNS, dan Bank Jateng Bawa Produk UMKM Solo Ekspor ke Paris

Dia pun optimistis, ekspor mutiara laut semakin meningkat tahun ini sejalan dengan tingginya permintaan pasar global.

“Negara tujuan ekspor relatif membaik ekonominya, dan di awal tahun ini juga sudah mulai banyak pengiriman ekspor mutiara laut,” jelas Obing.

Dalam kesempatan tersebut, Obing memastikan jajarannya akan terus memberikan pendampingan ke pelaku usaha serta pembudidaya mutiara laut. Hal ini sebagai bentuk komitmen penjagaan mutu/kualitas mutiara laut dari NTB.

Baca juga   Naik Satu Peringkat, Sragen Raih Predikat KLA Kategori Madya

“Kita selalu pastikan, sebelum diekspor kita cek keaslian dan terus memantau kegiatan budidayanya. Tentu ini untuk menghindari adanya penyakit di kerangnya,” tegas Obing.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan (KP), Sakti Wahyu Trenggono, menegaskan UPT sebagai bentuk kehadiran negara. Karenanya, dia meminta jajarannya untuk memberikan dampak positif, khususnya bagi masyarakat kelautan dan perikanan.

Dia pun mengingatkan, setelah 2021 KKP mengusung tagline rebound, tahun ini dengan tagline accelerate waktunya KKP untuk mengakselerasi program.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Hiu Paus (Rhincodon typus) termasuk jenis ikan Appendix II Convention of International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) dan masuk dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) dengan status endangered (EN). (Foto: dok KKP/InfoPublik)

Peristiwa

KKP Dorong Pemda Susun Rencana Aksi Daerah Konservasi Hiu Paus
Ular sepanjang 3 meter yang menewaskan Orgenes Welerubun. Foto: Ist

Peristiwa

Mengenaskan, Seorang Pria di Jayapura Tewas Dililit Ular Sepanjang Tiga Meter
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo melakukan pencanangan indeks pertanaman padi (IP) 400 dengan empat kali tanam padi dalam setahun di Kabupaten Klaten.di Desa Sribit, Kecamatan Delanggu, Klaten, Selasa (11/1/2022). (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Kementan Canangkan Setahun 4 Kali Tanam Padi di Klaten
Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Pasca Terbakarnya Puluhan Kapal di Cilacap, Ganjar Turunkan Tim Bantu Nelayan
Selain berkeliling ke sejumlah gereja di Kota Semarang, Ganjar menyempatkan bersilaturahmi ke kediaman Uskup Agung Semarang Romo Rubiyatmoko di kawasan Gereja Katedral Semarang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Hangatnya Pertemuan Uskup Agung Semarang dan Ganjar Pranowo
Polisi olah TKP mayat terbakar tanpa kepala di Pantai Marina Semarang. Foto: Humas Polda Jateng/Tribratanews

Peristiwa

Polisi Pastikan Mayat Terbakar Tanpa Kepala PNS Semarang Saksi Korupsi

Peristiwa

Kembali Digelar, Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 ‘Semangat dan Harapan’
Foto: Diskominfo Jateng

Peristiwa

Ombak Tinggi, BPBD Jateng Imbau Nelayan Pesisir Pantai Selatan Tak Melaut