Home / Peristiwa

Rabu, 13 Oktober 2021 - 11:48 WIB

Ekspor Teh ke Jepang, PT Tambi Wonosobo Kantongi 1,1 Juta Dolar AS

Direktur Utama PT Tambi, Suwito menyebut ekspor perdana setelah vakum lebih dari 10 Tahun itu bakal menjadi keran bagi terbukanya peluang ke sejumlah Negara lain, yaitu UEA, Mesir, Polandia, Rusia, Inggris dan Jerman. (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

Direktur Utama PT Tambi, Suwito menyebut ekspor perdana setelah vakum lebih dari 10 Tahun itu bakal menjadi keran bagi terbukanya peluang ke sejumlah Negara lain, yaitu UEA, Mesir, Polandia, Rusia, Inggris dan Jerman. (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

NYATANYA.COM, Wonosobo – Hampir 13 Tahun lamanya kegiatan ekspor teh dari PT Tambi Wonosobo terhenti karena sejumlah kendala. Setelah upaya adaptasi terhadap kebijakan ekspor sejumlah Negara, akhirnya perusahaan teh legendaris yang 51% sahamnya dikuasai Pemkab Wonosobo itu mampu mengirimkan kembali produk teh ke luar negeri, yaitu ke Jepang pada Selasa (12/10/2021).

Direktur Utama PT Tambi, Suwito menyebut ekspor perdana setelah vakum lebih dari 10 Tahun itu bakal menjadi keran bagi terbukanya peluang ke sejumlah Negara lain, yaitu UEA, Mesir, Polandia, Rusia, Inggris dan Jerman.

“Untuk ekspor teh perdana ke Negara Jepang ini merupakan hasil kerjasama dengan buyer dari MC Food, untuk jenis teh Broken Orange Pecco Fanning (BOPF) dengan volume mencapai 10 Ton senilai US$1,139,478 atau sekitar 16,2 Milyar Rupiah,” terang Suwito.

Kesepakatan ekspor tersebut, diakui Suwito bakal berlanjut sampai Bulan Mei 2022. “Setelah penjualan ke Jepang, dalam waktu dekat kami juga ekpor ke beberapa Negara seperti Uni Emirat arab, Mesir, Polandia, Rusia, Inggris dan Jerman,” lanjutnya.

Baca juga   Gerakan Cinta Serayu, Dandim Bersama Forkopinda Tanam Pohon Serentak

Ia juga mengakui ada berbagai tantangan yang akan dihadapi khususnya terkait dengan kebijakan masing-masing Negara tujuan ekspor, dimana masing masing negara menentukan standar dan persyaratan yang berbeda.

Namun tantangan tersebut, menurutnya justru menjadi motivasi bagi PT Tambi, sesuai dengan tagline PT Tambi yaitu Resilians And Sustainable atau kemampuan beradaptasi dan tetap teguh dalam situasi sulit serta berkelanjutan.

“Termasuk teh yang akan diekspor oleh PT Tambi ini merupakan buah dari terpenuhinya standar yang dipersyaratkan, yaitu harus bersertifikat Rainforest Alliance dan HACCP sebagai tanda telah menerapkan manajemen pertanian berstandar Sustainable Agriculture Network’s (SAN) dan telah lulus uji coba dari Eurofins-Jerman,” tandas Suwito.

Keberhasilan PT Tambi mengirimkan produk teh nya ke luar Negeri mendapat sambutan hangat Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat.

Baca juga   Bawaslu Wonosobo Tempati Kantor Baru, Bupati: Prestasi Harus Ditingkatkan

Sesaat sebelum melepas truk kontainer di halaman kantor PT Tambi, Bupati menyebut langkah maju PT Tambi layak diapresiasi dan terus didorong agar kedepan semakin semangat berkreasi dan berinovasi.

“Momentum luar biasa bagi PT Tambi dan Wonosobo karena ini sekaligus menjadi kesempatan untuk mengenalkan produk kita ke pasar Internasional,” tutur Afif.

Bupati juga menyampaikan dengan majunya PT Tambi akan membawa dampak baik bagi masyarakat dan kabupaten Wonosobo.

“Kemajuan yang telah di capai oleh PT Tambi menjadi salah satu bagian untuk meningkatkan penerimaan pendapatan baik daerah maupun perusahaan melalui peningkatan kesejahteraan karyawan PT Tambi dan deviden kepada pemerintah Kabupaten Wonosobo sekaligus sebagai salah satu upaya mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati, Wonosobo yang berdaya saing, maju dan sejahtera,” pungkas Bupati. (*)

Share :

Baca Juga

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam jajaran Global 500 2022 Most Valuable Brand (perusahaan dengan merek paling bernilai) yang dikeluarkan konsultan brand valuation internasional, Brand Finance. (Foto: Istimewa/MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Satu-satunya dari Indonesia, Telkom Kembali Masuk Jajaran Brand Finance Global 500
Terdakwa menjalani persidangan terkait dakwaan pasal 167 ayat 1. (Foto: Istimwa)

Peristiwa

Didakwa Pasal 167 Ayat 1, Terdakwa Tak Tinggalkan Rumah Sebelum Dapat Kompensasi
Ilustrasi Citilink. (Foto: Antara)

Peristiwa

Alami Kerusakan Mesin, Citilink Mendarat Darurat di Semarang
Konsultasi publik Pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen di Desa Kebondalem, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Senin (21/2/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Tanah Terimbas Tol Yogyakarta-Bawen Berstatus Waris, Begini Cara Urusnya
Ganjar Pranowo mendampingi kunjungan kerja Menteri Kesehatan RI, Panglima TNI, dan Kapolri, di Asrama Haji Donohudan, Sabtu (17/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

RS Darurat Covid-19 Donohudan Ditarget Rampung Dua Pekan
Polres Magelang menggelar vaksinasi Covid-19 untuk anak di GOR Desa Gumelem Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang, Sabtu (29/1/2022). (Foto: beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 Anak di Desa Gumelem Pakis
Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto. Foto: Ist/TBNews

Peristiwa

Polda Bali Selidiki Dua Rumah Sakit Terkait Dugan Penolakan Pasien
Tim BPBD Kabupaten Wonosobo melakukan pembersihan material longsor di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (9/10/2022). Foto: BPBD Wonosobo

Peristiwa

Tanah Longsor dan Angin Kencang Terjang Wonosobo, Dampak Cuaca Ekstrem