Home / Peristiwa

Rabu, 13 Oktober 2021 - 11:48 WIB

Ekspor Teh ke Jepang, PT Tambi Wonosobo Kantongi 1,1 Juta Dolar AS

Direktur Utama PT Tambi, Suwito menyebut ekspor perdana setelah vakum lebih dari 10 Tahun itu bakal menjadi keran bagi terbukanya peluang ke sejumlah Negara lain, yaitu UEA, Mesir, Polandia, Rusia, Inggris dan Jerman. (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

Direktur Utama PT Tambi, Suwito menyebut ekspor perdana setelah vakum lebih dari 10 Tahun itu bakal menjadi keran bagi terbukanya peluang ke sejumlah Negara lain, yaitu UEA, Mesir, Polandia, Rusia, Inggris dan Jerman. (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

NYATANYA.COM, Wonosobo – Hampir 13 Tahun lamanya kegiatan ekspor teh dari PT Tambi Wonosobo terhenti karena sejumlah kendala. Setelah upaya adaptasi terhadap kebijakan ekspor sejumlah Negara, akhirnya perusahaan teh legendaris yang 51% sahamnya dikuasai Pemkab Wonosobo itu mampu mengirimkan kembali produk teh ke luar negeri, yaitu ke Jepang pada Selasa (12/10/2021).

Direktur Utama PT Tambi, Suwito menyebut ekspor perdana setelah vakum lebih dari 10 Tahun itu bakal menjadi keran bagi terbukanya peluang ke sejumlah Negara lain, yaitu UEA, Mesir, Polandia, Rusia, Inggris dan Jerman.

“Untuk ekspor teh perdana ke Negara Jepang ini merupakan hasil kerjasama dengan buyer dari MC Food, untuk jenis teh Broken Orange Pecco Fanning (BOPF) dengan volume mencapai 10 Ton senilai US$1,139,478 atau sekitar 16,2 Milyar Rupiah,” terang Suwito.

Kesepakatan ekspor tersebut, diakui Suwito bakal berlanjut sampai Bulan Mei 2022. “Setelah penjualan ke Jepang, dalam waktu dekat kami juga ekpor ke beberapa Negara seperti Uni Emirat arab, Mesir, Polandia, Rusia, Inggris dan Jerman,” lanjutnya.

Baca juga   Jaga Stabilitas Harga Produk Pertanian, Wonosobo Kembangkan “Food Estate”

Ia juga mengakui ada berbagai tantangan yang akan dihadapi khususnya terkait dengan kebijakan masing-masing Negara tujuan ekspor, dimana masing masing negara menentukan standar dan persyaratan yang berbeda.

Namun tantangan tersebut, menurutnya justru menjadi motivasi bagi PT Tambi, sesuai dengan tagline PT Tambi yaitu Resilians And Sustainable atau kemampuan beradaptasi dan tetap teguh dalam situasi sulit serta berkelanjutan.

“Termasuk teh yang akan diekspor oleh PT Tambi ini merupakan buah dari terpenuhinya standar yang dipersyaratkan, yaitu harus bersertifikat Rainforest Alliance dan HACCP sebagai tanda telah menerapkan manajemen pertanian berstandar Sustainable Agriculture Network’s (SAN) dan telah lulus uji coba dari Eurofins-Jerman,” tandas Suwito.

Keberhasilan PT Tambi mengirimkan produk teh nya ke luar Negeri mendapat sambutan hangat Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat.

Baca juga   PHRI Siapkan 230 Kamar Hotel untuk Isolasi Mandiri

Sesaat sebelum melepas truk kontainer di halaman kantor PT Tambi, Bupati menyebut langkah maju PT Tambi layak diapresiasi dan terus didorong agar kedepan semakin semangat berkreasi dan berinovasi.

“Momentum luar biasa bagi PT Tambi dan Wonosobo karena ini sekaligus menjadi kesempatan untuk mengenalkan produk kita ke pasar Internasional,” tutur Afif.

Bupati juga menyampaikan dengan majunya PT Tambi akan membawa dampak baik bagi masyarakat dan kabupaten Wonosobo.

“Kemajuan yang telah di capai oleh PT Tambi menjadi salah satu bagian untuk meningkatkan penerimaan pendapatan baik daerah maupun perusahaan melalui peningkatan kesejahteraan karyawan PT Tambi dan deviden kepada pemerintah Kabupaten Wonosobo sekaligus sebagai salah satu upaya mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati, Wonosobo yang berdaya saing, maju dan sejahtera,” pungkas Bupati. (*)

Share :

Baca Juga

PLT Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Temanggung, Ripto Susilo. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Di Temanggung 3 Formasi CPNS Ini Tanpa Peminat
Selvi Ananda Gibran dan Atikoh Ganjar Pranowo melihat salah satu produk yang dipamerkan di UKM Virtual Ekspo yang digelar di Bank Jateng Cabang Surakarta. (Foto:Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Atikoh Ganjar Pranowo: Perajin Harus Peka Selera Pasar
Pengolahan sarang burung walet milik Koperasi Serba Usaha (KSU) Bina Umat, Kauman, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung mulai melayani pesanan ekspor kesejumlah negara. (Foto:MC Kab Temanggung)

Peristiwa

Bisnis Pengolahan Sarang Burung Walet Kembali Menggeliat
Sebanyak lima veteran dari pejuang Dwi Kora, Seroja dan lainnya, masing-masing mendapat voucher Rp1.000.000 karena telah berlangganan Pertamax sejak adanya Pertamax di SPBU. (Foto:MC Kab. Blora)

Peristiwa

Hari Kesaktian Pancasila, Veteran Blora Dapat Voucher Pertamax dari Pertamina
Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla melantik jajaran pengurus PMI DIY untuk masa bakti tahun 2021-2026 di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Jumat (8/10/2021) malam. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

JK Lantik Pengurus PMI DIY 2021-2026
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi membuka puncak acara peringatan Hari Anak Nasional 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Predikat Yogya Kota Layak Anak Utama Jadi Kado HAN 2021
Heroe Poerwadi saat peluncuran apliaksi vaksinasi JSS. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Melalui Aplikasi Jogja Smart Service
Gibran Rakabuming menerima bantuan CSR dari PT Jasa Raharja Cabang Jawa Tengah berupa 785 bibit tanaman. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Solo)

Peristiwa

Jasa Raharja Serahkan 785 Bibit Tanaman untuk Hijaukan Solo