Home / Peristiwa

Senin, 23 Agustus 2021 - 08:02 WIB

Emak-emak Harus Tahu! Mengolah Bahan Pangan Hewani Gunakan Konsep ASUH

Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya (kanan) berharap kegiatan ini dapat menjadi media edukasi bagi para ibu. (Foto:Diskominfo Pekalongan)

Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya (kanan) berharap kegiatan ini dapat menjadi media edukasi bagi para ibu. (Foto:Diskominfo Pekalongan)

NYATANYA.COM, Pekalongan – Pengolahan bahan pangan hewani sebaiknya menerapkan konsep aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH). Setiap bahan pangan yang akan disajikan harus diolah dengan baik agar tetap sehat, bergizi tinggi, dan lezat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ilena Palupi, mengungkapkan, konsep ASUH didasari oleh beberapa kejadian yang tidak diinginkan, seperti maraknya isu pelanggaran keamanan pangan oleh industri dan banyaknya kasus keracunan yang disebabkan kelalaian masyarakat dalam memilih bahan baku makanan.

Konsep ASUH, lanjutnya, dapat dipelajari oleh masyarakat, khususnya para ibu. Sebagai lini terdepan dalam keluarga, ibu memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan dan menjaga kualitas kesehatan keluarganya.

Sepanjang proses pengolahannya, ibu harus membersihkan bahan makanan sebelum diolah, memastikan agar selalu mencuci tangan sebelum memasak, dan mengetahui cara penyimpanan yang baik agar makanan tak mudah dijangkiti kuman penyakit.

Baca juga   Tiga Tahun, Pemprov Jateng Salurkan Insentif Pengajar Agama Lebih dari Rp714 Miliar

“Karena banyak isu-isu keamanan pangan yang mungkin para ibu belum mengetahui secara keseluruhan. Jadi, kami sengaja mengundang ibu-ibu ini karena ibu adalah lini terdepan pencegahan bahan pangan yang tidak sehat untuk konsumsi keluarga,” tutur Ilena, pada acara Sosialisasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) dalam Rangka Penyediaan Produk Asal Hewan yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH), di Aula Dinperpa setempat, Jumat(20/8/2021).

Pihaknya berharap, nantinya para peserta bisa menularkan ilmu yang didapat kepada tetangga, sanak saudara, dan teman-teman komunitas lainnya, agar lebih selektif memilih dan mengolah bahan pangan asal hewan yang ASUH sebelum dihidangkan untuk konsumsi keluarga.

“Sebenarnya Kesmavet itu mulai dari asal bahan pangan itu sendiri dari peternakannya, budidaya ternaknya, agar ternaknya terhindar dari berbagai penyakit hewan yang bisa menular ke manusia melalui daging, susu dan telur yang dihasilkan hewan tersebut,”bebernya.

Baca juga   Serma Acip Dampingi dan Pantau Prokes Vaksinasi di Kelurahan Balecatur

Proses awal pengolahan daging hewan harus dilakukan secara benar dan halal, sejak pemotongan hingga distribusinya. Pengolahan di tingkat penjual produk olahan hewani juga harus dilakukan dengan benar dan bebas dari pencemaran.

“Penyimpanan hingga pengolahan bahan pangan asal hewan pun harus dipastikan dilakukan dengan baik dan benar,” tegas Ilena.

Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya, berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi media edukasi bagi para ibu agar dapat memahami cara memilih, mengolah, hingga menghidangkan olahan bahan pangan hewani yang terjamin keamanan dan kesehatannya bagi keluarga. (*)

Share :

Baca Juga

Rendang dalam kemasan kaleng 'Rendangmu' bisa awet dua tahun. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Terbanyak se-Indonesia, LazisMu Sragen Kumpulkan 11.000 Kaleng Rendang Daging Kurban
Bantuan APD dari BPBD Kabupaten Magelang disalurkan melalui perwakilan jajaran Polsek. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Salurkan Ribuan APD dan Paket Beras
Pelakasanaan vaksinasi di gerai vaksin Polres Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Polres Boyolali Buka Gerai Vaksin untuk Masyarakat
Prosesi Hastungkara dan Birat Sengkala tandai Hari Jadi Wonosobo ke-196 tahun. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

Prosesi Hastungkara dan Birat Sengkala di Hari Jadi Wonosobo ke-196 Tahun
Paskibraka Tahun 2021 Kota Yogyakarta resmi dikukuhkan. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Besok Pagi Siap Bertugas, Paskibraka Kota Yogya Dikukuhkan
Acara sosialisasi Bhineka Tunggal Ika di Kantor Kapanewon Gamping bertujuan untuk meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Danramil Gamping Hadiri Sosialisasi Bhineka Tunggal Ika
Sisi barat selasar Malioboro ini biasanya dipenuhi lapak pedagan kerajinan dan oleh-oleh. Selama PPKM Level 4 mereka pun patuhi buka sesuai peraturan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Patut Dicontoh! PKL Tertib Jalankan Aturan PPKM Level 4
Ulang tahun di hari Kemerdekaan RI, Atlas mendapat berkah hadiah sepeda motor dari Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

Peristiwa

Ultah di Hari Kemerdekaan, Pasien Covid-19 Ini Dapat Motor dari Ganjar