Home / News

Jumat, 5 Januari 2024 - 09:51 WIB

Erupsi, Gunung Ibu Keluarkan Abu Vulkanik Kelabu Setinggi 1.000 Meter

Kolom abu vulkanik membumbung akibat erupsi yang terjadi pada Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara, Jumat (5/1/2024). ANTARA/HO-PVMBG

Kolom abu vulkanik membumbung akibat erupsi yang terjadi pada Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara, Jumat (5/1/2024). ANTARA/HO-PVMBG

NYATANYA.COM, Halmahera – Gunung Ibu yang terletak di barat laut Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara mengalami erupsi, sehingga mengeluarkan abu vulkanik tebal berwarna kelabu setinggi lebih kurang 1.000 meter ke arah barat daya dan barat.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Efrita Lusy Andriany Saragih, mengatakan erupsi itu terjadi pukul 08.56 WIT.

“Saat laporan ini dibuat erupsi masih berlangsung,” kata Efrita dalam laporan yang diterima di Jakarta, seperti dilansir ANTARA, Jumat (5/1/2024).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Ibu agar tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif gunung api tersebut.

Baca juga   Gempa M 5,5 Guncang Halmahera, BPBD Evakuasi Korban

Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata).

Sebelumnya, pada Kamis (4/1/2024), periode pukul 00.00 sampai 24.00 WIT, PVMBG mencatat ada ratusan kali gempa yang timbul akibat aktivitas magmatik di Gunung Ibu.

Baca juga   Pembangunan Huntara untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru Resmi Dimulai

Gempa letusan tercatat ada sebanyak 21 kali, gempa hembusan 33 kali, gempa harmonik 4 kali, gempa vulkanik 82 kali, gempa vulkanik dalam 1 kali, gempa tektonik 1 kali, dan gempa tektonik jauh sebanyak 11 kali.

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe strato volcano yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara.

Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer. (N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menkominfo dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Mobile World Conference (MWC) 2022 di Barcelona, Spanyol, pada Selasa (1/3/2022). (Foto: Berto/Humas Kominfo)

News

Siapkan Teknologi 5G di IKN, Menkominfo Jajaki Kolaborasi Global
Foto: BPMI Setpres

News

Dukung Kreativitas Citayam Fashion Week, Presiden: Jangan Tabrak Aturan
Jaksa Agung Burhanuddin. Foto: dok. Puspenkum

News

Kejagung Tetapkan Dua Tersangka Baru Kasus Pengadaan Pesawat Garuda
Satlantas Polres Batang mulai menyiapkan jalur mudik lebaran, khususnya di sepanjang jalur Tol Batang – Semarang. (Foto: MC Kab.Batang)

News

Jalur Mudik Lebaran di Batang Mulai Disiapkan
Heroe Poerwadi saat meninjau vaksinasi booster di Kelurahan Bumijo, Jumat (18/3/2022). (Foto: Humas)

News

Ramadan Semua Warga Kota Yogya Diharapkan Telah Vaksin Booster
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

News

Anak–anak di Klaten Mulai Terpapar Covid-19, Ini Faktanya
Rekaman aktivitas awan panas guguran Gunung Merapi, Rabu (4/8/2021) pukul 05.41 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Tadi Pagi
Ilustrasi. Foto: Ist

News

Pemerintah akan Stabilkan Harga Tiket Pesawat, Begini Penjelasan Kemenhub