Home / News

Minggu, 5 Desember 2021 - 11:47 WIB

Erupsi Gunung Semeru, Telkom Group Antisipasi Layanan di Wilayah Terdampak

Sejumlah kendaraan roda empat terkubur material erupsi Gunung Semeru. Bencana ini juga menyebabkan putusnya infrastruktur telekomunikasi fiber optik milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dikarenakan jembatan Gladak Perak terkena lahar erupsi. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Sejumlah kendaraan roda empat terkubur material erupsi Gunung Semeru. Bencana ini juga menyebabkan putusnya infrastruktur telekomunikasi fiber optik milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dikarenakan jembatan Gladak Perak terkena lahar erupsi. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

NYATANYA.COM, Lumajang – Erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB, menyebabkan putusnya infrastruktur telekomunikasi fiber optik milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dikarenakan jembatan Gladak Perak terkena lahar erupsi.

Meski demikan, layanan telekomunikasi dari dan menuju Lumajang tidak terganggu karena dapat dilayani dengan jalur alternatif. Sementara Sentral Telepon Otomat dan alat produksi lainnya terpantau dalam kondisi aman.

Adanya sebagian layanan di beberapa lokasi yang ikut terdampak dikarenakan padamnya catuan listrik di wilayah sekitar gunung, yang tentunya pelanggan atau masyarakatnya sedang mengosongkan wilayah untuk mengungsi.

Baca juga   Alat Berat TNI Zipur Dikerahkan untuk Buka Lahan Relokasi Warga Terdampak Semeru

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan, telah melakukan rerouting untuk link ruas jaringan yang putus Lumajang-Malang menggunakan rute lainnya.

“Saat ini kami terus melakukan pengecekan dan mempercepat pemulihan layanan jika memang ditemukan adanya perangkat jaringan yang terdampak atau terkendala catuan listrik. Kami terus berupaya untuk mengamankan layanan Telkom Group agar tetap beroperasi normal,” katanya.

Baca juga   Sejumlah Warga Luka Bakar, Bupati Pastikan Puskesmas dan RS Terdekat Siaga Tangani Korban

Pujo menambahkan, bahwa Telkom juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk penyiapan posko bantuan bagi masyarakat.

“Mari kita berdoa, semoga masyarakat yang berada di Lumajang dan sekitarnya diberikan keselamatan serta bencana ini bisa segera berlalu,” demikian tutup Pujo.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Kondisi salah satu titik lokasi banjir di Kabupaten Pati (25/11/2021). Hingga Jumat, (25/11/2021) pukul 10.00 WIB meski cuaca cerah, namun banjir masih menggenangi jalan dan beberapa rumah warga. (Foto: BPBD Kab. Pati)

News

Lima Kecamatan di Pati Terendam Banjir, Ribuan Warga Terdampak
Penampakan guguran awan panas Gunung Merapi, Kamis (12/8/2021) pukul 01.09 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi 4 Kali Luncurkan Awan Panas, Terjauh 3.000 Meter
Ilustrasi bantuan vaksin yang tiba di Bandara Soekarno Hatta. (Foto: Amiriyandi InfoPublik)

News

Giliran Australia Kirim Pasokan Vaksin AstraZeneca untuk Indonesia
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat kunjungan ke RSUD Wonogiri. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Kunker ke Wonogiri, Ganjar Pranowo Diwaduli Beban Pasien Luar Provinsi
Tes usap (swab) antigen secara acak kepada karyawan toko di Temanggung. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

News

Tim Terpadu Penegakan PPKM Lakukan Tes Antigen di Pertokoan
Salah satu rumah tidak layak huni yang diperbaiki menjadi layak huni. Tahun 2020 lalu Pemprov Jateng sudah merenovasi 75.230 unit RTLH. (Foto: Humas Jateng)

News

Pacu Penuntasan RTLH, Pemprov Jateng Akan Tingkatkan Dana Bankeupemdes
Gerhana Bulan total. Foto: nyatanya.com/istimewa

News

Catat, 26 Mei 2021 Terjadi Super Blood Moon
Mendag Muhammad Lutfi mengatakan pertemuannya dengan Kementerian Perdagangan dan Investasi Australia sepakat bersinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi kedua negara pasca pandemi Covid-19. (Foto: Biro Humas Kemendag)

News

Indonesia-Australia Sinergi Percepat Pemulihan Ekomoni Pasca Pandemi Covid-19