Home / News

Minggu, 5 Desember 2021 - 11:47 WIB

Erupsi Gunung Semeru, Telkom Group Antisipasi Layanan di Wilayah Terdampak

Sejumlah kendaraan roda empat terkubur material erupsi Gunung Semeru. Bencana ini juga menyebabkan putusnya infrastruktur telekomunikasi fiber optik milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dikarenakan jembatan Gladak Perak terkena lahar erupsi. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Sejumlah kendaraan roda empat terkubur material erupsi Gunung Semeru. Bencana ini juga menyebabkan putusnya infrastruktur telekomunikasi fiber optik milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dikarenakan jembatan Gladak Perak terkena lahar erupsi. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

NYATANYA.COM, Lumajang – Erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB, menyebabkan putusnya infrastruktur telekomunikasi fiber optik milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dikarenakan jembatan Gladak Perak terkena lahar erupsi.

Meski demikan, layanan telekomunikasi dari dan menuju Lumajang tidak terganggu karena dapat dilayani dengan jalur alternatif. Sementara Sentral Telepon Otomat dan alat produksi lainnya terpantau dalam kondisi aman.

Adanya sebagian layanan di beberapa lokasi yang ikut terdampak dikarenakan padamnya catuan listrik di wilayah sekitar gunung, yang tentunya pelanggan atau masyarakatnya sedang mengosongkan wilayah untuk mengungsi.

Baca juga   AirNav Pastikan Kesiapan Layanan Penerbangan Internasional di Bali

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan, telah melakukan rerouting untuk link ruas jaringan yang putus Lumajang-Malang menggunakan rute lainnya.

“Saat ini kami terus melakukan pengecekan dan mempercepat pemulihan layanan jika memang ditemukan adanya perangkat jaringan yang terdampak atau terkendala catuan listrik. Kami terus berupaya untuk mengamankan layanan Telkom Group agar tetap beroperasi normal,” katanya.

Baca juga   Lumpur Setinggi Lutut Hambat Evakuasi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Pujo menambahkan, bahwa Telkom juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk penyiapan posko bantuan bagi masyarakat.

“Mari kita berdoa, semoga masyarakat yang berada di Lumajang dan sekitarnya diberikan keselamatan serta bencana ini bisa segera berlalu,” demikian tutup Pujo.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Rombongan haji kloter Mojokerto usai melaksanakan rangkaian ibadah haji dan saat ini tengah malaksanaka ibdah mandiri. (Foto: H Muhammad Sirojuddin S.Ag)

News

Rangkaian Haji Usai, Rombongan Haji Mojokerto Laksanakan Ibadah Mandiri dan Berburu  Oleh-oleh
Jenderal TNI Dudung Abdurahman dalam Podcast Deddy Corbuzier. (Foto: YouTube)

News

Puspomad Terbitkan SP2 Lidik Jenderal Dudung AR, karena Ini Alasannya
Pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese membahas lima peluang kerja sama penting ketika bertemu di Istana Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar) pada Senin (6/6/2022). Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Jokowi dan PM Australia Anthony Albanese Bahas Lima Peluang Kerja Sama
Bupati Joko Sutopo, saat Sosialisasi PMK Hewan Ternak kepada Paguyuban Peternak dan Pedagang Hewan Ternak Sapi dan Kambing Kabupaten Wonogiri, Rabu (25/5/2022). Foto: Kominfo Wng

News

Pemkab Wonogiri Tutup Seluruh Pasar Hewan, 13 Sapi Tersuspek PMK Berasal dari Luar Daerah
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Masih Banyak Perusahaan Tak Sepenuhnya Jalani Ketentuan PPKM Darurat
Kapuspen TNI Mayjen TNI Prantara Santosa. (Foto: Puspen TNI)

News

Terancam Dipecat, Tiga Oknum Anggota TNI AD yang Tewaskan 2 Warga di Nagreg Jalani Proses Hukum
Bertemu Ganjar Pranowo, Wafa mengaku senang karena bisa kembali bersekolah. (Foto: Humas Jateng)

News

Bertemu Ganjar, Wafa Senang Bisa Kembali ke Bersekolah
Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jateng Sakina Rosellasari. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

71 Perusahaan di Jateng Akhirnya Bayar THR Pekerja Secara Penuh